Cara Menghilangkan Cat Terkelupas Pada Mobil
Cara Menghilangkan Cat Terkelupas Pada Mobil

Cara Menghilangkan Cat Terkelupas Pada Mobil

Cat kendaraan kesayangan Anda terkelupas dan bingung bagaimana cara menghilangkan cat terkelupas pada mobil? Tenang, karena admin mempunyai beberapa solusi yang bagus. Cat mobil yang terkelupas sebenarnya bisa dihilangkan dengan membawanya ke bengkel. Namun, jika Anda ingin melakukannya sendiri di rumah, berikut langkah-langkah yang bisa dijadikan panduan.

Cara Menghilangkan Cat Terkelupas Pada Mobil yang Beret

Kenali Terlebih Dahulu Jenis Robekannya

Sebelum Anda menerapkan cara-cara menghilangkan cat yang terkelupas, kenali dulu jenis robekan atau goresannya. Sebelum Anda mengenal jenis robekan cat yang terkelupas tersebut, pasti akan sulit menentukan penanganan seperti apa yang bisa dilakukan.

Penanganan cat terkelupas dengan robekan yang berat berbeda dengan yang robekannya ringan. Oleh karena itu, tentukan jenis robekannya dulu, baru kemudian mulai memperbaikinya.

Gunakan Kompon Berwarna Putih

Setelah Anda mengetahui jenis robekan dan ternyata tidak terlalu berat, maka cat mengelupas bisa dihilangkan dengan menggunakan kompon putih. Kompon putih bisa Anda dapatkan dari bengkel atau toko sparepart mobil terdekat.

Oleskan kompon tersebut ke bagian cat yang mengelupas menggunakan kain lembut. Diamkan dulu selama beberapa menit saja supaya kompon merekat dengan bagian yang lainnya. Setelah itu, gosok permukaan mobil yang diberi cat tersebut menggunakan kain bersih.

Gosok-gosok sampai bekas goresannya menghilang. Jika memungkinkan, sebaiknya Anda juga memakai pelindung cat agar hasil proteksinya lebih maksimal.

Gunakan Cat dengan Warna Senada

Nah, berbeda lagi jika cat yang terkelupas tersebut menghasilkan goresan berat. Cara menghilangkan cat terkelupas pada mobil adalah dengan menggunakan cat berwarna senada. Goresan bisa dikatakan berat apabila lapisan dempulnya sampai terlihat.

Warna yang senada nantinya digunakan untuk menutupi permukaan yang mengelupas. Prosesnya lumayan mudah, Anda tinggal mengoleskan cat menggunakan kuas. Biarkan sebentar sampai kering, kemudian oles dengan kompon yang berwarna kuning.

👉 TRENDING :   Cara Membersihkan Jok Mobil Kulit Sintetis dengan Optimal

Coba Pakai Touch Pen

Selain menggunakan cara-cara yang telah dijelaskan sebelumnya. cara lain yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan touch pen. Touch pen atau pena sentuh dapat digunakan untuk menghilangkan karat atau silikon yang terdapat pada cat mobil.

Penggunaan touch pen semacam ini akan memberikan hasil yang tak kalah memuaskan. Bekas permukaan mobil yang diperbaiki pun tidak terlihat.

Coba Gunakan yang Bertipe Spray

Selain menggunakan cat dengan warna senada, goresan yang masuk dalam kategori berat bisa diatasi dengan penggunaan spray. Akan tetapi, cara yang satu ini membutuhkan tenaga ahli dalam prosesnya.

Cara menghilangkan cat terkelupas menggunakan spray tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang. Hal tersebut bertujuan supaya hasil yang diperoleh tidak mengecewakan.

Bersihkan Bagian yang Catnya Mengelupas

Sebelum beranjak ke proses pengecatan, Anda perlu membersihkan bagian yang mengelupas terlebih dulu. Jika sudah dibersihkan, sudah tentu kotoran yang tadinya menempel akan hilang. Proses pengecatan pun dapat dilakukan dengan lebih maksimal.

Silahkan Oleskan Cat

Setelah bagian yang terkelupas selesai dibersihkan, mobil bisa dicat lagi. Oleskan cat pada bagian yang terkelupas. Meskipun warna yang dioleskan sama dengan warna asli, tetap perhatikan jika mungkin ada cat yang menetes. Jika Anda mendapatinya, segera bersihkan.

Diamkan Sampai Cat Mengering

Pada umumnya, cat mobil akan kering dalam waktu kurang lebih 1 jam. Nah, pada saat Anda mengecat permukaan mobil jangan tergesa-gesa memakainya. Biarkan cat mengering terlebih dulu baru kemudian bisa digunakan.

Bagaimana, sulitkah menghilangkan cat terkelupas sendiri? Cara menghilangkan cat terkelupas pada mobil ini sebenarnya cukup mudah bukan? Sebagian dari Anda mungkin menganggapnya mudah. Namun, jika tidak berpengalaman, mungkin ada juga yang menganggapnya sulit.