Cara Merawat Cat Mobil Hitam Metalik Supaya Awet
Cara Merawat Cat Mobil Hitam Metalik Supaya Awet

Cara Merawat Cat Mobil Hitam Metalik Supaya Awet

Warna hitam selalu menjadi favorit untuk pilihan warna mobil hingga saat ini. Selain kelebihannya yang terlihat elegan, mobil warna hitam juga bisa cepat kusam dan rusak jika kurang diperhatikan. Oleh karena itu, Anda perlu memahami bagaimana cara merawat cat mobil hitam metalik tersebut agar tetap bagus.

Banyak sekali cara untuk merawat warna body mobil, terutama yang berwarna hitam. Perawatan warna ini sedikit lebih ekstra karena merupakan warna dasar yang sangat terlihat jika sudah kotor atau tergores. Kira-kira hal apa saja yang bisa dilakukan untuk merawat mobil berwarna hitam? Berikut informasinya.

Cara Merawat Mobil Hitam Metalik Agar Tetap Terlihat Keren

Membersihkan Debu Dengan Kemoceng

Hal pertama yang bisa dilakukan jika mobil terlihat kotor oleh debu atau kotoran yaitu membersihkannya menggunakan kemoceng. Kemoceng cukup diseka saja pada bagian mobil yang kotor, jangan terlalu ditekan. Penekanan kemoceng akan menimbulkan baret atau goresan pada permukaan mobil.

Untuk membersihkan kotoran yang susah dihilangkan seperti jamur, maka bisa menggunakan lap bersih. Bersihkan jamur dengan hati-hati hingga hilang. Jika tidak ingin banyak jamur yang menempel, maka sebaiknya sering-sering melakukan pencucian mobil.

Rutin Mencuci Mobil

Mencuci mobil juga perlu memperhatikan waktu yang tepat. Disarankan mencuci mobil di waktu pagi atau sore. Hindari mencuci mobil di siang hari karena panas matahari bisa menimbulkan jamur. Waktu pencucian mobil ini penting diketahui demi menjaga keadaan permukaan luar mobil.

Gunakan shampoo khusus mobil agar cat aman. Hindari mencuci menggunakan sabun colek atau detergen. Kedua jenis sabun tersebut mengandung bahan kimia yang bisa membuat cat asli mobil menjadi kusam. Untuk membantu mencuci mobil

Perhatikan Proses Pengelapan Mobil Anda

Proses pengelapan setelah mencuci mobil harus dilakukan dengan searah. Gunakan lap berbahan microfiber atau kanebo untuk membersihkan dari sisa air cucian. Bagian mobil yang masih basah harus segera dilap agar mencegah timbulnya jamur dari air yang menguap oleh sinar matahari.

👉 TRENDING :   Cara Mengecat Mobil Untuk Pemula Biar Mengkilap dan Bagus

Jangan sampai saat melakukan pengelapan menimbulkan baret atau goresan halus. Lakukan pengelapan secara perlahan, yang penting rata dan dapat membersihkan sisa-sisa air atau kotoran yang masih menempel pada permukaan mobil.

Melakukan Paint Protection And Detailing

Cara merawat cat mobil hitam metalik berikutnya yaitu melakukan paint protection and detailing. Lapisan tipis pada varnish warna hitam mobil akan cepat terlihat kusam. Oleh karena itu, perlu dilakukan paint protection and detailing guna menjaga ketebalan varnish dan menghilangkan baret serta swirl.

Melakukan Waxing

Selain paint protection and detailing, waxing juga bisa dilakukan. Memoles body mobil ini dapat mempertahankan kilauan mobil. tujuannya adalah menciptakan lapisan pelindung pada mobil yang telah dipoles serta melindungi body mobil dari kotoran, baretan, air hujan, dan kontak langsung sinar matahari.

Menutup Mobil Dengan Sarung Mobil

Setelah seharian menggunakan mobil, sebaiknya menutupinya dengan sarung mobil. Apalagi jika mobil diletakkan di bagian halaman, maka sarung akan menjaga kondisi mobil tetap bersih dan kinclong.

Pastikan saat akan menutup mobil dengan sarung, sudah tidak ada air atau kotoran yang masih menempel di body nya. Selain itu, pilih sarung mobil berbahan halus dan lembut agar tidak menimbulkan goresan pada permukaan mobil atau lapisan cat pada body mobil.

Setelah mengetahui cara merawat cat mobil hitam metalik di atas, Anda tidak perlu bingung lagi jika ingin warna hitam metalik mobil Anda tetap bagus. Setiap perawatan yang disebutkan sangat mudah dilakukan. Namun, Anda harus melakukannya dengan baik, agar bisa efektif.