Cara Menghilangkan Cat di Ban Mobil dengan Mudah dan Bersih
Cara Menghilangkan Cat di Ban Mobil dengan Mudah dan Bersih

Cara Menghilangkan Cat di Ban Mobil dengan Mudah dan Bersih

Melakukan pengecatan pada bagian bawah mobil untuk modifikasinya memang membutuhkan ketelitian tinggi. Jika tidak hati-hati, maka cat semprot ini bisa mengenai bagian pinggir atau permukaan ban. Jika terlanjut, cara menghilangkan cat di ban mobil ini tidak mudah dan banyak yang kesulitan akan hal ini.

Menghilangkan cat pada ban akan jauh lebih sulit jika kondisinya sudah mengering dan terlalu lama. Anda bahkan membutuhkan tenaga ekstra untuk membersihkannya. Berikut ini beberapa cara praktis dan mudah untuk menghilangkan noda cat pada ban mobil yang wajib disimak.

4 Cara Menghilangkan Cat di Ban Mobil yang Terbukti Ampuh

Membersihkan Cat dengan Thinner

Thinner merupakan cairan yang memiliki fungsi untuk melarutkan atau mencampurkan cat. Anda bisa memanfaatkan cairan tersebut untuk menghilangkan cat pada ban mobil dengan mudah. Selain itu, thinner dapat membersihkan sisa clear coat yang menempel pada badan mobil

Langkah pertama, siapkan cairan thinner jenis A secukupnya dan kain yang kering serta bersih. Kemudian, Anda bisa mengoleskannya dengan menggunakan kain secara perlahan dan merata. Diamkan beberapa saat sampai thinner bereaksi lalu gosok ban memakai kain lap bersih dan kering.

Anda perlu mengganti lap kotor dengan yang baru supaya bekas cat tidak menyebar ke permukaan ban mobil lainnya. Pastikan untuk berhati-hati ketika menggosok kain agar ban tidak rusak. Dengan begitu, bekas cat pada mobil pun akan berkurang dan terlihat lebih bersih.

Memakai Kompon Putih

Tidak hanya untuk mengkilapkan kendaraan bermotor, ternyata komponen putih bisa menghilangkan cat yang menempel pada ban mobil secara efektif. Cukup oleskan komponen putih pada permukaan ban secara merata, lalu tunggu sampai cairan bereaksi.

Setelah itu, bersihkan cat yang menempel dengan lap kering. Gosoklah secara perlahan dengan sedikit tekanan agar cat memudar. Lakukan hal tersebut beberapa kali hingga ban mobil benar-benar bersih dan tanpa noda cat yang tertinggal.

👉 TRENDING :   Daftar Mobil MPV dengan Suspensi Terbaik di Tahun 2022

Mengamplas Bagian Ban yang Terkena Cat

Amplas bisa menjadi salah satu alternatif membersihkan cat dari permukaan ban yang praktis dan murah. Anda bahkan bisa menggunakan amplas bekas yang tidak terpakai di rumah. Jenis amplas yang dipakai biasanya memiliki permukaan sedikit kasar, yaitu nomor 120.

Cobalah menghapusnya dengan mengamplas permukaan ban berkali-kali secara perlahan. Lakukan salah satu cara menghilangkan cat di ban mobil ini saat kondisinya kering. Jika kondisi amplas basah, maka noda cat akan semakin sulit dihilangkan dan memakan waktu yang cukup lama.

Menghilangkan Cat pada Ban Menggunakan Bensin

Terakhir, Anda dapat menggunakan bensin untuk membersihkan ban dari bekas cat yang menempel. Anda hanya memerlukan bensin secukupnya dan kain bersih untuk mengelap bekas cat. Setelah itu, oleskan pada permukaan ban yang terdapat bekas cat secara merata.

Lalu, gosok bagian tersebut menggunakan kain bersih hingga noda berkurang. Teteskan bensin berulang kali apabila noda cat masih menempel dan sulit dihilangkan. Biasanya cat yang sudah mengering selama beberapa hari akan lebih susah dibersihkan.

Apabila Anda ingin mengecat bagian velg mobil, disarankan untuk menutupnya menggunakan kertas atau plastik terlebih dahulu. Segera bersihkan noda cat secara langsung ketika selesai mengecat velg mobil agar prosesnya menjadi lebih mudah dan tidak menghabiskan waktu maupun tenaga.

Itulah beberapa cara menghilangkan cat di ban mobil yang mudah dan efektif. Proses satu ini memang tidak boleh asal dan harus sesuai dengan petunjuk. Jika cat pada ban mobil susah dihilangkan, Anda bisa meminta bantuan ahli untuk membersihkannya agar hasilnya kian maksimal.