Cara Mengatasi Ban Mobil Tubeless Bocor Halus yang Efektif
Cara Mengatasi Ban Mobil Tubeless Bocor Halus yang Efektif

Cara Mengatasi Ban Mobil Tubeless Bocor Halus yang Efektif

Ban tubeless adalah varian yang berhasil mendapat perhatian dikalangan masyarakat, dibandingkan jenis ban biasa. Sebab, ia dikenal memiliki tingkat keawetan yang lebih baik atau tidak mudah bocor. Kendati demikian, bukan berarti ban tubeless sepenuhnya anti bocor. Ia masih bisa mengalami masalah, seperti bocor halus lho. Bagi Anda yang sedang mengalaminya, simak yuk informasi singkat mengenai cara mengatasi ban mobil tubeless bocor halus.

Ini adalah informasi yang sangat berguna apabila Anda tidak ingin membawanya ke bengkel terdekat. Kondisi tersebut memang kelihatan sepele, namun jika dibiarkan terus menerus maka Anda harus bolak-balik mengisi tekanan angin agar tetap stabil. Lebih jelasnya, simak langkah-langkahnya di bawah ini!

Cara Mengatasi Ban Mobil Tubeless Bocor Halus

Mencari Ban Tubeless Yang Mengalami Kebocoran Menggunakan Air Bersih

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mengatasi ban tubeless yang bocor halus ini yaitu dengan mencari sumber kebocorannya terlebih dahulu. Caranya pun sangat mudah. Anda hanya tinggal mencuci bagian ban tersebut menggunakan air bersih.

Jika tidak kunjung ketemu, maka Anda dapat mencarinya secara langsung di bagian sela-sela atas dan velg. Hal tersebut karena di area itu lah ban tubeless sering mengalami bocor halus.

Mungkin saja hal itu juga bisa terjadi disebabkan banyaknya kotoran yang menempel pada ban seperti pasir atau tanah ketika musim hujan. Kotoran tersebut akan lebih mudah masuk di bagian sela-sela ban dan velg, sehingga membuka rongga lembut yang bisa mengakibatkan angin mudah keluar.

Mengisi Ban Menggunakan Nitrogen

Anda bisa menggunakan nitrogen sebagai media untuk mencegah kebocoran halus pada ban jika terjadi secara berulang. Pada dasarnya, Anda juga bisa menggunakannya sebagai pengisi ban itu sendiri.

Sebenarnya, ban tubeless merupakan tipe ban yang anti bocor. Jadi, ketika ada benda tajam yang menusuk biasanya saat dicabut bekasnya akan tertutup dengan cairan khusus. Tapi jika kondisinya sulit diketahui sebabnya, maka gunakan saja gas nitrogen sebagai langkah alternatifnya.

👉 TRENDING :   Ini Dia Perbedaan Alphard dan Vellfire yang Perlu Anda Tahu

Dibandingkan dengan angin biasa, gas nitrogen ini tentunya jauh lebih baik kualitasnya untuk mencegah ban mengalami bocor halus. Tekanan gas dari nitrogen ini sangat baik karena bisa merata dan mampu memasuki tiap celah ban dalam.

Menggunakan Lem Di Bagian Ban Yang Bocor

Cara mengatasi ban mobil tubeless bocor halus yang lainnya yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menetesinya menggunakan power glue atau lem kuat. Anda hanya tinggal menetesi area ban yang bocor menggunakan lem tersebut dan pastikan sampai meresap betul.

Perlu Anda ketahui juga bahwa lem power glue ini memang sangat efektif untuk mengatasi ban tubeless yang sering mengalami bocor halus atau kempes.

Jika sudah menetesinya, maka Anda tinggal menusuk-nusuk nya di bagian ban yang berlubang kecil. Langkah tersebut dilakukan agar lem yang tadi diteteskan cepat masuk dan meresap ke dalam.

Menggunakan Cairan Anti Bocor Untuk Ban Tubeless

Langkah terakhir yang bisa Anda jadikan alternatif yaitu dengan cara menggunakan cairan anti bocor khusus untuk ban tubeless. Fungsi dari cairan anti bocor ini tak lain untuk menutupi lubang secara otomatis ketika paku yang menancap di bagian ban mobil Anda sudah dilepas.

Cara kerjanya sendiri sangat sederhana, yaitu cairan ini mampu meminimalisir dan meredam tekanan angin pada ban mobil yang turun secara drastis. Apalagi ketika ban mobil Anda terkena benda tajam dengan begitu bisa mengantisipasinya agar tidak kempes.

Tak heran jika banyak orang yang menggunakan cara mengatasi ban mobil tubeless bocor halus yang satu ini. Mengingat pengaplikasiannya yang sangat efisien dan cepat. Jika ban tubeless Anda sering bocor, memiliki cairan ini untuk persediaan juga sangat disarankan.