Cara Meratakan Cat Mobil yang Tidak Rata dengan Benar
Cara Meratakan Cat Mobil yang Tidak Rata dengan Benar

Cara Meratakan Cat Mobil yang Tidak Rata dengan Benar

Cara meratakan cat mobil yang tidak rata agar tampilannya kembali keren dan mempesona tentu tidaklah mudah. Pada kenyataannya, pengecatan sendiri merupakan proses yang sulit dikerjakan, terlebih lagi bagi pemula.

Oleh sebab itu, pengecatan akan lebih baik dilakukan oleh tenaga ahli dengan teknik yang tepat. Hal tersebut supaya hasil pengecatan bagus dan rata. Nah, jika mobil Anda memiliki cat yang tidak rata, simak ulasan berikut agar tahu bagaimana cara mengatasinya.

Cara Meratakan Cat Mobil yang Tidak Rata

Lakukan Pengecatan Ulang di Bengkel Resmi

Cat mobil yang belang bisa jadi membuat Anda kurang nyaman saat mengendarainya. Apabila Anda mendapati cat mobil tidak rata, segera bawa ke bengkel untuk mendapatkan penanganan.

Mobil Anda akan dicat ulang agar belang-belangnya hilang dan tampilannya terlihat bagus lagi. Agar mendapatkan hasil yang memuaskan, sebaiknya pengecatan dilakukan di bengkel yang bagus.

Bengkel yang seperti ini ini memiliki karyawan yang` ahli dan berpengalaman. Cat mobil pastinya tidak akan belang lagi.

Lakukan Pengecatan Ulang Sendiri Jika Anda Ahli di Bidang Ini

Bersihkan Bagian yang Hendak Dicat Ulang

Sebelum Anda membawanya ke bengkel untuk dicat ulang, bersihkan bagian yang hendak dicat tersebut terlebih dahulu. Mobil harus dibersihkan agar cat tidak bercampur dengan kotoran. Dengan demikian, cat dapat menempel dengan sempurna tanpa ada kotoran yang menghalangi.

Pelan-Pelan Saat Pemolesan Dempul

Cara meratakan cat mobil yang tidak rata selanjutnya adalah melakukan pemolesan dempul. Anda perlu memperhatikan dengan baik saat melakukan pendempulan. Pemolesan dempul harus dilakukan secara pelan-pelan, tidak boleh terburu-buru, agar hasilnya maksimal.

Permukaan yang berlubang karena proses pendempulan yang terlalu terburu-buru harus diulangi lagi sampai dempul benar-benar rata. Tunggu lapisan dempul yang pertama kering, baru setelah itu lakukan pendempulan selanjutnya.

👉 TRENDING :   Pilihan Mobil Sport Murah di Bawah 200 Juta, Seberapa Menarik?

Amplas Secara Bertahap

Setelah lapisan dempul telah kering secara sempurna, selanjutnya bisa dilakukan pengamplasan. Pengamplasan pertama dilakukan dengan menggunakan amplas berlapisan kasar. Jika Anda ingin hasilnya lurus, maka gunakan media plat seperti lempengan.

Setelah itu, lakukan proses pengamplasan menggunakan amplas yang memiliki permukaan halus. Pada proses pengamplasan tahap kedua ini dilakukan dengan menambahkan air. Jika semua permukaan mobil sudah kering, baru kemudian masuk proses pengecatan.

Perhatikan Proses Pengadukan Cat

Di tahap ini, pendempulan sudah dilakukan. Pengamplasan pun juga sudah selesai dilakukan. Langkah selanjutnya dalam meratakan warna cat adalah melakukan pengecatan itu sendiri. Namun, sebelum masuk pada proses pengecatan, warna cat harus disesuaikan dengan warna asli mobil.

Saat pengecatan dilakukan, salah satu hal yang cukup sulit adalah ketika menyamakan warna. Mencari warna yang sesuai dengan warna pabrikan sangat sulit. Karena itu, proses pencampuran warna sebaiknya dilakukan oleh ahlinya agar menghasilkan warna yang sama persis.

Namun, selain Anda harus memperhatikan proses pencampuran warna, pemilihan cat pun tidak boleh sembarangan. Cat yang digunakan sebaiknya berkualitas bagus agar hasilnya memuaskan.

Tunggu Sampai Cat Benar-Benar Kering

Sudah menemukan warna yang sesuai dengan warna pabrikan? Langkah selanjutnya berarti masuk pada proses pengecatan. Silahkan aplikasikan cat tersebut ke bodi mobil, tunggu sampai cat benar-benar kering.

Jangan paksa memakainya sebelum cat kering dengan sempurna karena bisa saja nanti akan kembali merusak tampilannya. Pengeringan cat memerlukan waktu, dan agar cat cepat kering, pengecatan sebaiknya dilakukan di siang hari saat matahari tengah terik.

Jika Anda tidak memiliki keahlian mengenai pengecatan mobil, memang sebaiknya percayakan pada tenaga ahli yang ada di bengkel kepercayaan Anda. Jangan sekali-kali mencobanya sendiri, meski sudah mempelajari cara meratakan cat mobil yang tidak rata di atas jika memang tidak punya keahlian di bidang ini.