Cara Pemasangan Sabuk Pengaman yang Baik dan Benar
Cara Pemasangan Sabuk Pengaman yang Baik dan Benar

Cara Pemasangan Sabuk Pengaman yang Baik dan Benar

Sabuk pengaman merupakan salah satu komponen keselamatan yang ada di dalam mobil. Namun, banyak sekali yang belum tau bagaimana cara memakai sabuk pengaman yang benar. Jika Anda termasuk orang yang belum tahu juga, berikut cara pemasangan sabuk pengaman yang benar.

Cara Pemasangan Sabuk Pengaman dengan Benar Untuk Pemula

Pakai Sabuk Pada Bagian Atas Secara Benar

Para pengendara mobil kerap bersikap acuh terhadap keselamatan diri mereka saat berkendara. Sebagian dari mereka kurang begitu memperhatikan keberadaan sabuk pengaman. Padahal, sabuk pengaman akan melindungi Anda jika sewaktu-waktu ada hal buruk yang menimpa.

Sabuk pengaman sengaja dirancang sedemikian rupa agar bisa melindungi tubuh pengendara dan penumpang. Oleh karena itu, pakai sabuk pengaman, terutama pada bagian atas secara benar.

Jangan berasalan tidak nyaman kemudian hanya menyelipkannya di punggung belakang. Sabuk pengaman sudah dirancang oleh pabriknya sesuai dengan bentuk pundak manusia.

Jadi, kenyamanan sabuk saat digunakan tentu sudah menjadi hal yang sangat diperhatikan oleh para produsen mobil. Pakai sabuk bagian atas di depan dada, dan jangan menaruhnya di belakang, karena itu akan sia-sia.

Perhatikan Tali Sabuk Pengaman Bagian Bawah

Setelah Anda menggunakan sabuk yang berada di bagian atas secara benar, selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah sabuk bagian bawah. Pakai tali sabuk bagian bawah secara tepat di atas pinggang. Sabuk pengaman akan melindungi panggul Anda dengan kekuatan yang dimilikinya.

Dengan begitu, tubuh Anda tak akan terlempar jauh jika tiba-tiba terjadi kecelakaan. Bukankah akan sangat mengerikan jika sabuk tidak Anda pakai secara benar kemudian mengalami kecelakaan. Ini akan menjadi sangat fatal dalam kondisi tertentu.

Perhatikan Pula Posisi Duduk

Cara pemasangan sabuk pengaman yang benar juga harus memperhatikan bagaimana posisi Anda duduk. Ketika Anda menggunakan sabuk pengaman, gunakan dengan posisi duduk tegak. Tempatkan punggung Anda sejajar dengan sandaran kursi.

👉 TRENDING :   Mobil SUV Murah dan Irit yang Recomended Dipilih di 2022

Hindari menurunkan sandaran kursi karena merasa nyaman dengan posisi yang demikian. Anda perlu memahami bahwa saat menurunkan posisi kursi secara berlebihan dan kemudian terjadi kecelakaan, sabuk pengaman mungkin saja akan melewati pinggang.

Jika hal tersebut terjadi, perut akan tertahan oleh sabuk pengaman dan bisa saja akan menyebabkan cidera lebih serius. Tidak ingin hal semacam itu terjadi bukan? Maka dari itu, gunakan sabuk pengaman dengan baik dan benar sesuai standar keselamatan berkendara.

Sebelum Digunakan, Pastikan Sabuk Tidak Terpelintir

Tali sabuk pengaman harus digunakan secara rata, tidak boleh ada yang terpelintir. Jika sabuk pengaman yang Anda gunakan posisinya bengkok atau terpelintir, sudah pasti sabuk tersebut tidak akan bisa berfungsi secara efektif.

Akibatnya, sabuk pengaman tidak memiliki kekuatan yang cukup untuk melindungi para penumpang kendaraan. Padahal, fungsi utama dari sabuk pengaman adalah sebagai alat keselamatan.

Pastikan Sabuk Pengaman Benar-Benar Telah Terkunci

Setelah semua cara pemasangan sabuk pengaman yang benar sudah Anda lakukan sesuai petunjuk, langkah terakhir adalah memastikan sabuk sudah benar-benar terkunci. Pastikan ketika Anda menguncinya sudah terdengar suara klik.

Jika suara klik tersebut belum terdengar, berarti sabuk belum terkunci. Jika sudah terkunci dengan benar, untuk memastikan keamanan dan kekuatan sabuk pengaman, Anda bisa mencoba menariknya. Jika terlepas, tandanya sabuk belum sesuai posisinya dan tidak bisa melindungi tubuh.

Menggunakan sabuk pengaman memang harus benar-benar sesuai dengan pentunjuk yang tertera dalam standar keamanan. Hal tersebut tidak lain demi melindungi keselamatan Anda saat berkendara. Jadi, jangan malas untuk mematuhinya agar tetap aman dalam kondisi darurat.