Cara Pasang Iklan di Aplikasi Android
Cara Pasang Iklan di Aplikasi Android

Tutorial Lengkap Cara Pasang Iklan di Aplikasi Android

Mempunyai sebuah aplikasi buatan kita sendiri memang menjadi sebuah kebanggan bagi kita, terlebih lagi jika aplikasi tersebut dapat bermanfaat untuk banyak orang. Selain berguna untuk kebutuhan orang lain kita juga bisa mendapatkan keuntungan dari hasil karya kita tersebut berupa pemasukan melalui iklan yang kita pasang pada aplikasi buatan kita itu.

Walaupun demikian tidak jarang ada juga developer yang sengaja tidak memasangkan iklan pada aplikasi buatannya dengan tujuan agar aplikasinya dapat dinikmati sepenuhnya oleh pengguna tanpa ada gangguan iklan. Akan tetapi banyak juga developer yang memasukkan iklan pada aplikasinya dengan berbagai alasan.

Terdapat beberapa alasan mengapa seseorang mungkin memutuskan untuk memasang iklan di aplikasi Android, di antaranya adalah:

  1. Untuk menghasilkan penghasilan tambahan: Memasang iklan di aplikasi Android dapat menjadi sumber penghasilan tambahan bagi pengembang aplikasi. Kamu dapat menerima pembayaran dari platform iklan setiap kali iklan ditampilkan ke pengguna aplikasi atau setiap kali terjadi interaksi dengan iklan tersebut.
  2. Untuk mempromosikan aplikasi: Memasang iklan di aplikasi Android juga dapat membantu pengembang aplikasi mempromosikan aplikasi ke audiens yang lebih luas. Iklan yang ditampilkan di aplikasi dapat mengarahkan pengguna ke aplikasi lain atau ke situs web pengembang, sehingga dapat membantu meningkatkan popularitas aplikasi.
  3. Untuk menganalisis data: Platform iklan biasanya menyediakan laporan yang memungkinkan pengembang aplikasi menganalisis data tentang iklan yang ditampilkan di aplikasi, seperti jumlah penayangan iklan, tingkat klik, dan tingkat konversi. Ini dapat membantu pengembang aplikasi meningkatkan strategi pemasaran aplikasi dan meningkatkan hasil iklan di masa depan.
  4. Untuk meningkatkan pengalaman pengguna: Memasang iklan yang relevan dan tidak mengganggu dapat memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna aplikasi. Pengguna mungkin lebih terbuka untuk menerima iklan yang relevan dengan minat mereka dan lebih mungkin untuk terus menggunakan aplikasi.

Memasang Iklan di Aplikasi Android

Untuk memasang iklan di aplikasi Android, Kamu dapat menggunakan salah satu dari beberapa platform iklan yang tersedia, seperti Google AdMob atau Facebook Audience Network. Sebelum itu kalian harus mendaftar terlebih dahulu di kedua penyedia layanan tersebut, berikut adalah cara mendaftarnya.

Cara Daftar Google AdMob

Google AdMob adalah platform iklan yang dapat digunakan untuk memasang iklan di aplikasi Android. Berikut adalah cara daftar Google AdMob yang bisa kalian ikuti:

  1. Buka situs web Google AdMob di alamat https://www.google.com/admob/.
  2. Klik tombol “Sign Up” di bagian atas layar.
  3. Masukkan email dan kata sandi Kamu untuk masuk ke akun Google Kamu. Jika Kamu belum memiliki akun Google, Kamu dapat membuat akun baru dengan mengikuti instruksi yang ditampilkan di layar.
  4. Setelah masuk ke akun Google Kamu, Kamu akan dibawa ke halaman pendaftaran Google AdMob. Isi formulir pendaftaran dengan informasi yang diminta, seperti nama perusahaan atau nama pribadi, alamat email, dan nomor telepon.
  5. Setelah mengisi formulir pendaftaran, baca dan terima persyaratan layanan Google AdMob.
  6. Klik tombol “Create account” untuk menyelesaikan pendaftaran.

Cara Daftar Facebook Audience Network

Platform ini adalah kepunyaan facebook yang bisa kita jadikan sebagai alternatif untuk memasang iklan di aplikasi kita. Untuk mendaftar Facebook Audience Network ikuti langkah berikut ini :

  1. Buka situs web Facebook Audience Network di alamat https://www.facebook.com/business/audience-network.
  2. Klik tombol “Sign Up” di bagian atas layar.
  3. Masukkan email dan kata sandi Kamu untuk masuk ke akun Facebook Kamu. Jika Kamu belum memiliki akun Facebook, Kamu dapat membuat akun baru dengan mengikuti instruksi yang ditampilkan di layar.
  4. Setelah masuk ke akun Facebook Kamu, Kamu akan dibawa ke halaman pendaftaran Facebook Audience Network. Isi formulir pendaftaran dengan informasi yang diminta, seperti nama perusahaan atau nama pribadi, alamat email, dan nomor telepon.
  5. Setelah mengisi formulir pendaftaran, baca dan terima persyaratan layanan Facebook Audience Network.
  6. Klik tombol “Sign Up” untuk menyelesaikan pendaftaran.
👉 TRENDING :   Cara Menggunakan Aplikasi Hangouts Dengan Detail

