Begini Cara Membersihkan Jok Mobil Semi Kulit Agar Tetap Kinclong
Begini Cara Membersihkan Jok Mobil Semi Kulit Agar Tetap Kinclong

Begini Cara Membersihkan Jok Mobil Semi Kulit Agar Tetap Kinclong

Ketika berkendara menggunakan mobil, salah satu bagian penting yang dapat mempengaruhi kenyamanan Anda tentu adalah jok. Untuk yang berbahan dasar semi kulit perawatannya pun tidak boleh dilakukan sembarangan. Bahkan, cara membersihkan jok mobil semi kulit perlu kehati-hatian tinggi.

Sebenarnya cara untuk membersihkan jok dengan bahan semi kulit tidak jauh berbeda dengan jok yang berbahan dasar kulit. Anda dapat menggunakan beberapa bahan berikut ini untuk membantu dalam membersihkan jok mobil semi kulit tersebut.

Cara Membersihkan Jok Mobil Semi Kulit yang Jitu dan Mudah

Menggunakan Cairan Pembersih Khusus Jok atau Sabun

Dalam hal perawatan jok mobil semi kulit, bahan pertama yang dapat Anda gunakan untuk membersihkannya adalah cairan pembersih khusus jok atau sabun. Pemilihan sabun yang akan Anda gunakan juga tidak boleh sembarangan.

Selain menggunakan cairan khusus permbersih jok, Anda juga dapat memanfaatkan cairan pembersih kaca atau shampo. Agar mendapat hasil yang maksimal, tetap usahakan untuk menggunakan cairan khusus pembersih jok terlebih dahulu sebelum menggunakan cairan pembersih yang lain.

Untuk menjaga ketahanan jok mobil, sebaiknya pilihlah sabun yang mengandung Ph rendah. Perlu Anda ketahui bahwa kandungan Ph yang terlalu tinggi pada sabun dapat mempengaruhi warna jok mobil. Oleh karena itu, untuk menjaga agar warna jok tidak memudar, sebaiknya berhati-hatillah memilih sabun.

Memanfaatkan Air Hangat untuk Membersihkan Noda

Cara membersihkan jok mobil semi kulit berikutnya yang dapat Anda coba adalah dengan memanfaatkan air hangat untuk membersihkan noda baru. Anda bisa menggunakan kanebo atau kain basah yang berbahan halus untuk mengaplikasikan air hangat pada jok mobil yang kotor.

Cara yang perlu Anda lakukan juga cukup mudah karena hanya perlu menggosoknya saja secara perlahan. Noda yang baru menempel tentunya akan lebih mudah dibersihkan sehingga Anda tidak akan kesulitan membersihkannya.

👉 TRENDING :   Mobil SUV yang Paling Cocok untuk Anak Muda Terbaru 2022

Menghilangkan Noda Tinta dengan Hair Spray

Salah satu noda yang sering menempel pada bagian jok mobil adalah noda tinta. Anda mungkin akan merasa risih dan ingin segera membersihkan noda tersebut. Noda tinta dapat dikategorikan sebagai noda yang cukup sulit untuk dihilangkan, apalagi jika sudah menempel terlalu lama pada jok mobil.

Namun, saat ini Anda tidak perlu khawatir lagi untuk menghilangkan noda tersebut karena cukup menggunakan hair spray. Apabila Anda tidak memiliki hair spray di rumah, tidak usah khawatir karena obat gosok berbasis alkohol yang dicampur dengan air juga dapat menjadi solusi.

Jika Anda menggunakan hair spray, cara membersihkan jok mobil semi kulit akan sangat mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu menyemprotkan hair spray pada noda tinta yang menempel di jok mobil lalu membersihkannya.

Membersihkan Jok Mobil Menggunakan Garam

Noda berupa minyak seperti dari lipstik tampaknya juga menjadi permasalahan yang sering menempel pada jok mobil Anda. Lain noda, lain pula cara membersihkannya. Disini, Anda harus memahami betul jenis noda yang terdapat pada jok mobil, sekaligus cara yang tepat untuk membersihkannya.

Apabila jok mobil Anda terkena noda gincu dan minyak, cara tepat untuk mengatasinya adalah dengan memanfaatkan garam. Untuk mengencerkan garam tersebut Anda dapat memanfaatkan formula pengencer cat yang dicampur dengan air.

Gunakan lap katun yang teksturnya halus dan celupkan pada campuran cairan tersebut. Gosokkan secara perlahan dan merata pada noda yang membandel. Ulangi hal tersebut hingga noda minyak benar-benar hilang dari jok mobil Anda.

Usahakan juga untuk menggosoknya secara satu arah ke lantai kabin. Selain untuk menjaga agar jok tidak mengalami kerusakan, mengarahkan noda ke bawah juga akan membuat Anda lebih mudah membersihkan sisanya.