Cara Mudah Submit Aplikasi Android di Google Play Store
Cara Mudah Submit Aplikasi Android di Google Play Store

Cara Mudah Publish Aplikasi Android di Google Play Store Untuk Pemula

Apa itu Google Play Store?

Google Play Store adalah toko aplikasi resmi yang dimiliki dan dioperasikan oleh Google. Ini merupakan tempat di mana pengguna Android dapat mengunduh aplikasi, game, musik, film, buku, dan lainnya untuk perangkat mereka. Google Play Store tersedia secara default pada semua perangkat Android, dan juga dapat diakses melalui situs web.

Di Google Play Store, terdapat ribuan aplikasi dan game yang tersedia untuk diunduh, yang dapat dicari menggunakan kata kunci atau dikelompokkan ke dalam kategori seperti “Sosial”, “Permainan”, atau “Produktivitas”. Setiap aplikasi atau game di Google Play Store memiliki halaman produk yang mencakup informasi seperti deskripsi, tanggal rilis, peringkat pengguna, dan ulasan.

Pengguna dapat membeli aplikasi dan game melalui Google Play Store dengan menggunakan metode pembayaran yang telah disetujui, seperti kartu kredit atau metode pembayaran mobile. Pengguna juga dapat mengunduh aplikasi dan game secara gratis, tetapi beberapa aplikasi atau game mungkin menawarkan fitur tambahan yang hanya dapat diakses dengan membayar biaya tambahan.

Google Play Store juga menawarkan fitur seperti kemampuan untuk mengelola aplikasi yang telah diunduh, memperbarui aplikasi secara otomatis, dan memberikan notifikasi ketika aplikasi baru tersedia. Selain itu, Google Play Store menyediakan layanan seperti Google Play Books, Google Play Music, dan Google Play Movies & TV yang memungkinkan pengguna untuk membeli dan mengunduh konten seperti buku, musik, dan film.

Cara Registrasi di Google Play Developer Console

Untuk mempublikasikan aplikasi atau game kalian di Google Play Store, kalian perlu terlebih dahulu mendaftar ke Google Play Developer Console. Ini adalah platform yang dikelola oleh Google yang memungkinkan kalian untuk mengunggah, mengelola, dan mempromosikan aplikasi atau game kalian di Google Play Store. Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar ke Google Play Developer Console:

  1. Buka situs web Google Play Developer Console di https://play.google.com/apps/publish/.
  2. Klik tombol “DAFTAR SEKARANG” di bagian atas halaman.
  3. Masukkan alamat email Google kalian dan klik tombol “LANJUT”.
  4. Baca dan setujui syarat dan ketentuan Google Play Developer Console.
  5. Masukkan informasi pribadi kalian, termasuk nama depan dan nama belakang, negara tempat tinggal, dan nomor telepon.
  6. Masukkan informasi bisnis kalian, jika relevan. Ini termasuk nama perusahaan kalian, alamat, dan nomor telepon.
  7. Pilih metode pembayaran yang akan digunakan untuk membayar biaya registrasi ke Google Play Developer Console.
  8. Verifikasikan identitas kalian dengan mengikuti petunjuk yang diberikan. Ini mungkin termasuk mengunggah salinan dokumen identitas yang masih berlaku, seperti paspor atau kartu identitas nasional.
  9. Klik tombol “KIRIM UNTUK DIVERIFIKASI” untuk mengirimkan aplikasi registrasi kalian ke Google.

Setelah mendaftar, kalian akan menerima konfirmasi melalui email jika aplikasi registrasi kalian telah diterima dan kalian dapat mulai mengunggah aplikasi atau game kalian ke Google Play Store. Namun, mungkin perlu beberapa waktu untuk memverifikasi aplikasi registrasi kalian, jadi pastikan untuk bersabar.

