Cara Mengecat Mobil Untuk Pemula Biar Mengkilap dan Bagus
Cara Mengecat Mobil Untuk Pemula Biar Mengkilap dan Bagus

Cara Mengecat Mobil Untuk Pemula Biar Mengkilap dan Bagus

Pengecatan mobil memang tidak semudah yang dibayangkan karena umumnya hanya bisa dilakukan oleh ahlinya. Jika ingin mengecat mobil sendiri, Anda juga bisa jika mengetahui tekniknya. Cara mengecat mobil untuk pemula biar mengkilap ini sebenarnya mudah, namun harus teliti.

Ada beberapa tahapan harus dilakukan agar pengecatan mobil menjadi sempurna. Tahap umum pengecatan mobil ada dua, yaitu tahap dempul (sebelum pengecatan) dan proses pengecatan. Jika penasaran bagaimana caranya tersebut, simak pembahasannya di bawah ini dengan seksama.

Cara Mengecat Mobil Untuk Pemula dengan Baik dan Benar

Membersihkan Body Mobil Dahulu

Pertama-tama, bersihkan body mobil dari berbagai kotoran menempel. Untuk membersihkannya, Anda bisa mencuci mobil terlebih dahulu dengan sabun dan air bersih. Jika perlu gunakan peralatan pendukung agar kotoran benar-benar hilang. Setelah itu, keringkan mobil hingga benar-benar kering.

Mulai Proses Pendempulan

Tahap awal sebelum mengecat mobil adalah melakukan pengamplasan body mobil. Gunakan amplas yang aman dan tidak merusak permukaan body mobil. Setelah mengamplas bagian body mobil yang akan dicat, lakukan pencucian body mobil tersebut dengan air dan keringkan.

Setelah terlihat kering, semprotkan Epoxy pada bagian yang dibutuhkan untuk warna dasar cat. Sebaiknya menggunakan warna putih atau abu-abu. Biarkan kurang ebih 2 jam hingga kering dan lakukan pengamplasan kembali jika dibutuhkan agar permukaan cat lebih merata.

Pilih Jenis Cat Yang Bisa Digunakan

Perlu diingat, bahwa tidak sembarang cat boleh digunakan untuk mengecat mobil. Anda harus menggunakan cat khusus mobil. Contoh yang paling banyak digunakan yaitu cat duco. Ada beberapa jenis cat mobil yang bisa digunakan, yakni cat nitrocellulose, cat polyurethane, dan cat lacquer.

Membeli cat harus sesuai dengan kebutuhan. Pilih yang sesuai baik ukuran, warna, dan tipe atau jenis cat dengan melihat kondisi kendaraan Anda. Jangan lupa untuk membeli tiner sesuai kebutuhan yang digunakan untuk mencampur cat tersebut.

👉 TRENDING :   Mobil Hatchback Untuk Anak Muda yang Kece dan Canggih 2022

Lakukan Proses Pengecatan

Cara mengecat mobil untuk pemula biar mengkilap intinya ada di tahap ini. Tidak sembarang orang bisa mengecat mobil, apalagi menggunakan cat semprot. Penggunaan cat semprot sangat berbeda dengan cat cair yang membutuhkan kuas. Ada beberapa langkah yang harus Anda pahami.

Pertama, siapkan cat mobil dan tiner. Pilih merk cat mobil dan tiner yang paling bagus. Setelah itu, campurkan kedua bahan tersebut sesuai kebutuhan pada wadah. Atur agar adonan tidak terlalu kental atau terlalu encer.

Jika tipe cat yang digunakan adalah cat kental, sebaiknya perbandingan cat dan tiner adalah 1 : 2. Sedangkan jika tipe cat yang digunakan adalah cat encer atau cair, maka perbandingan campuran cat dan tiner yaitu 1 : 1. Sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Setelah adonan cat jadi, mulai proses pengecatan. Disarankan untuk melakukan pengecatan hanya satu kali spuit atau satu kali spray. Hal ini untuk menghindari ketidakrataan cat dimana ada yang tebal dan tipis. Lakukan secara merata tanpa melompati setiap area body mobil. Jika sudah selesai, keringkan.

Tahap Akhir Pengecatan

Setelah cat mobil kering, masih ada tahap terakhir yang perlu dilakukan, yakni tahap varnish. Tahap ini bertujuan untuk mendapatkan warna yang mengkilap dan tahan lama. Caranya hanya dengan mencampurkan varnish dengan komponen hardener. Semprotkan campuran tersebut secara merata.

Proses terakhir yaitu mengeringkan varnish tersebut hingga benar-benar kering. Anda bisa membersihkan body mobil kembali setelah semuanya kering dengan menggunakan lap kering bersih. Jika hasil pengecatan halus dan mengkilap, maka proses pengecatan mobil sudah dinilai berhasil.

Penjelasan mengenai cara mengecat mobil untuk pemula biar mengkilap tersebut bisa Anda coba terapkan. Disini, jika warna yang digunakan bukan warna dasar mobil, Anda perlu memperhatikan tahap-tahap pengecatan secara lebih teliti agar hasilnya memuaskan.