Cara Mengeringkan Karpet Dasar Mobil yang Basah dengan Efektif
Cara Mengeringkan Karpet Dasar Mobil yang Basah dengan Efektif

Cara Mengeringkan Karpet Dasar Mobil yang Basah dengan Efektif

Karpet dasar mobil bisa basah karena beberapa alasan. Baik itu karena mobil baru dicuci, terendam banjir atau sekedar terkena hujan. Nah, jika Anda mendapati keadaan yang demikian, sebaiknya segera lakukan pengeringan. Tidak perlu bingung, cara mengeringkan karpet dasar mobil yang basah bisa Anda simak di bawah ini.

Berikut Cara Mengeringkan Karpet Dasar Mobil yang Basah

Tempatkan Mobil di Ruangan Terbuka dan Pencahayaan Cukup

Ketika Anda mendapati karpet dasar mobil dalam kondisi basah, bawa mobil keluar. Cari tempat terbuka dengan pencahayaan yang cukup baik. Hal ini dimaksudkan agar udara panas dari luar dapat membantu mempercepat proses pengeringan karpet.

Periksa Seberapa Parah Keadaannya

Sebelum masuk pada bagaimana langkah mengeringkan karpet mobil selanjutnya, sebaiknya Anda cek terlebih dahulu seberapa parah kondisinya. Hal tersebut supaya Anda bisa menentukan langkah-langkah apa yang sebaiknya dilakukan.

Jika basahnya tidak sampai sepertiga dari keseluruhan luas karpet, Anda bisa langsung mengeringkannya tanpa harus membawanya keluar mobil. Namun sebaliknya, jika Anda mendapati karpet basah dalam kondisi parah dan sampai merembes keluar jok, ambil karpet dan bawa keluar.

Pembongkaran karpet tersebut harus Anda lakukan agar mudah ketika melakukan tindakan pengeringan. Anda bisa dengan leluasa mengeringkannya tanpa terkendala ruang yang sempit. Karpet pun juga akan cepat kering jika dibawa keluar.

Gunakan Vacum Cleaner dengan Fitur Blower

Pengeringan karpet bisa dilakukan secara manual dengan cara menjemurnya di ruangan terbuka. Cara mengeringkan karpet dasar mobil yang basah secara manual tersebut sebenarnya sangat direkomendasikan.

Dengan cara tersebut, serat pada karpet dan warnanya tidak akan cepat memudar. Akan tetapi, cara manual hanya bisa dilakukan jika Anda memiliki waktu yang cukup banyak. Proses pengeringan ini pun tentu sangat bergantung pada sinar matahari.

Jika cuaca sedang tidak mendukung, keadaan mendung dan sinar matahari kurang terik, waktu yang dibutuhkan untuk pengeringan akan lebih lama lagi. Sedangkan karpet yang tidak benar-benar kering pastinya akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

👉 TRENDING :   Rekomendasi Compound Mobil Paling Bagus Dan Harganya

Selain itu, karpet yang tidak kering juga bisa menjadi sumber penyakit. Nah, untuk mengatasinya Anda dapat menggunakan vacum cleaner. Gunakan alat penyedot debu tersebut untuk menyedot uap air. Setelah itu, aktifkan blower dan gunakan untuk memanaskan karpet.

Dengan demikian, air akan menguap dan hal tersebut akan mempercepat proses pengeringan. Namun, perlu Anda ingat, gunakan vacum cleaner secara hati-hati agar tidak merusak karpet.

Bongkar Seluruh Bagian Jok Jika Kondisinya Terlalu Parah

Hal yang juga perlu diperhatikan dalam cara mengeringkan karpet dasar mobil yang basah adalaj menyesuaikannya dengan kondisi karpet. Jika kondisinya terlalu parah dan cara-cara di atas belum cukup efektif, sebaiknya lakukan pembongkaran.

Terlebih dahulu, lepas semua jok kemudian lepaskan karpet dan bawa keluar. Karpet bisa ditangani menggunakan vacum cleaner agar pengeringan lebih cepat. Namun, perhatikan juga bagian jok jika juga dalam kondisi basah.

Jangan sampai karpetnya kering namun jok masih basah. Jika demikian, nanti ketika Anda memasukkan karpet ke dalam mobil, karpet akan menjadi basah kembali karena terkena tetesan air dari jok. Oleh karena itu, lakukan pengeringan juga pada bagian jok.

Anda bisa mengeringkan bagian jok menggunakan lap khusus yang memiliki tekstur lembut seperti kanebo. Lakukan pengelapan secara benar agar bodi mobil tidak tergores

Cara pengeringan karpet yang basah memang cukup ribet, akan tetapi jika Anda mengetahui caranya, kondisi ini tetap bisa diatasi dengan mudah. Saat memiliki mobil, jangan malas untuk merawatnya agar tetap nyaman ketika dikendarai.