Cara Mengatasi Aki Mobil Yang Tekor Pada Transmisi Matic dan Manual
Cara Mengatasi Aki Mobil Yang Tekor Pada Transmisi Matic dan Manual

Cara Mengatasi Aki Mobil Yang Tekor Pada Transmisi Matic dan Manual

Aki tekor adalah salah satu permasalahan yang biasa dialami oleh pemilik kendaraan, baik roda dua atau roda empat. Biasanya, ini ditandai dengan susah menghidupkan mesin. Dampak yang lebih serius bisa saja membuat mobil Anda mogok ditengah perjalanan. Tidak mau mengalaminya bukan? Kalau begitu, simak dahulu beberapa cara mengatasi aki mobil yang tekor berikut.

Untuk mobil manual, mogok yang diakibatkan aki tekor masih bisa diatasi dengan cara mendorongnya. Tentu di dalam aki masih harus ada tegangan listrik, bukannya habis sama sekali. Sedangkan bagi mobil matic, perlu jumper dengan aki mobil lain.

Agar lebih paham, simak cara memperbaiki aki mobil yang tekor dibawah ini.

Cara Mengatasi Aki Mobil yang Tekor Dengan Benar

Karena tidak semua orang menggunakan tipe mobil manual, maka admin juga akan berbagi tutorial untuk mobil matic. Ada sedikit perbedaan yang perlu Anda pahami dan perhatikan sebaik mungkin.

Untuk Aki Mobil Matic

Ketika mobil Anda tidak bisa dihidupkan sejak awal atau tiba-tiba mogok ditengah jalan, coba periksa dahulu akinya. Jika sudah jelas aki tekor yang menjadi penyebabnya, maka segera cari aki mobil normal. Alternatifnya adalah menggunakan bantuan mobil lain dan melakukan jumper.

Pertama-tama, Anda tentu harus memiliki kabel khusus jumper. Setelah itu hubungkan aki mobil yang tekor ke aki mobil normal. Ketika aki mobil yang normal sudah terpasang di mobil, sebaiknya Anda menghidupkan mobil, sembari menghubungkan kabel jumper sesuai dengan kutub minus dan plus.

Selanjutnya, pastikan Anda mematikan semua perangkat elektronik di mobil. Seperti AC, audio mobil dan bagian pencahayaan yang memang bisa dimatikan. Setelah persiapan selesai, hidupkan mobil dengan aki normal, kemudian memasang kabel jumper di kutub aki mobil mati. Lanjut dengan menghidupkan aki mati.

Jika sudah hidup, lepaskanlah kabel jumper secara perlahan, stabilkan RPM di angka 1000 atau lebih sedikit selama beberapa waktu, terus hidupkan hingga 15 menit lebih, agar daya aki yang tekor bisa kembali terisi.

ūüĎČ TRENDING :   Mobil SUV yang Paling Cocok untuk Anak Muda Terbaru 2022

Penting untuk diingat, bahwasannya selama proses jumper mobil bertransmisi matic, Anda perlu memprosisikan transmisi mobil di mode Parkir (P). Hal itu bertujuan demi menjaga keamanan pengguna sekaligus orang lain. Yaitu dengan menjaga mobil agar tetap berada di posisi berhenti.

Untuk Aki Mobil Manual

Cara memperbaiki aki mobil yang tekor pada transmisi manual sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda dari metode sebelumnya. Yaitu dengan jumper memakai aki mobil lain atau aki lain yang kondisinya normal. Bedanya, Anda bisa memakai alternatif kedua dengan cara dorongan.

Silahkan masukkan transmisi mobil ke posisi gigi 4 atau gigi 3, lalu injak penuh pedal kopling dan dorong sekuat mungkin dengan cepat hingga jarak 5-10 meter. Apabila sudah mencapai jarak yang diinginkan, silahkan Anda lepaskan pedal kopling secara perlahan.

Apabila mobil Anda sudah berhasil dihidupkan, sekarang tinggal menunggunya tetap hidup selama 20 menitan, supaya aki mobil yang tekor bisa terisi kembali.

Beberapa Penyebab Aki Tekor yang Perlu Dihindari

Meski Anda sudah menggunakan merk aki mobil terbaik sekalipun, tetap saja akan mudah rusak apabila beberapa kebiasaan buruk berikut masih sering dilakukan. Yaitu:

  • Terlalu lama mendiamkan mobil
  • Salah pemakaian
  • Menggunakan aksesoris yang berlebihan
  • Membiarkan alternator rusak
  • Terus menggunakan aki sudah terlalu lama

Demikianlah sedikit ulasan mengenai cara mengatasi aki mobil yang tekor dengan benar. Semoga saja bisa membantu Anda mengatasi permasalahan tersebut.