Cara Membersihkan Jok Mobil Kulit Sintetis dengan Optimal
Cara Membersihkan Jok Mobil Kulit Sintetis dengan Optimal

Cara Membersihkan Jok Mobil Kulit Sintetis dengan Optimal

Kulit sintetis merupakan salah satu bahan yang banyak digunakan untuk membuat jok mobil. Bahan tersebut cukup banyak diminati karena harganya yang masih terjangkau. Dari segi penampilan, kulit sintetis terlihat begitu menawan. Sebagai pemiliknya, sudah menjadi kewajiban Anda mengetahui metode perawatan yang benar. Seperti cara membersihkan jok mobil kulit sintetis yang bisa dibilang relatif mudah jika dibandingkan dengan bahan lainnya.

Jok mobil kulit sintetis dapat dibersihkan menggunakan beberapa alat yang biasa Anda temukan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan perawatan rutin yang benar, maka jok mobil akan bertahan lama. Baik itu dari segi tampilan maupun fungsionalnya.

Tanpa panjang lebar, langsung saja disimak pembahasan mengenai cara membersihkan jok mobil kulit sintetis berikut.

Cara Membersihkan Jok Mobil Kulit Sintetis yang Baik dan Benar

Menggunakan Kain Halus dan Air Hangat untuk Noda Baru

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya bahwa jok mobil dengan bahan kulit sintetis dapat dirawat dengan cara yang cukup mudah. Apabila jok mobil kulit sintetis Anda terkena noda yang masih baru, maka cara membersihkannya cukup dengan menggunakan kain halus seperti microfiber dan air hangat.

Cara membersihkan jok mobil kulit sintetis dengan kain halus dan air hangat dapat Anda lakukan kapan saja. Cara membersihkannya terlebih dahulu bisa dimulai dengan mencelupkan kain halus tersebut pada air hangat yang telah Anda siapkan.

Mulailah untuk menggosok noda yang terdapat pada jok mobil secara perlahan. Untuk mencegah kerusakan permukaan jok mobil, jangan lupa agar menggosoknya dengan cara satu arah.

Mudah bukan? Jok mobil berbahan dasar kulit sintetis memang cocok untuk Anda yang tidak suka ribet dalam hal mengurus interior mobil dan komponen-komponen didalamnya.

Memanfaatkan Shampo Bayi untuk Noda Membandel

Anda perlu mengetahui bahwa shampo bayi yang biasa digunakan ketika memandikan bayi ternyata memiliki manfaat lain untuk jok mobil Anda. Shampo bayi dapat membantu Anda untuk membersihkan noda membandel yang mengotori jok mobil.

👉 TRENDING :   Ternyata Ini Daftar Mobil SUV Terbaik di Dunia yang Sangat Laris

Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat mencampurkan shampo bayi dengan sabun cair. Komposisi shampo yang digunakan tidak perlu terlalu banyak. Sikat permukaan jok mobil dengan campuran dari cairan tersebut hingga noda membandel hilang.

Cairan shampo tersebut juga dapat Anda oleskan pada noda di jok mobil, lalu diamkan terlebih dahulu beberapa menit. Setelah itu, barulah dapat mulai digosok menggunakan sikat halus sehingga noda membandel tersebut sudah tak tersisa di permukaan jok.

Tidak Menggunakan Cairan Konsentrat Tinggi

Bagi Anda pemilik mobil dengan jok berbahan dasar kulit sintetis ada hal yang penting yang perlu Anda perhatikan. Untuk membersihkan jok mobil, Anda tidak dianjurkan untuk menggunakan cairan konsentrat dengan Ph tinggi.

Cairan dengan kandungan Ph tinggi memiliki bahan kimia yang justru dapat merusak warna serta menggerus bahan dasar jok mobil. Sebagai pemilik mobil tentunya Anda menginginkan jok mobil yang awet, bukan? Oleh sebab itu, sebaiknya hindari penggunaan cairan tersebut.

Menggunakan Sedikit Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih juga menjadi salah satu andalan untuk Anda dalam membersihkan jok mobil sisntetis. Dalam penerapan cara membersihkan jok mobil kulit sintetis dengan minyak kayu putih sebaiknya tidak menggunakannya terlalu banyak, dan sesuaikan dengan kebutuhan jok mobil saja.

Kayu putih memang mengandung bahan yang dapat membantu Anda untuk membersihkan noda pada jok mobil. Hal tersebut dapat Anda buktikan sendiri, namun sebaiknya tidak menggunakan minyak kayu putih dalam jumlah yang besar.

Penggunaan kayu putih secara berlebihan justru akan mengikis kulit sintetis pada jok mobil. Apabila Anda menggunakan kayu putih terus-menerus untuk membersihkan komponen mobil dalam jumlah yang banyak, semakin lama bagian jok tersebut akan menipis karena terus terkikis.

Untuk menjaga tampilan mobil Anda, lebih berhati-hatilah dalam memilih bahan atau alat yang digunakan untuk perawatannya. Lakukan perawatan ini dengan hati-hati juga ya.