Panduan Cara Ganti Ban Mobil Honda Mobilio yang Benar
Panduan Cara Ganti Ban Mobil Honda Mobilio yang Benar

Panduan Cara Ganti Ban Mobil Honda Mobilio yang Benar

Mengetahui cara ganti ban mobil honda mobilio sangat penting untuk berjaga-jaga apabila Anda harus mengganti ban mobil sendiri. Mengganti ban mobil sendiri sangatlah mungkin ketika ban Anda bocor dan jauh dari bengkel maupun perumahan warga.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara mengganti ban mobil honda mobilio tersebut. Lantas, bagaimanakah caranya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Ini yang Harus Dilakukan Saat Ban Tiba-tiba Bocor

Bila Anda mengalami ban bocor ketika mengendarai mobil, maka tetaplah tenang dan kendalikan kendaraan sebisa mungkin dan jangan panik. Setelah itu, parkirkan kendaraan Anda di tepi jalan yang memiliki bidang datar.

Jangan parkirkan mobil di jalan yang menanjak, bergelombang, ataupun jalan yang menurun. Setelah itu, persiapkan alat-alat yang dibutuhkan, seperti kunci roda dan dongkrak yang ada di bagian bagasi belakang.

Cara Ganti Ban Mobil Honda Mobilio dengan Benar

Cara ganti ban mobil honda mobilio sebenarnya cukup mudah. Namun, Anda perlu mengetahui langkah-langkahnya secara lengkap. Berikut ulasannya.

Buka Pintu Bagasi Belakang

Langkah pertamanya yaitu membuka pintu bagasi belakang. Setelah itu, bukalah penutup toolkit yang dibutuhkan yang ada pada bagian kanan bagasi. Kemudian, keluarkan toolkit tersebut dan putarlah dongkrak ke kiri untuk melepas besi pengunci.

Turunkan ban Cadangan

Setelah berhasil mengeluarkan toolkit, maka langkah selanjutnya adalah menurunkan ban cadangan mobil. Caranya dengan memutar baut pengunci dari ban cadangan tersebut dengan menggunakan kunci roda. Putar baut pengunci dengan arah berlawanan jarum jam.

Setelah berhasil mengendurkan baut pengunci, langkah yang selanjutnya adalah mengangkat besi penampung dari ban cadangan dan lepaslah besi pengaitnya untuk mengeluarkan ban. Jika sudah berhasil dikeluarkan, letakkan ban cadangan di bagian bawah mobil.

Mengendurkan Baut Ban Cadangan

Langkah yang selanjutnya yaitu mengendurkan seluruh baut yang ada di ban cadangan. Caranya cukup dengan memutar baut ke arah berlawanan jarum jam.

👉 TRENDING :   Pilihan Mobil Sedan Murah dan Irit untuk Sehari-hari Terbaik 2022

Posisikan Dongkrak

Cara ganti ban mobil honda mobilio yang selanjutnya yaitu mengatur dongkrak di posisi yang tepat dan benar. setelah itu, putar dongrak ke arah kanan atau sesuai dengan arah jarum jam. Putar dongkrak hingga ketinggian ban sudah cukup.

Melepas Ban Bocor

Jika sudah, Anda bisa melepaskan baut-baut yang telah dikendurkan sebelumnya untuk melepaskan ban yang bocor tadi. Lalu, letakkan ban bocor tersebut di bagian bawah mobil menggantikan posisi ban cadangan sebagai pengaman.

Memasang ban Cadangan

Setelah berhasil melepaskan ban bocor, maka selanjutnya yaitu memasang ban cadangan ke mobil. Pasanglah baut-baut mobil secara satu-persatu dengan cara memutar searah jarum jam. Setelah itu, turunkan dongrak mobil dan pastikan baut-baut roda telah terkunci dengan sempurna.

Merapikan Toolkit dan Ban yang Bocor

Setelah proses mengganti ban selesai, maka tahap selanjutnya yaitu merapikan toolkit yang digunakan ke tempat semula dan menempatkan ban bocor ke posisi penyimpanan ban cadangan. Caranya adalah dengan mengangkat besi penampung ban cadangan dan kaitkan ke besi pengait.

Kemudian, putarlah pengunci ban cadangan ke arah kanan hingga pengunci benar-benar terkunci sempurna. Selanjutnya yaitu merapikan toolkit ke tempat semula. Kembalikan dongkrak dan kunci roda ke posisi semula dan putarlah bagian ujung dokrak ke arah kanan.

Putar hingga dongrak mengembang dan mengunci sempurna pada besi penahan dongkrak. Selanjutnya, tutup covernya dan selesai.

Sudah paham bagaimana cara ganti ban mobil honda mobilio ini? Memang cukup mudah bukan? Namun, Anda harus mempersiapkan tenaga cukup ekstra jika melakukannya sendiri. Jadi, bersiaplah jika ban mobil Anda sering bocor!