Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hatchback Yang Perlu Diketahui
Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hatchback Yang Perlu Diketahui

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hatchback Yang Perlu Diketahui

Mobil hatchback banyak diminati masyarakat, terutama mereka di daerah perkotaan. Mobil jenis ini menawarkan berbagai hal yang tidak didapat dari jenis mobil lain. Hal-hal terkait kelebihan dan kekurangan mobil hatchback juga menyita perhatian banyak kalangan.

Mobil hatchback berbeda dengan city car biasa. Jenis mobil ini menawarkan berbagai kelebihan yang menggiurkan. Sebenarnya, apa itu mobil hatchback dan bagaimana kelebihan dan kekurangannya? Simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Mobil Hatchback

Hatchback merupakan salah satu jenis mobil favorit semua kalangan yang memiliki desain dasar sebagai mobil compact dengan dua lajur kursi penumpang. Bagasinya berada di belakang, dengan pintu yang menyatu dengan kaca belakang.

Desain mobil berdimensi kecil ini kerap disebut mirip dengan jenis mobil sedan tanpa buntut. Meski demikian, jenis mobil ini memiliki desain yang lebih stylish dan trendi dibandingkan dengan sedan sehingga banyak yang sering menyamakan jenis mobil ini dengan city car.

Padahal, mobil hatchback memiliki dimensi sedikit lebih besar daripada city car. Tenaga mesin mobil hatchback juga lebih kuat. Namun dari segi harga, mobil hatchback relatif lebih mahal daripada city car.

Kelebihan Mobil Hatchback

Kelebihan dan kekurangan mobil hatchback biasanya akan dijadikan pertimbangan sebelum membeli mobil jenis ini. Mobil sedan tanpa buntut ini menawarkan berbagai kelebihan yang menjadi penyempurna bagi mobil sedan maupun city car. Kelebihan mobil hatchback antara lain adalah sebagai berikut:

Lebih Lincah

Dimensi mobil hatchback yang kecil membuatnya sangat luwes digunakan untuk berkendara, bahkan pada jalanan macet sekalipun. Mobil ini lebih simple daripada jenis mobil lain sehingga lebih lincah dan mudah meliuk-liuk di jalan perkotaan.

Mudah Diparkir

Masih berkaitan dengan dimensi mobil yang relatif kecil, Anda tidak perlu bingung menemukan lokasi parkir yang pas. Anda dapat memarkir mobil hatchback dengan mudah, bahkan pada lahan parkir yang relatif sempit.

👉 TRENDING :   Apa Sebab Ban Belakang Makan Sebelah? Ini Dia Alasannya

Lebih Irit

Masalah penggunaan bahan bakar sering kali menjadi pertimbangan paling pelik sebelum membeli kendaraan. Mobil-mobil hatchback dikenal memiliki konsumsi bahan bakar yang relatif irit, bahkan mencapai 18,5 km/liter.

Fasilitas Menarik

Mobil hatchback memiliki fasilitas yang menarik baik dari segi interiornya hingga fitur kenyamanannya. Dari segi interiornya, mobil hatchback banyak menawarkan desain yang tidak hanya menarik tapi menunjang kenyamanan penumpang.

Harga Terjangkau

Dibandingkan dengan jenis mobil lain, hatchback dapat diperoleh dengan harga bersaing. Harga mobil ini dapat dikatakan relatif bersahabat, meski tidak semurah city car. Namun, harga tersebut sesuai dengan semua fasilitas dan kelebihan yang ditawarkannya.

Lebih Mudah Dikendarai

Handling kendaraan yang mudah juga menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki mobil hatchback. Jenis mobil ini kini tersedia dalam transmisi manual maupun matic yang sederhana. Pilihan ini dapat mendukung kemahiran Anda sehingga dapat dikendarai dengan lebih mudah.

Kekurangan Mobil Hatchback

Dibalik semua kelebihan yang ditawarkan oleh mobil hatchback, ada pula beberapa kekurangannya. Kelebihan dan kekurangan mobil hatchback harus benar-benar Anda pertimbangkan. Beberapa kekurangan dari mobil jenis ini bisa disimak di bawah ini.

Ukuran Lebih Pendek

Mobil hatchback termasuk dalam kategori mobil pendek seperti city car dan sedan. Ukurannya yang pendek membuat mobil ini kurang fleksibel untuk segala medan. Untuk melewati genangan air atau polisi tidur yang tinggi, mobil ini kurang dapat diandalkan.

Kapasitas Sedikit

Mobil hatchback didesain simple dan mengutamakan kenyamanan sehingga harus ada satu hal yang dikorbankan, yaitu kapasitasnya. Mobil hatchback pada umumnya memiliki kapasitas hingga empat orang saja.

Tenaga Lebih Kecil

Apabila dilihat dari segi tenaganya, mobil hatchback memiliki tenaga yang relatif lebih kecil apabila dibandingkan dengan jenis mobil lain seperti MPV. Meski demikian, tenaga mobil ini sedikit banyak lebih kuat daripada city car.