Registrasi Akun Merchant Google Wallet

Jika kalian ingin menjual produk atau layanan melalui aplikasi atau game kalian di Google Play Store, kalian perlu mendaftar untuk Akun Merchant Google Wallet. Ini adalah layanan yang disediakan oleh Google yang memungkinkan kalian menerima pembayaran dari pengguna aplikasi atau game kalian. Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar untuk Akun Merchant Google Wallet:

  1. Buka situs web Google Play Developer Console di https://play.google.com/apps/publish/.
  2. Masuk dengan akun Google kalian yang terdaftar di Google Play Developer Console.
  3. Klik tombol “SETUP” di bagian “Akun Merchant” di menu sebelah kiri.
  4. Masukkan informasi bisnis kalian, termasuk nama perusahaan, alamat, dan nomor telepon.
  5. Masukkan informasi pribadi kalian, termasuk nama depan dan nama belakang, negara tempat tinggal, dan nomor telepon.
  6. Pilih metode pembayaran yang akan digunakan untuk menerima pembayaran dari pengguna aplikasi atau game kalian.
  7. Verifikasikan identitas kalian dengan mengikuti petunjuk yang diberikan. Ini mungkin termasuk mengunggah salinan dokumen identitas yang masih berlaku, seperti paspor atau kartu identitas nasional.
  8. Klik tombol “KIRIM UNTUK DIVERIFIKASI” untuk mengirimkan aplikasi registrasi kalian ke Google.
👉 TRENDING :   Inilah Cara Melihat Foto yang Sudah Dihapus di Hp Oppo

Setelah mendaftar, kalian akan menerima konfirmasi melalui email jika aplikasi registrasi kalian telah diterima dan kalian dapat mulai menerima pembayaran dari pengguna aplikasi atau game kalian di Google Play Store. Namun, mungkin perlu beberapa waktu untuk memverifikasi aplikasi registrasi kalian, jadi pastikan untuk bersabar.

Sebagai catatan, kalian harus memiliki Akun Developer Google Play yang terverifikasi sebelum dapat mendaftar untuk Akun Merchant Google Wallet. Jika kalian belum memiliki Akun Developer Google Play yang terverifikasi, kalian harus mendaftar terlebih dahulu sebelum dapat mendaftar untuk Akun Merchant Google Wallet.

Cara Upload Aplikasi Android Pada Google Play Store

Untuk mengunggah aplikasi atau game Android kalian ke Google Play Store, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka situs web Google Play Developer Console di https://play.google.com/apps/publish/.
  2. Masuk dengan akun Google yang terdaftar di Google Play Developer Console.
  3. Klik tombol “TAMBAH” di bagian atas halaman.
  4. Pilih “APLIKASI” atau “GAME”, tergantung pada jenis konten yang ingin kalian unggah.
  5. Masukkan informasi tentang aplikasi atau game kalian, termasuk judul, deskripsi, dan kategori.
  6. Pilih “Unggah APK” di bagian “Pengembangan” dan pilih file APK aplikasi atau game kalian dari komputer kalian.
  7. Tambahkan screenshot atau gambar dan ikon aplikasi atau game kalian di bagian “Grafis”.
  8. Pilih harga aplikasi atau game kalian, jika relevan, atau pilih “Gratis” jika kalian ingin menawarkan aplikasi atau game kalian secara gratis.
  9. Pilih negara atau wilayah yang akan kalian targetkan dengan aplikasi atau game kalian di bagian “Pemasaran”.
  10. Klik tombol “SIMPAN DAN LANJUTKAN” di bagian bawah halaman.

Setelah kalian menyimpan informasi aplikasi atau game kalian, Google akan memeriksa APK kalian untuk memastikan bahwa aplikasi atau game tersebut memenuhi syarat dan ketentuan Google Play Store. Ini mungkin memakan waktu beberapa jam hingga beberapa hari, tergantung pada jumlah aplikasi atau game yang sedang diperiksa. Jika aplikasi atau game kalian disetujui, itu akan dipublikasikan di Google Play Store dan tersedia untuk diunduh oleh pengguna. Jika aplikasi atau game kalian ditolak, kalian akan menerima email yang menjelaskan alasannya dan memberi kalian petunjuk tentang cara memperbaiki masalah yang ada.

