Cara Ampuh Menghilangkan Baret pada Mobil Hitam
Cara Ampuh Menghilangkan Baret pada Mobil Hitam

Cara Ampuh Menghilangkan Baret pada Mobil Hitam

Baret pada mobil terlebih lagi yang berwarna hitam tentu akan sangat mengurangi nilai estetikanya. Sebab itu, bagi Anda yang punya mobil warna ini, maka wajib tahu cara menghilangkan baret pada mobil hitam. Nah, untuk mengetahuinya, silahkan simak ulasannya berikut.

Cara Menghilangkan Baret Pada Mobil Hitam

Silahkan Periksa Jenis Goresan Terlebih Dulu

Sebelum Anda mulai menghilangkan baret yang terdapat pada mobil hitam, sebaiknya periksa terlebih dahulu jenis goresannya untuk mengetahui kedalamannya. Jika ketika goresan yang terlihat tidak terasa ketika Anda merabanya, itu artinya baret tidak terlalu dalam.

Nah, jika Anda melihat goresan dan terasa saat merabanya, sudah bisa dipastikan bahwa goresan pada mobil tersebut lumayan dalam. Namun, meskipun goresannya cukup dalam Anda tidak perlu khawatir.

Yang terpenting adalah, goresannya tidak sampai pada cat primernya. Jadi, goresan masih bisa ditangani tanpa perlu membawanya ke bengkel.

Gunakan Pasta Gigi

Tak banyak diketahui, pasta gigi ternyata bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan baret. Hal tersebut dikarenakan, pasta gigi memiliki kemampuan menghilangkan goresan setara dengan kemampuan kertas amplas. Pasta gigi pun tentunya jauh lebih aman digunakan.

Zat abrasif yang terkandung dalam pasta gigi akan mengikis lapisan sekitar goresan. Dengan demikian, permukaannya akan tampak lebih rata dan halus. Jika Anda hendak menerapkannya, silahkan oleskan pasta gigi pada area yang terlihat baret dan sekitarnya.

Diamkan olesan tersebut selama kurang lebih 15 sampai 20 detik saja. Setelah itu, basahi menggunakan air bersih, lalu seka menggunakan lap sampai kering.

Gunakan Cairan dan Peralatan Penghilang Baret

Cara menghilangkan baret pada mobil hitam yang ketiga adalah dengan menggunakan cairan atau peralatan penghilang baret. Berkat kemajuan teknologi, saat ini banyak terdapat berbagai macam peralatan yang bisa dipilih untuk menghilangkan baret pada mobil.

Bentuknya pun variatif, ada yang berupa cairan dan ada yang seperti spidol. Cara menggunakannya pun hampir sama, cukup dengan mengoleskannya pada bagian yang tergores dan ulangi beberapa kali.

👉 TRENDING :   Cara Mengkilapkan Cat Mobil Warna Hitam Pekat

Pengolesan peralatan penghilang baret yang berupa cairan bisa dilakukan langsung menggunakan tangan. Oles secara merata, setelah itu Anda bisa menggosoknya menggunakan kain yang berbahan microfiber agar cairannya bisa lebih rata.

Gosok-gosok dengan teknik melingkar dan sambil sedikit ditekan. Ulangi selama beberapa kali sampai Anda mendapati hasil yang maksimal.

Gunakan Kompon

Cara menghilangkan baret yang terakhir adalah dengan menggunakan kompon. Kompon yang digunakan pada umumnya adalah kompon poles. Salah satu bahan kimia yang bentuknya krim dan memiliki fungsi mengikis lapisan cat di sekitar goresan.

Cat yang berhasil terkikis akan dapat menyamarkan baret. Nah, untuk menggunakan kompon poles sebagai penghilang baret Anda, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencuci mobil sampai benar-benar bersih. Pastikan tidak ada debu maupun kotoran yang masih menempel.

Setelah itu, Anda bisa memoles area mobil yang baret menggunakan kompon poles. Pemolesan harus dilakukan secara merata dan tidak terburu-buru. Namun, tetap harus cepat agar kompon tidak mengering.

Saat pemolesan, Anda tidak perlu terlalu menekannya keras agar tidak banyak cat yang ikut terkikis. Jika semua bagian yang tergores sudah dipoles, Anda kemudian bisa membilasnya dengan air. Lalu, keringkan sampai benar-benar kering dan beri wax agar bodi mobil tampak lebih mengkilap.

Baret yang terdapat pada mobil hitam tentu sangat mengganggu tampilannya. Oleh karena itu, tak heran jika banyak orang mencari cara menghilangkan baret pada mobil hitam. Nah, dengan mengikuti cara-cara di atas, sudah bisa dipastikan mobil Anda akan terlihat mulus kembali.