Perbedaan Mobil Matic dan Manual Yang Wajib Diketahui Pemula
Perbedaan Mobil Matic dan Manual Yang Wajib Diketahui Pemula

Perbedaan Mobil Matic dan Manual Yang Wajib Diketahui Pemula

Ketika pertama kali ingin membeli mobil pastinya ada banyak pertimbangan, baik itu mobil baru maupun bekas. Mulai dari harga mobil, tahun keluaran, desain, spesifikasi mesin dan transmisi. Kita tidak akan membahas semua pertimbangan tersebut, melainkan fokus ke transmisi mesin. Agar tidak salah beli, pahami baik-baik perbedaan mobil matic dan manual berikut ini. 

Pengertian Mobil Matic dan Mobil Manual

Transmisi mesin mobil dibedakan menjadi matic dan manual, dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sehingga tidak bisa dibandingkan satu sama lain mana yang terbaik dan lebih unggul. Pilihannya tetap menyesuaikan kebutuhan dan kenyamanan si pengguna. 

Sebelum jauh-jauh mereview perbedaan diantara keduanya, mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu. 

Mobil transmisi manual adalah tipe mobil yang memakai kopling ketika ingin mengoper gigi. Secara umum, mobil manual terdiri dari enam gigi percepatan, lima gigi untuk maju ke depan dan satu gigi untuk ke belakang. 

Sementara itu, mobil matic tidak menggunakan kopling dan giginya lebih sedikit. Transmisi matic masih dibedakan lagi menjadi dua macam, yaitu otomatis dan semi otomatis.

Mobil semi matic masih mengandalkan pengemudi untuk melakukan perpindahan gigi, cara kerjanya mirip seperti transmisi manual, hanya saja tidak menggunakan kopling.

Disisi lain, mobil matic otomatis perpindahan giginya bergerak tanpa adanya perintah pengemudi.  

Perbedaan Mobil Matic dan Manual dari Berbagai Sisi

Perpindahan Gigi

Pada transmisi mobil manual, pengemudi harus menggeser tuas persneling dan menginjak kopling untuk menurunkan atau menaikkan gigi transmisi. 

Sementara itu, perpindahan gigi mobil matic menggunakan alat bernama gearbox. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, sekarang ini sudah beredar 6 jenis transmisi matic.  

Cara Mengoperasikannya

Ketika Anda mengendarai mobil manual, maka semua bagian tubuh mulai dari kaki sampai tangan harus bekerja secara bersama. Kaki kiri biasa dipakai untuk menginjak pedal kopling dan kaki kanan untuk menginjak gas serta rem. 

Tangan kiri harus senantiasa aktif bergerak untuk menggerakkan tuas transmisi setiap kali memindahkan giginya. 

Mobil matic menawarkan pengalaman berkendara yang lebih simpel dan sederhana. Pengendara cukup menggunakan satu kaki untuk menggerakkan mobil. Yaitu kaki kanan bertugas menginjak pedal rem sekaligus pedal gas. 

Kaki kiri pastinya lebih leluasa untuk kegiatan lain, karena sangat jarang digunakan bahkan ketika pemindahan gigi sekalipun. 

Konsumsi BBM

Perbedaan mobil matic dan manual berikutnya datang dari segi penggunaan BBM. Secara umum, mobil matic lebih boros bahan bakar dibandingkan mobil manual.

Meskipun dikategorikan sebagai mobil boros, nyatanya masih banyak orang lebih memilih mobil matic karena penggunaannya yang simpel dan sederhana.

👉 TRENDING :   Inilah 3 Cara Menghindari Pecah Ban Mobil Yang Penting Diketahui

Kenyamanan

Dari penjelasan singkat sebelumnya Anda pasti sudah bisa menyimpulkan bahwasannya mobil matic lebih nyaman dan tidak ribet. Perpindahan gigi tidak membutuhkan banyak gerakan pengendara dan selama berkendara cukup menggunakan satu kaki. 

Nah, apabila Anda menginginkan mobil yang pemakainnya simpel maka direkomendasikan untuk memilih mobil matic. 

Perawatan

Kenyamanan dan kemudahan berkendara tentu sebanding dengan komponen dan sparepartnya yang relatif mahal. Sehingga, dari segi perawatan maka mobil manual lebih unggul. Biaya yang dibutuhkan untuk mengganti sparepart tidak semahal mobil matic. 

Setelah menempuh jarak 50.000 kilometer, mobil matic harus diganti plat kopling otomatisnya supaya performa transmisi mobil senantiasa terjaga. 

Kesimpulan Akhir

Kelebihan Mobil Manual

  • Memiliki akselerasi lebih baik
  • Kenyamanan berkendara bisa disesuaikan menurut keinginan pengemudi
  • Lebih irit BBM
  • Biaya perawatan lebih murah

Kekurangan Mobil Manual

  • Pemula yang baru belajar wajib menghafal pedal kopling, rem dan gas
  • Proses berkendara yang membutuhkan banyak gerakan membuat pengemudi lebih cepat lelah
  • Ketika berkendara di kemacetan kurang nyaman, kecuali pengemudi memang suka sensasi berkendara

Kelebihan Mobil Matic

  • Pengoperasiannya lebih praktis dan lebih nyaman
  • Pemula lebih mudah mempelajarinya
  • Cocok untuk jalanan rawan macet
  • Mobil matic bekas bisa dijual dengan harga relatif mahal

Kekurangan Mobil Matic

  • Harga mobil matic mahal
  • Akselerasi yang ditawarkan masih kalah dari mobil manual
  • Tidak mempunyai engine brake yang baik, sehingga pengemudi harus hati-hati ketika memakai rem  khususnya ketika di jalanan menurun
  • Konsumsi bahan bakar lebih boros
  • Oli transmisi lebih sering diganti

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai perbedaan mobil matic dan manual dari beberapa sisi. Semoga setelah membaca informasi diatas Anda lebih paham, sehingga bisa menentukan pilihan dengan tepat sesuai kebutuhan.