Apa Sebab Ban Belakang Makan Sebelah? Ini Dia Alasannya
Apa Sebab Ban Belakang Makan Sebelah? Ini Dia Alasannya

Apa Sebab Ban Belakang Makan Sebelah? Ini Dia Alasannya

Komponen yang utama dan perannya sangat penting pada suatu kendaraan tak lain adalah ban. Jika tidak ada komponen yang satu ini, pasti mobil Anda tidak akan bisa bergerak. Berbicara mengenai ban, kita biasa menemukan beberapa permasalahan yang membuat kesal. Seperti halnya ban yang aus. Lantas, tahukah Anda bahwa apa sebab ban belakang makan sebelah?

Biasanya ban makan sebelah terjadi karena komponen pada mobil kerap bersinggungan secara langsung dengan permukaan jalan yang kasar. Jadi. tidak heran jika Anda sering menemui ban mobil dalam keadaan aus atau habis terkikis. Lebih jelasnya, simak artikel berikut ini!

4 Alasan Mengapa Ban Belakang Aus Sebelah yang Perlu Dipahami

Posisi Ban Yang Tidak Lurus

Salah satu penyebab utama mengapa ban mobil Anda cepat habis yaitu karena salah dalam pemasangan ban. Letak kesalahan ini bisa terjadi karena cara pemasangan ban yang miring sebelah atau tidak lurus.

Akibatnya, ban mobil yang miring ke arah bawah tersebut nantinya akan lebih cepat mengalami gesekan saat terkena aspal. Tentunya sangat berbeda jika dibandingkan dengan ban sebelahnya yang sudut kemiringannya ke arah atas dan menjadi tidak mudah terkikis.

Setelan Spooring

Penyebab kedua yang membuat salah satu ban mobil Anda sering habis yaitu karena setelan spooring yang salah. Pada spooring ini lah biasanya sudut kemiringan ban diatur dengan pas agar tidak mudah aus.

Namun, apabila pengaturan spooringnya keliru, maka hal yang terjadi yaitu bisa membuat ban mobil Anda menjadi cepat aus. Kesalahan ini kerap terjadi karena setelan pada toe in dan toe out dari spooringnya terlalu jauh dari standar yang sudah ditetapkan.

Jika sudah begitu, maka ban mobil Anda akan menjadi aus sebelah. Mau tidak mau, Anda sudah seharusnya mengganti pengaturan ban dan komponen yang aus tadi dengan yang baru. Tentunya Anda harus mengeluarkan biaya dalam hal ini.

👉 TRENDING :   7 Mobil Pick Up Paling Irit BBM di Indonesia Terbaik 2021

Pengaturan Suspensi

Tidak hanya kesalahan dalam pemasangan ban mobil saja yang mampu membuatnya cepat habis. Lantas, apa sebab ban belakang makan sebelah selanjutnya? Penyebabnya tak lain karena ada masalah saat melakukan penyetelan suspensinya.

Kesalahan tersebut biasanya sering dikaitkan dengan sudut penapakan ban ke tanah yang tidak tepat atau tidak tegak lurus. Dampak yang ditimbulkan yaitu bisa menyebabkan ban mobil Anda miring ke arah luar maupun dalam nantinya.

Selain itu, karena kesalahan dalam pengaturan suspense, hal ini dapat mempengaruhi bagian yang lainnya, yaitu camber. Jika di sisi bawah ban mobil Anda miring ke arah luar, maka camber akan bereaksi negatif. Efeknya, ban bagian dalam akan terkikis dengan cepat.

Namun, apabila sisi di bagian bawah ban mobil Anda miring ke arah luar maka camber akan menunjukkan reaksi positif. Tandanya yaitu di bagian sisi luar ban mobil Anda akan lebih cepat aus. Untuk itu, Anda harus memperhatikan bagian ini karena pengaturan suspensi juga sangat penting untuk keseimbangan.

Tekanan Angin

Apabila tekanan angin pada ban mobil Anda tidak sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan, maka ini bisa saja menjadikan ban habis sebelah. Jika tekanan angin pada ban terlalu sedikit, maka yang terjadi adalah, sisi permukaan luarnya akan cepat aus.

Begitu juga sebaliknya, jika tekanan angin pada ban mobil Anda terlalu tinggi melebihi standar, ini juga bisa menjadi salah satu aspek dari apa sebab ban belakang makan sebelah. Sisi tengah ban mobil Anda akan lebih mudah terkikis terlebih dahulu nantinya.

Setelah mengetahui informasi di atas, kini Anda sudah paham bukan apa saja yang harus dihindari dan diperhatikan agar ban tidak makan sebelah. Terapkan dengan baik ya!