Cara Merawat Ban Mobil Yang Tidak Terpakai dengan Benar
Cara Merawat Ban Mobil Yang Tidak Terpakai dengan Benar

Cara Merawat Ban Mobil Yang Tidak Terpakai dengan Benar

Sebagai pemilik mobil, sudah seharusnya menyiapkan ban cadangan untuk berjaga-jaga ketika perjalanan jauh. Ban mobil yang tidak terpakai itu butuh perawatan supaya tetap berfungsi maksimal pada saat dibutuhkan. Anda bisa menyimpan ban untuk waktu yang lama, karena ban tidak mempunyai waktu kadaluarsa. Cara merawat ban mobil yang tidak terpakai cukup mudah dilakukan asal mengetahui langkah-langkahnya.

Keuntungan ban mobil yang tidak bisa kadaluarsa tersebut membuatnya selalu tahan lama. Agar tambah awet, maka ban tersebut harus dirawat agar kondisinya tetap baik. Kira-kira hal apa saja yang bisa dilakukan untuk merawat ban mobil yang tidak dipakai? Simak ulasannya di bawah ini.

Cara Merawat Ban Mobil yang Tidak Terpakai Supaya Awet

Menyimpannya Di Tempat Yang Aman

Hal pertama yang bisa dilakukan yaitu menyimpan ban yang tidak terpakai di tempat yang aman. Tempat yang aman tersebut antara lain harus bersih, sirkulasi udara baik, dan masuknya cahaya matahari yang tidak berlebihan dan tidak kurang.

Anda bisa menyimpannya di garasi atau gudang. Ruang tersebut bisa menjadi tempat yang sesuai dan tidak lembab. Kondisi yang lembab akan dapat menimbulkan jamur yang menempel pada permukaan ban akibat sinar matahari langsung, tetesan air hujan, atau semacamnya.

Garasi dan gudang juga memiliki suhu kamar yang sesuai. Ruangan penyimpanan tersebut juga wajib dibersihkan secara rutin agar tidak ada kotoran yang menempel atau mengenai ban. Ban yang terlihat kotor bisa langsung dibersihkan dengan lap bersih atau kemoceng.

Memposisikan Ban Dalam Keadaan Benar

Setelah menempatkan ban yang tidak terpakai di gudang atau garasi yang bersih, hal selanjutnya yang wajib diperhatikan yaitu cara Anda meletakkan ban. Dianjurkan untuk memposisikan ban tersebut dalam keadaan berdiri dengan sedikit menempel di dinding, dan jangan dibiarkan tidur di lantai.

Dibiarkan terlentang di lantai saja tidak dianjurkan, apalagi ditumpuk. Jika ingin menumpuknya, maka maksimal hanya boleh menumpuk ban sebanyak 10. Jangan terlalu banyak dalam menumpuk ban agar kualitasnya tidak menurun. Ban yang diletakkan langsung di lantai juga akan lebih mudah kotor.

👉 TRENDING :   Mobil Pick Up yang Sudah Power Steering dan Nyaman Untuk Bepergian

Memperhatikan Tekanan Angin Ban

Cara merawat ban mobil yang tidak terpakai berikutnya adalah memperhatikan tekanan angin ban tersebut. Mengapa hal ini dilakukan, padahal ban tersebut tidak akan dipasang di mobil? Hal tersebut karena semakin lama tidak dipakai, maka tekanan angin didalamnya akan berkurang.

Oleh karena itu, Anda harus mengecek tekanan angin ban secara berkala agar ban tidak semakin menyusut. Tips ini berlaku jika Anda menyimpan ban beserta ban dalam dan velg nya. Jadi, jika hanya menyimpan bannya saja, tips ini bisa dilewati.

Dengan begitu Anda juga perlu memperhatikan kondisi ban dalam dan velg tersebut. Jika semua komponen tersebut kondisi dan kualitasnya tetap terjaga, maka salah satu bagian mobil tersebut akan selalu siap pakai saat Anda membutuhkannya.

Rajin Membersihkan Ban Mobil

Cara merawat ban mobil yang tidak terpakai yang harus selalu dilakukan yaitu membersihkan ban mobil. Kegiatan ini bisa dilakukan untuk bagian luar ban maupun bagian dalam ban. Cara membersihkan ban mobil meliputi beberapa tahap.

Pertama siapkan wadah untuk air bersih dan sabun. Sabun yang digunakan tidak boleh sembarangan. Gunakan tire cleaner sebagai pembersih khusus ban mobil.

Campurkan sabun tersebut dengan air bersih secukupnya. Kemudian bersihkan permukaan ban dengan menggunakan cairan pembersih tersebut. Bersihkan hingga ke bagian dalam.

Setelah dicuci, biarkan beberapa waktu hingga sedikit kering. Lalu, lap semua bagian ban dengan kain bersih hingga kering merata. Jangan panaskan secara langsung pada sinar matahari, cukup anginkan saja hingga tidak ada bagian ban yang masih basah. Jika sudah simpan kembali ban tersebut. .