Bagaimana Cara Merawat Ban Mobil Agar Awet? Simak Disini Panduannya
Bagaimana Cara Merawat Ban Mobil Agar Awet? Simak Disini Panduannya

Bagaimana Cara Merawat Ban Mobil Agar Awet? Simak Disini Panduannya

Tidak kalah penting dari bodi yang harus terlihat bagus, ban mobil juga harus selalu mendapatkan perawatan agar lebih awet. Sebab, ban mobil sangat berpengaruh terhadap kenyamanan Anda dan keluarga ketika sedang bepergian. Harga ban mobil yang relatif mahal, sudah seharusnya tidak membiarkannya cepat rusak. Cara merawat ban mobil agar awet sebenarnya cukup mudah, hanya saja harus dilakukan dengan rutin dan maksimal.

Setiap pemilik mobil tentu menginginkan ban mobil menjadi lebih awet, bukan? Untuk itu, mari simak cara-cara yang bisa Anda terapkan dalam perawatan ban mobil agar lebih awet berikut ini.

Cara Merawat Ban Mobil Agar Awet dengan Benar

Gunakan Ban Mobil Yang Sesuai

Menggunakan ban mobil yang memenuhi standar adalah kunci agar ban awet. Gunakan jenis ban mobil yang sesuai jenis mobil. Setiap jenis mobil memiliki ukuran dan bobot yang berbeda, sehingga pemilihan jenis yang tepat akan berpengaruh pada usia ban mobil.  

Selalu Periksa Tekanan Angin Pada Ban Mobil

Tips yang selanjutnya untuk membuat ban mobil awet yakni mengecek tekanan angin pada ban mobil, khususnya ketika akan melakukan perjalanan jauh. Tekanan ban mobil yang kurang bisa membuatnya menjadi lebih boros.

Namun, jika terlalu keras, maka akan membuat permukaan ban mobil menjadi halus lebih cepat. Jika permukaan ban mobil halus, maka akan berpotensi untuk membahayakan penumpang dan pengemudi di dalamnya. Oleh karena itu, memeriksa tekanan ban mobil sangatlah penting.

Rutin Melakukan Spooring And Balancing

Melakukan spooring dan balancing berguna untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan Anda ketika berkendara menggunakan mobil. Biasanya, spooring dan balancing dilakukan ketika mengganti ban baru, kemudi mobil yang tidak stabil, dan ban mobil bergetar pada kecepatan tertentu.

👉 TRENDING :   5 Rekomendasi Merk Tape Mobil Yang Bagus Dan Murah 2022

Namun, sebaiknya Anda rutin melakukan spooring dan balancing. Setidaknya lakukan 4 bulan sekali agar ban mobil menjadi lebih awet serta keamanan dan kenyamanan berkendara pun terjaga.

Rutin Mengecek Kondisi Fisik Ban Mobil

Cara merawat ban mobil agar awet yang selanjutnya yakni mengecek kondisi fisik ban mobil Anda secara berkala. Untuk mengecek kondisi ban mobil, Anda tidaklah harus pergi ke bengkel.

Namun, Anda bisa melakukan pengecekan ringan seperti melihat apakah ada sayatan atau benjolan pada dinding ban atau tidak. Jika ternyata ada masalah pada dinding ban, maka Anda perlu membawa mobil ke bengkel untuk mendapatkan pengecekan lebih lanjut.

Apabila tidak dibawa ke bengkel, hal tersebut bisa mengurangi daya tahan dari ban. Kemungkinan yang terburuk, ini bisa menyebabkan ban meledak.

Memasang Tutup Pentil Ban Mobil

Menutup tutup pentil ban mobil berfungsi untuk mencegah adanya kebocoran dan berkurangnya tekanan angin pada ban mobil. Karena jika tekanan angin ban mobil berkurang, maka keawetan ban mobil juga terpengaruh.

Rajin Mengecek Kondisi Velg

Velg adalah sebuah komponen penunjang untuk ban mobil. Maka dari itu, kondisi velg haruslah selalu baik agar performa ban mobil juga baik.

Jika velg berkarat atau keropos, maka memungkinkan untuk merobek atau menyayat bagian karet ban mobi. Jadi, gantilah velg jika kondisinya sudah tidak bagus lagi agar tidak membuat ban mobil robek atau tersayat.

Membawa Barang Secukupnya

Tanpa disadari, membawa barang atau muatan yang berlebihan dapat membuat ban mobil menjadi lebih cepat rusak. Jadi, jika Anda ingin ban mobil menjadi lebih awet, sebaiknya tidak membawa muatan yang berlebihan.

Menghindari Jalan Berlubang

Cara merawat ban mobil agar awet yang selanjutnya yakni dengan menghindari jalan berlubang dalam penggunaannya. Hal ini karena ban mobil bisa mendapatkan hentakan yang besar di jalan berlubang, sehingga menyebabkan ban mobil menjadi cepat rusak.

Rutin Mengecek Ban Mobil Ke Bengkel

Untuk membuat ban mobil lebih awet tentu diperlukan sebuah perawatan. Oleh karena itu, Anda perlu mengecekkan ban mobil secara rutin ke bengkel untuk mendapatkan perawatan dan pengecekan lebih lanjut.