Begini Cara Mengatasi Ban Mobil Bergelombang yang Ampuh
Begini Cara Mengatasi Ban Mobil Bergelombang yang Ampuh

Begini Cara Mengatasi Ban Mobil Bergelombang yang Ampuh

Apakah Anda pernah menemui kondisi ban mobil yang tidak rata alias bergelombang? Jangan bingung dulu ya! Ada banyak sekali cara mengatasi ban mobil bergelombang tersebut. Sebagai komponen yang  menjadi kontrol utama laju kendaraan kita, ban mobil memang sangat penting diperhatikan. Jika kondisi ini dibiarkan terus menerus pasti akan menghambat perjalanan.

Apabila mobil Anda mulai melaju dengan keadaan bergetar atau kemudinya lebih condong ke satu arah, maka hal tersebut harus diwaspadai. Bisa saja ada masalah pada kendaraan Anda, yang tak lain karena ban mobil tersebut bergelombang. Untuk cara mengatasinya, simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Ban Mobil Bergelombang dengan Efektif

Mengatur Tekanan Angin Ban Mobil

Ketika Anda menemukan bagian tengah ban mobil dalam keadaan aus itu tandanya tekanan angin di dalamnya terlalu tinggi. Hal itu lah yang membuat ban roda bagian tengah Anda menjadi semakin menonjol.

Jika hal tersebut dibiarkan terlalu lama, maka bagian ban tengah tadi akan bergesekan dengan permukaan jalan yang kasar. Akibatnya, ban tengah mobil Anda pun akan menjadi lebih cepat aus. Cara mengatasi ban mobil bergelombang tersebut sangat mudah, yaitu cukup atur saja tekanan anginnya.

Memeriksa Kaki Mobil dan Cek Spooring Balancing

Jika hanya ban mobil di bagian luarnya saja yang mengalami keausan lantas apa yang akan terjadi? Apabila kondisi ban yang tidak berada di garis lurus dengan permukaan jalan ini bisa membuat laju kendaraan menjadi tak nyaman untuk dikendarai.

Keadaan tersebut mungkin memang terkesan sepele, tetapi jika dibiarkan maka sisi atas ban akan cenderung lebih keluar daripada sisi bawah. Nantinya hal tersebut akan mempengaruhi bagian yang lainnya, yaitu di bagian camber. Posisi cambernya pun akan mengarah positif.

Pada dasarnya positive camber ini memang dibutuhkan untuk sistem suspensi machpherson sebagai antisipasi dari beban kendaraan yang terlalu banyak.

👉 TRENDING :   Ini Dia Pilihan Mobil Sport 2 Pintu 4 Kursi di Indonesia

Namun, jika positive cambernya terlalu banyak, maka ban bagian luar akan mudah mengalami keausan terlebih dahulu. Cara mengatasinya sendiri sebenarnya sangat simpel, yaitu Anda cukup memeriksa kaki-kaki mobilnya dan mengecek bagian spooring balancingnya agar seimbang.

Memperhatikan Kondisi Bushing 

Lain halnya jika ban mobil Anda mengalami aus di bagian dalamnya saja, maka negatif camber yang ditunjukkan akan terlalu besar. Kebalikannya dari positive camber, kondisi negative camber ini menunjukkan sisi bagian bawah ban lebih condong keluar jika dibandingkan dengan sisi atasnya.

Jika kondisi tersebut terlalu lama dibiarkan maka akan membuat beban mobil menjadi berlebih lalu terdapat kerusakan pada bushing shock. Akibat yang ditimbulkan yaitu dapat membuat panjang unit shock breaker menjadi lebih kecil, sehingga suspensi pegas sangat lemah.

Solusi dari masalah tersebut salah satunya yaitu dengan cara memperhatikan kondisi bushing Anda. Apabila sudah rusak maka segera ganti dengan yang baru. Selain itu, perhatikan juga kondisi shock absorber dan springnya juga. Jika sudah lemah maka ganti juga.

Memeriksa Sudut Toe 

Posisi roda di bagian sisi depan dan belakang yang tidak lurus biasa disebut dengan sudut toe. Apabila sisi depan roda lebih keluar maka sering disebut dengan istilah toe out. Sebaliknya jika sisi belakang roda lebih keluar maka disebut dengan toe in.

Keduanya sebetulnya sangat dibutuhkan sebagai koreksi camber supaya bisa berjalan nyaman. Tetapi, jika sudut toe dalam keadaan berlebihan, maka akan timbul gesekan antara permukaan ban dan jalan.

Akibatnya, ban akan lebih cepat aus dan tampak seperti bergelombang. Untuk mengatasinya Anda harus melakukan penyetelan terhadap tie rod end dengan tepat.

Mudah bukan cara mengatasi ban mobil bergelombang ini sebenarnya. Anda bisa menerapkannya jika merasa ada yang salah dengan ban mobil.