Cara Menghilangkan Bau Karpet Dasar Mobil Agar Lebih Nyaman
Cara Menghilangkan Bau Karpet Dasar Mobil Agar Lebih Nyaman

Cara Menghilangkan Bau Karpet Dasar Mobil Agar Lebih Nyaman

Menjaga kenyamanan di dalam mobil memang sangat penting, mulai dari jok mobil sampai  ke masalah karpet. Berbicara mengenai karpet, komponen ini sering menimbulkan bau tidak sedap pada mobil. Lalu, bagaimana cara menghilangkan bau karpet dasar mobil ini?

Menghilangkan bau pada karpet pada dasarnya memang harus dilakukan sesegera mungkin. Jika tidak segera dihilangkan maka bau tersebut akan mengganggu kenyamanan selama berkendara. Untuk langkah-langkahnya sendiri, Anda bisa simak penjelasannya di bawah ini.

Berikut Cara Menghilangkan Bau Karpet Dasar Mobil

Keluarkan Karpet Mobil

Langkah awal yang harus dilakukan yaitu mengeluarkan karpet mobil tersebut terlebih dahulu. Apabila bau yang muncul tersebut hanya di salah satu sisi karpet saja, maka jangan hanya keluarkan yang itu saja. Tetap keluarkan karpet mobil secara keseluruhan.

Jika sudah, maka bersihkan sekaligus. Dengan begitu, wanginya pun akan merata dan tidak hanya tercium pada satu karpet saja.

Basahi Karpet

Jika sudah dikeluarkan, maka Anda bisa langsung membasahi karpet mobil tersebut menggunakan air bersih. Caranya sendiri sangat mudah, Anda bisa memulainya dengan membasahi seluruhnya, termasuk yang ada di bagian belakang.

Agar kotoran dan noda pun akan menjadi lebih cepat hilang, lebih baik gunakan air yang agak banyak dengan tekanan yang tinggi. Sebenarnya, ini belum masuk cara menghilangkan bau karpet dasar mobil yang inti, melainkan masih di tahap pembersihan karpet mobil.

Bau yang muncul dari karpet mobil ini bisa saja terjadi karena ada kotoran, bakteri, maupun kuman yang menumpuk pada karbet. Jik dibiarkan, karpet mobil pun akan menjadi lebih mudah bau. Karena itulah karpet yang kotor perlu dibersihkan terlebih dahulu.

Gunakan Sabun yang Wangi

Sama halnya dengan cara membersihkan bagian interior mobil lainnya, menghilangkan bau karpet pun juga bisa Anda lakukan menggunakan sabun. Anda tinggal menambahkan beberapa tetes sabun secukupnya ke seluruh area permukaan karpet.

👉 TRENDING :   Cara Meratakan Cat Mobil yang Tidak Rata dengan Benar

Campurkan sabun tadi dengan air bersih, lalu ratakan secara menyeluruh.  Pastikan menggunakan sabun yang baunya wangi agar bau tidak sedap pada karpet pun bisa hilang. Jangan lupa juga untuk memilih jenis sabun yang aman untuk karpet mobil.

Untuk meratakan sabun sendiri, Anda bisa menyikat karpet menggunakan sikat yang lebar dan lembut. Proses ini juga akan memberikan nilai plus untuk membuat karpet semakin bersih, selain baunya lebih wangi.

Cuci Kembali Dengan Air Bersih

Setelah cara menghilangkan bau karpet dasar mobil di atas selesai, maka Anda tinggal mencucinya kembali menggunakan air bersih. Agar hasilnya lebih maksimal, Anda bisa mengulagi pembilasan kotoran pada karpet mobil saat sedang menyikatnya jika dibutuhkan.

Caranya sendiri sama persis dengan yang sebelumnya, di mana Anda hanya tinggal mencuci seluruh permukaan dan sisinya saja. Jangan lewatkan di bagian sabunnya tadi agar bisa ikut menghilang dan hanyut bersama air.

Pastikan juga bahwa pembilasan yang terakhir ini sudah benar-benar bersih. Jangan sampai ada sabun dan kotoran yang masih tersisa.

Jemur Karpet Hingga Kering

Setelah seluruh langkah di atas selesai, karpet mobil tadi pun tinggal dijemur sampai kering. Anda perlu memastikan bahwa karpet benar-benar kering sebelum dimasukkan ke dalam mobil.

Jika karpet dimasukkan dalam kondisi basah, maka ini akan membuatnya menjadi tempat tumbuhnya kuman. Kuman tersebut akan menimbulkan bau tidak sedap kembali pada karpet.

Saat karpet sudah benar-benar kering, cium baunya, dan pastikan bau tidak sedapnya sudah hilang. Anda juga bisa menambahkan pewangi khusus untuk membuat baunya semakin harum.