Kesimpulan

Ada beberapa alasan mengapa kalian mungkin ingin menerbitkan aplikasi atau game kalian di Google Play Store:

  1. Google Play Store adalah toko aplikasi terbesar di dunia, sehingga memungkinkan kalian untuk menjangkau jutaan pengguna Android di seluruh dunia. Ini bisa sangat bermanfaat jika kalian ingin meningkatkan visibilitas aplikasi atau game kalian dan meningkatkan penjualan.
  2. Google Play Store menyediakan platform yang mudah digunakan untuk mengelola dan mempromosikan aplikasi atau game kalian. kalian dapat menambahkan screenshot, video, dan deskripsi untuk membantu menjelaskan fitur aplikasi atau game kalian, serta mengatur harga dan menargetkan pasar yang tepat.
  3. Google Play Store menyediakan banyak metode pembayaran yang dapat digunakan oleh pengguna untuk membeli aplikasi atau game kalian, seperti kartu kredit, metode pembayaran mobile, dan voucher. Ini membuat proses pembelian aplikasi atau game kalian lebih mudah bagi pengguna dan memungkinkan kalian untuk menerima pembayaran dengan cepat dan mudah.
  4. Google Play Store menyediakan layanan seperti Google Play Books, Google Play Music, dan Google Play Movies & TV yang memungkinkan kalian untuk menjual konten seperti buku, musik, dan film melalui aplikasi atau game kalian. Ini bisa sangat bermanfaat jika kalian ingin meningkatkan pendapatan dari aplikasi atau game kalian dengan menjual produk tambahan kepada pengguna.

Dengan demikian, menerbitkan aplikasi atau game kalian di Google Play Store dapat menjadi pilihan yang tepat jika kalian ingin meningkatkan visibilitas dan penjualan aplikasi atau game kalian, serta menyediakan cara yang mudah bagi pengguna untuk membeli aplikasi atau game kalian.

👉 TRENDING :   Cara Daftar Aplikasi Paypal Indonesia dan Cara Verifikasi Dengan Jenius

Terlepas dari itu semua, Google Play Store juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari menerbitkan aplikasi atau game di Google Play Store:

Kelebihan:

  • Google Play Store merupakan toko aplikasi terbesar di dunia, sehingga memungkinkan kalian untuk menjangkau jutaan pengguna Android di seluruh dunia.
  • Google Play Store menyediakan platform yang mudah digunakan untuk mengelola dan mempromosikan aplikasi atau game kalian, termasuk fitur seperti pembaruan otomatis dan notifikasi untuk pengguna.
  • Google Play Store menawarkan banyak metode pembayaran yang dapat digunakan oleh pengguna untuk membeli aplikasi atau game kalian, seperti kartu kredit, metode pembayaran mobile, dan voucher.
  • Google Play Store menyediakan layanan seperti Google Play Books, Google Play Music, dan Google Play Movies & TV yang memungkinkan kalian untuk menjual konten seperti buku, musik, dan film melalui aplikasi atau game kalian.

Kekurangan:

  • Google Play Store membebankan biaya registrasi sebesar $25 untuk mendaftar ke Google Play Developer Console.
  • Google Play Store membebankan biaya 30% dari setiap transaksi yang dilakukan melalui aplikasi atau game kalian.
  • Google Play Store memiliki persyaratan yang ketat tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh aplikasi atau game, yang mungkin membatasi kreativitas kalian.
  • Google Play Store mungkin memakan waktu beberapa hari untuk memverifikasi dan meninjau aplikasi atau game yang kalian unggah, sehingga publikasi tidak selalu instan.