Panduan Cara Memperbaiki Jok Mobil Macet yang Benar
Panduan Cara Memperbaiki Jok Mobil Macet yang Benar

Panduan Cara Memperbaiki Jok Mobil Macet yang Benar

Sama seperti kendaraan lain, mobil yang digunakan untuk aktivitas sehari-hari kerap kali mengalami masalah. Bukan hanya pada ban, kasus lain yang tidak kalah sering terjadi adalah pada bagian jok yang sewaktu-waktu dapat macet. Jok mobil yang macet akan sulit diatur, pastinya juga kurang nyaman ketika digunakan duduk. Oleh karena itu, penting bagi Anda mengetahui cara memperbaiki jok mobil macet.

Cara-cara berikut ini bisa Anda lakukan untuk memperbaiki jok mobil yang macet secara mandiri. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba langkah tersebut sebelum membawanya ke bengkel terpercaya.

Cara Memperbaiki Jok Mobil Macet dengan Benar dan Ampuh

Membersihkan Kotoran Pada Bagian Jok Mobil

Kebersihan pada komponen mobil menjadi tanggungjawab Anda sebagai pemiliknya untuk merawat dan membersihkannya secara rutin. Perawatan yang baik dan rutin pada mobil dapat mencegah terjadinya gangguan seperti yang biasa terjadi, yaitu jok mobil macet.

Jok mobil yang macet ternyata dapat disebakan oleh adanya kotoran yang menumpuk pada bagian jok atau rumah kunci. Jika ini terjadi, Anda cukup membersihkan bagian tersebut.

Apabila jok mobil Anda macet, tentu saja ini akan mempengaruhi kualitas duduk selama menyetir. Jok mobil yang seharusnya menjadi tempat nyaman selama di perjalanan justru akan mengurangi nikmatnya berkendara dengan mobil. Jadi, segera bersihkan saat jok mobil kotor.

Menyemprotkan Pelumas pada Bagian dalam Rumah Kunci Jok

Cara memperbaiki jok mobil macet selanjutnya yang perlu Anda lakukan setelah membersihkan kotoran yaitu dengan menyemprotkan pelumas pada bagian dalam rumah kunci jok mobil. Siapa sangka bahwa kemacetan jok mobil juga dapat disebabkan karena rumah kuncinya yang bermasalah.

Rumah kunci yang macet biasanya disebabkan oleh kondisinya optimal dan serat. Tidak hanya itu, pegas yang sudah lemah juga dapat menjadikan rumah kunci jok mobil menjadi macet dan susah untuk diatur sesuai keinginan Anda.

👉 TRENDING :   Mobil MPV Yang Irit Bahan Bakar dan Recomended Dipilih 2022

Pelumas yang disemprotkan pada rumah kunci jok tersebut hendaknya tidak terlalu berlebihan. Anda juga dapat menggunakan jenis pelumas apa saja. Biasanya harga pelumas tersebut disesuaikan dengan merk dan ukuran botol yang Anda beli.

Membuka Jok Mobil Bagian Depan Kiri

Memiliki jok mobil yang macet adalah hal yang dapat mengganggu aktivitas berkendara Anda. Oleh karena itu, sebaiknya segera perbaiki apabila jok mobil Anda mulai terasa macet. Bagi Anda yang ingin memperbaikinya secara mandiri, membuka jok mobil bagian depan kiri adalah salah satu caranya.

Jika penyebab macet pada jok mobil Anda dipengaruhi oleh per yang sudah tidak layak pakai, sebaiknya buka jok bagian depan kiri dan ganti dengan per yang lebih baru. Jika Anda yang ingin mengganti seluruh jok mobil secara utuh, ini juga dapat menjadi salah satu solusi mengatasi per yang rusak.

Mengganti Tali dan Tuas Pengungkit

Mengganti tali dan tuas pengungkit ternyata menjadi salah satu cara memperbaiki jok mobil macet yang dapat Anda lakukan. Jika jok mobil Anda mengalami kemacetan dalam keadaan terlipat, cobalah menggunakan alat bantu seperti obeng untuk membuka penutupnya.

Anda bisa mulai membuka kedua sekrup yang terdapat pada jok mobil, kemudian lepaskan kancing yang ada di bagian depan dan belakang. Apabila penutup jok mobil telah terbuka, Anda akan melihat bagian ujung tali penarik patah dan menyebabkan jok mobil macet.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggantinya dengan kawat berisi kabel sehingga tidak ada ujung tali yang akan terlepas. Tuas pengungkit yang berfungsi sebagai penyangga tali sebaiknya Anda ganti apabila dirasa sudah tidak layak sehingga dapat mengurangi resiko jok mobil yang macet.

Cara memperbaiki jok mobil macet secara mandiri cukup mudah, bukan? Anda dapat mencoba untuk melakukan langkah-langkah tersebut jika jok mobil yang biasa digunakan mengalami kemacetan sewaktu-waktu.