Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Samsung Galaxy M20
Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Samsung Galaxy M20

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Samsung Galaxy M20

Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Samsung Galaxy M20

Kartu Sd adalah salah satu cara untuk menyimpan aplikasi dan lainnya di perangkat Android Anda. Dengan memindahkan aplikasi ke kartu SD, Anda dapat meningkatkan kapasitas memori pada perangkat Anda. Cara terbaik untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD Samsung M20 adalah dengan menggunakan aplikasi Manajer Aplikasi. Aplikasi ini dapat diunduh dari Google Play Store dan merupakan alat yang paling cocok untuk mengatur aplikasi yang terinstal di perangkat Anda.

Setelah Anda membuka aplikasi Manajer Aplikasi, Anda dapat mencari aplikasi yang ingin Anda pindahkan ke kartu SD. Setelah menemukannya, Anda dapat memilih opsi “Pindahkan ke kartu SD”. Aplikasi akan dengan otomatis dipindahkan ke kartu SD dan Anda dapat menikmati kapasitas memori tambahan yang ditawarkannya.

Banyak alasan mengapa seseorang memilih untuk memindahkan file mereka kedalam kartu SD, diantara alasannya adalah karena memory internal hp mereka tergolong kecil atau sedikit yang jika semua file tersebut penuh dan tidak segera dipindahkan maka nantinya akan menimbulkan berbagai masalah pada ponsel mereka. Beberapa masalah tersebut diantaranya adalah gagal saat mengunduh file di internet, kecepatan ponsel menurun, sering ngelag atau hang, dan masih banyak lagi.

Jika memori internal ponsel Anda penuh, maka Anda mungkin akan mengalami masalah saat menginstal aplikasi baru atau menyimpan file baru. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini:

  1. Hapus aplikasi yang tidak digunakan: Anda dapat menghapus aplikasi yang tidak pernah atau jarang Anda gunakan dengan cara mengakses menu Aplikasi di pengaturan ponsel Anda, kemudian mencari aplikasi yang ingin Anda hapus dan mengetuk tombol “Hapus”.
  2. Hapus file tidak terpakai: Anda dapat mencari dan menghapus file yang tidak terpakai seperti foto, video, dan musik yang sudah tidak Anda gunakan lagi. Anda dapat menemukan file tersebut dengan menggunakan aplikasi Manajer File atau dengan menggunakan penjelajah file di ponsel Anda.
  3. Pindahkan aplikasi ke kartu SD: Jika ponsel Anda dilengkapi dengan slot kartu SD, Anda dapat memindahkan aplikasi ke kartu SD untuk menghemat ruang penyimpanan internal. Anda dapat memindahkan aplikasi ke kartu SD dengan mengikuti langkah-langkah yang telah disebutkan di jawaban sebelumnya.
  4. Bersihkan cache aplikasi: Beberapa aplikasi dapat menyimpan file cache yang tidak terlalu penting, tetapi dapat mengisi ruang penyimpanan internal secara bertahap. Anda dapat membersihkan cache aplikasi dengan mengakses menu Aplikasi di pengaturan ponsel Anda, kemudian mencari aplikasi yang ingin Anda bersihkan cache-nya dan mengetuk tombol “Bersihkan cache”.
  5. Ganti ke memori eksternal: Jika Anda sudah mencoba semua langkah di atas tetapi masalah memori internal penuh masih belum teratasi, Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk menambahkan memori eksternal seperti kartu SD atau flash drive untuk menyimpan file-file Anda.
👉 TRENDING :   Cara Membuat Kartu Ucapan Lebaran Yang Unik Dan Mudah

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Samsung M20

1. Nyalakan Samsung M20 Anda.
2. Masuk ke menu Pengaturan.
3. Pilih Aplikasi dan Pembaruan.
4. Pilih Aplikasi.
5. Pilih Aplikasi yang ingin Anda pindahkan.
6. Pilih Opsi Pindahkan ke SD Card.
7. Pindai Kartu SD Anda.
8. Pilih Opsi Pindahkan ke SD Card.
9. Tunggu sampai proses selesai.
10. Selesai, Aplikasi telah dipindahkan ke Kartu SD Samsung M20 Anda.

Jenis Aplikasi yang Dapat Dipindahkan ke Kartu SD di Samsung M20

Beberapa jenis aplikasi yang dapat dipindahkan ke kartu SD di Samsung M20 adalah: Foto, Video, Musik, Dokumen, dan Aplikasi. Pendahuluan kartu SD yang dapat digunakan adalah yang sesuai dengan kapasitas yang didukung oleh Samsung M20, yaitu hingga 512GB. Sebagai tambahan, pengguna juga dapat menggunakan kartu microSDXC yang sesuai dengan kapasitas yang didukung. Ketika memindahkan aplikasi, pengguna harus memastikan bahwa kartu SD memiliki cukup ruang untuk mendukung aplikasi itu.

Kesimpulan

Kesimpulan dari cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Samsung M20 adalah bahwa prosesnya cukup mudah. Anda hanya perlu mengaktifkan Pengelola File, memasang kartu SD, memindahkan aplikasi ke kartu SD, dan menonaktifkan Pengelola File setelah pemindahan selesai. Dengan cara tersebut, Anda dapat dengan mudah memindahkan aplikasi ke kartu SD Samsung M20.