Cara Memasang Iklan di Aplikasi Android

1. Pertama, buat akun dalam Google AdMob.

2. Setelah itu, buatlah aplikasi Android yang akan Kamu pasangi iklan.

3. Buatlah sebuah ID unik untuk aplikasi Kamu di Google AdMob.

4. Selanjutnya, buka aplikasi Google AdMob dan masuk ke bagian “Tambah Aplikasi”.

5. Isi informasi yang diperlukan untuk aplikasi Kamu seperti nama, kategori, dan bahasa.

6. Kemudian, pilih jenis iklan yang akan Kamu pasang di aplikasi Kamu.

7. Setelah itu, buatlah kode iklan untuk aplikasi Kamu.

8. Copy paste kode iklan tersebut pada aplikasi.

9. Terakhir, publish aplikasi Kamu dan iklan akan mulai tampil.

Strategi Pasang Iklan di Aplikasi Android Agar Berhasil

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kalian perlu menyiapkan strategi yang matang agar aplikasi kalian dapat tertuju sesuai target yang kalian inginkan. Berikut adalah strategi pasang iklan di aplikasi yang bisa kalian terapkan.

1. Identifikasi audiens yang tepat. Sebagian besar pengguna aplikasi Android adalah individu yang berbeda-beda, dengan berbagai kebutuhan dan minat. Untuk menemukan audiens yang tepat, Kamu perlu memiliki pengetahuan mendalam tentang kebutuhan dan minat sasaran.

2. Tentukan strategi iklan yang tepat. Setelah menentukan audiens yang tepat, Kamu harus menentukan strategi iklan yang akan digunakan. Tentukan iklan yang sesuai dengan kebutuhan dan minat audiens- Kamu, sehingga dapat menarik orang yang tepat untuk menggunakan aplikasi Kamu.

3. Tempatkan iklan di lokasi yang tepat. Setelah strategi iklan telah ditentukan, tempatkan iklan di lokasi yang tepat. Pilihlah lokasi di mana iklan Kamu akan mendapatkan dampak yang terbaik.

4. Buat konten iklan yang menarik. Pastikan konten iklan Kamu menarik dan relevan dengan audiens yang telah Kamu tentukan. Ciptakan konten yang menarik, unik, dan bermanfaat bagi audiens- Kamu.

5. Jaga kualitas iklan. Pastikan iklan Kamu memiliki kualitas yang baik dan berfungsi dengan baik. Iklan yang berkualitas dapat membuat orang tertarik untuk menggunakan aplikasi Kamu.

6. Sesuaikan iklan dengan platform. Pastikan iklan Kamu disesuaikan dengan platform yang digunakan. Ini akan memastikan bahwa iklan Kamu ditampilkan dengan benar di seluruh platform.

7. Monitor dan evaluasi iklan. Setelah menempatkan iklan, pastikan untuk mengawasi dan mengevaluasi iklan tersebut. Hal ini akan memastikan bahwa iklan Kamu berhasil dan dapat memberikan hasil yang diharapkan.

Rahasia Sukses Pasang Iklan di Aplikasi Android

1. Cari informasi tentang aplikasi yang ingin Kamu pasangi iklan. Pastikan aplikasi yang dipilih memiliki banyak pengguna setia.

2. Tentukan tujuan pasang iklan Kamu. Apakah Kamu berniat untuk menarik pengguna baru atau untuk mempertahankan basis pelanggan yang sudah ada?

3. Tentukan jenis iklan yang cocok untuk aplikasi Kamu. Beberapa jenis iklan yang sering digunakan pada aplikasi Android termasuk iklan banner, interstitial, dan video.

4. Pilih jaringan iklan yang sesuai dengan tujuan dan jenis iklan Kamu. Google AdMob, Facebook Audience Network, dan Unity Ads adalah beberapa jaringan iklan yang umum digunakan pada aplikasi Android.

5. Buat iklan yang menarik dan relevan. Pastikan iklan Kamu menarik perhatian pengguna dan dapat menyampaikan pesan yang tepat.

👉 TRENDING :   Cara Hapus Akun Gmail di Hp Realme yang Mudah Dilakukan

6. Pastikan untuk mengikuti peraturan dan kebijakan jaringan iklan yang Kamu gunakan. Ini akan memastikan bahwa iklan Kamu akan ditampilkan dengan benar dan tidak melanggar peraturan.

7. Jaga kualitas iklan Kamu. Pastikan iklan Kamu memuaskan pengguna dan tidak mengganggu pengalaman mereka.

8. Monitor hasil iklan Kamu. Analisis data yang Kamu terima dari jaringan iklan, dan gunakan informasi ini untuk membuat iklan Kamu lebih efektif.

9. Terus berinovasi. Ubah iklan Kamu sesuai dengan tren dan keinginan pengguna.

Kesimpulan

Dari analisis yang telah dilakukan, cara pasang iklan di aplikasi android dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa layanan seperti AdMob, Appodeal, dan AirPush. Masing-masing layanan memiliki kelebihan dan kekurangan, namun secara umum, pengguna dapat memilih layanan mana yang sesuai dengan kebutuhan dan budget mereka. Dengan demikian, cara terbaik untuk pasang iklan di aplikasi android adalah dengan memilih layanan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget pengguna.