Pengertian dan Cara Spooring Ban Mobil Manual yang Benar
Pengertian dan Cara Spooring Ban Mobil Manual yang Benar

Pengertian dan Cara Spooring Ban Mobil Manual yang Benar

Mengetahui cara spooring ban mobil manual penting untuk menjaga kenyamanan Anda saat sedang berkendara. Selain itu, spooring juga penting untuk menjaga keamaan bagi para pengendara mobil, kerena spooring berperan untuk menjaga kualitas kemudi atau steering.

Maka dari itu, Anda sebaiknya melakukan spooring secara rutin pada mobil. Melakukan spooring pada ban mobil sebenarnya bisa dilakukan secara manual. Nah, bagaimana caranya? Sebelum mengetahui caranya, ketahui terlebih dahulu pengertian dan tujuan dari dari spooring ban mobil.

Pengertian Spooring

Spooring yaitu sebuah proses yang bertujuan untuk menyeimbangkan dan menyamakan roda-roda pada mobil yang berlawanan. Sebagai contoh, spooring berfungsi untuk menyelaraskan roda mobil bagian depan sebelah kanan dengan roda mobil bagian depan sebelah kiri.

Proses dari spooring ini membutuhkan beberapa alat seperti, caster, toe angle, turning radius, dan chamber. Spooring juga memiliki banyak manfaat untuk mobil Anda, seperti membuat kemudi menjadi ringan, menjaga kestabilan kendaraan, mencegah kendaraan belok sendiri, dan lainnya.

Tujuan Spooring

Setelah mengetahui pengertian dari spooring di atas, lantas apa tujuan dan fungsi dari spooring? Fungsi dari proses spooring adalah untuk membuat keausan pada ban mobil menjadi sama atau merata. Dengan demikian, kenyamanan dan pengendalian mobil selalu terjaga.

Selain itu, spooring juga berfungsi untuk mencegah efek limbung, sehingga berkendara menjadi senantiasa aman dan terjamin. Tujuan lainnya yakni untuk membuat kondisi ban dalam keadaan selalu stabil, khususnya ketika kendaraan sedang melaju dalam kecepatan yang tinggi.

Untuk senantiasa mendapatkan manfaat tersebut, Anda perlu melakukan spooring secara rutin. Setidaknya lakukan setiap empat bulan sekali atau ketika mobil telah melaju sekitar 15.000 km.

Cara Spooring Ban Mobil dengan Baik dan Benar

Cara spooring ban mobil manual yang pertama yaitu, Anda perlu memastikan bahwa keempat ban mobil memiliki ukuran yang sama dan merek yang sama. Untuk mengetahui ukuran ban mobil, carilah tulisan seperti ‘215/65R16’. Kode tersebut berarti ban memiliki lebar 215 mm dan tinggi 65 mm.

👉 TRENDING :   Cara Mengatasi Ban Mobil Tubeless Bocor Halus yang Efektif

Sedangkan, R16 adalah kode untuk ukuran velg ring yakni 16 inch. Memastikan ukuran ban yang sama berfungsi untuk memudahkan Anda untuk menyelaraskan keempat ban mobil. Setelah menyamakan ukuran ban dan mereknya, langkah selanjutnya yaitu menyiapkan benang kasur.

Selain benang kasur, Anda juga perlu menyiapkan benang bangunan. Langkah yang selanjutnya yaitu dengan membentangkan benang tersebut untuk melingkari keempat ban mobil.

Pastikan bentangan tepat berada pada titik sumbu as keempat ban mobil dan tanpa halangan. Selanjutnya, amati kerenggangan antara benang yang menempel pada ban depan dan belakang untuk mengetahui keselarasan dari keempat ban mobil.

Jika benang yang telah menempel di masing-masing sisi ban, maka dapat dianggap keempat ban telah selaras. Namun, jika ternyata ada jarak atau kerenggangan, maka perlu dilakukan spooring dengan menggunakan tie rod pada ban yang belum lurus.

Apabila benang sudah benar-benar menempel pada masing-masing sisi ban, maka ban dianggap sudah lurus. Sebaliknya, jika masih ada kerenggangan maka perlu di spooring, dengan menyetel tie rod pada roda yang belum lurus.

Apa itu tied rod? Tie rod yaitu sebuah komponen yang berfungsi untuk menggerakkan ban ke kanan dan ke kiri. Untuk mengecek apakah spooring berhasil atau tidak, coba jalankan mobil di jalan dan rasakan apakah setir sudah stabil atau tidak. Jika sudah stabil, maka spooring berhasil.

Nah, itulah cara spooring ban mobil manual yang perlu Anda ketahui. Sekian penjelasannya dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.