Cara Membersihkan Jok Mobil yang Berjamur dengan Benar
Cara Membersihkan Jok Mobil yang Berjamur dengan Benar

Cara Membersihkan Jok Mobil yang Berjamur dengan Benar

Mobil tentunya rentan mengalami masalah di bagian interiornya jika tidak dirawat dengan baik. Salah satunya yaitu masalah jok mobil yang berjamur. Cara membersihkan jok mobil yang berjamur ternyata tidak boleh Anda lakukan sembarangan dan sebaiknya disesuaikan dengan bahan dasar jok tersebut.

Membersihkan jok mobil berjamur dapat Anda lakukan secara mandiri maupun menggunakan jasa yang sudah ahli dalam bidang ini. Meskipun membawanya ke tukang cuci sangatlah mudah dan hasilnya sudah pasti bagus, namun tidak ada salahnya mencoba sendiri.

Nah, apabila Anda ingin membersihkan secara mandiri, berikut beberapa cara untuk membersihkan jamur yang menempel pada jok mobil Anda.

Cara Membersihkan Jok Mobil yang Berjamur Agar Bersih

Menyiapkan Perlengkapan yang Diperlukan

Sudah menjadi suatu kewajiban bagi Anda sebagai pemilik mobil untuk merawat dan membersihkan setiap komponen yang ada pada kendaraan tersebut. Oleh karena itu, apabila Anda termasuk orang yang rajin maka tidak ada salahnya jika mencoba untuk membersihkan jok yang berjamur secara mandiri.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan yaitu menyiapkan perlengkapan yang diperlukan untuk membersihkan jok tersebut. Di antara perlengkapan yang harus Anda siapkan adalah sikat halus/ vacuum cleaner, kain microfiber, cairan pembersih, sponge, masker, dan yang lainnya.

Menggunakan Sikat Halus atau Vacuum Cleaner

Jika semua perlengkapan yang dibutuhkan sudah ada, selanjutnya Anda dapat mulai membersihkan jok mobil yang berjamur menggunakan sikat halus atau vacuum cleaner. Untuk menjaga kesehatan Anda, sebaiknya gunakan masker saat membersihkan jok dengan vacuum cleaner.

Cara membersihkan jok mobil yang berjamur menggunakan vacuum cleaner yaitu dengan terlebih dahulu menyedot permukaan jok secara keseluruhan. Pastikan jamur yang masih bisa dibersihkan dari luar serta kotoran lainnya telah masuk dan disedot oleh vacuum cleaner.

Bagi Anda yang menggunakan sikat, usahakan untuk memilih sikat yang teksturnya halus sehingga tidak merusak permukaan jok mobil. Untuk hasil yang maksimal, sikatlah jamur pada permukaan jok mobil  dengan cara satu arah agar jatuh ke kabin dan tidak sulit untuk dibersihkan.

👉 TRENDING :   Mobil MPV Yang Irit Bahan Bakar dan Recomended Dipilih 2022

Semprotkan All Purpose Cleaner dan Cairan Pembersih Jamur

Ketika Anda merasa jamur telah cukup bersih disedot oleh vacuum cleaner maupun selesai disikat, cara selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu menyemprotkan all purpose cleaner dan cairan pembersih jamur. Cairan pembersih tersebut bisa berasal dari pemutih pakaian yang dicampur dengan sabun cuci piring.

Perbandingan antara cairan pemutih pakaian dengan sabun cuci piring ini cukup 1:1 saja. Setelah itu, celupkan sponge pada cairan tersebut dan gunakan untuk menggosok permukaan jok mobil Anda. Cara menggosoknya sama dengan ketika Anda menyikat permukaan jok tersebut.

Gosokkan sponge satu arah dengan lantai kabin agar mudah ketika akan dibersihkan. Selain itu, menggosok permukaan jok secara perlahan dan searah juga mampu mencegah kerusakan. Fungsi dari campuran cairan tersebut adalah dapat membantu mencegah jamur pada jok mobil datang kembali.

Mengeringkan Jok Mobil dengan Kain Microfiber

Mengeringkan jok mobil dengan kain microfiber menjadi tahapan terakhir dalam runtutan cara membersihkan jok mobil yang berjamur. Anda dapat mulai mengeringkan jok mobil apabila seluruh permukaannya telah diberi cairan pembersih jamur dan telah bersih.

Pada proses pengeringan jok mobil menggunakan kain microfiber, Anda perlu melakukannya pada semua bagian jok mobil. Apabila seluruh jok telah dikeringkan dengan kain tersebut, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu membuka pintu mobil Anda.

Biarkan pintu mobil tersebut terbuka selama kurang lebih 30 menit agar terkena angina dan sinar matahari. Jok mobil yang belum kering sempurna akan cepat kering karena terbantu oleh sinar matahari yang masuk ke kabin mobil.

Perlu Anda ketahui bahwa memanaskan mobil secara rutin juga dapat mencegah kembali datangnya jamur yang menempel pada jok mobil. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak melewatkan hal tersebut.