Cara Menghitamkan Ban Mobil Seperti Baru yang Ampuh
Cara Menghitamkan Ban Mobil Seperti Baru yang Ampuh

Cara Menghitamkan Ban Mobil Seperti Baru yang Ampuh

Mencuci kendaraan memang sangat membantu membuat kondisi mobil lebih bersih dan mengkilap. Meski terlihat bersih, tidak jarang bagian ban mobil masih kusam dan kotor. Cara menghitamkan ban mobil seperti baru ini ternyata harus dilakukan dengan metode khusus.

Metode khusus ini bisa dilakukan di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada, seperti semir ban hingga minyak goreng. Proses tersebut perlu diaplikasikan secara hati-hati sesuai petunjuk  Berikut ini beberapa cara mudah dan efisien yang bisa diterapkan untuk menghitamkan ban mobil.

Cara Menghitamkan Ban Mobil Seperti Baru dengan Efektif

Mengolesi Ban dengan Silikon Cair

Menghitamkan dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya menggunakan silikon cair. Mengoleskan silikon cair ternyata bisa membuat tampilan ban mobil hitam kembali. Warna hitam yang dihasilkan juga lebih bagus, tahan lama, serta semakin mengkilap.

Caranya penggunaannya cukup mudah yaitu mencampurkan cairan silikon dengan terpentin. Perbandingan terpentin dan silikon cair yang digunakan kurang lebih 70:30. Sebelum mengoleskan kedua bahan tersebut, ban mobil harus dalam keadaan bersih dan kering.

Menggunakan Semir Khusus Ban

Mengaplikasikan semir memang menjadi cara yang paling mudah untuk menghitamkan ban. Ada banyak sekali produk semir ban yang bisa dijumpai di pasaran dengan beragam merek dan varian. Selain itu, komposisi yang ditawarkan juga beragam sesuai dengan penggunaannya.

Disini, varian semir ban berbentuk foam terbuat dari aerosol yang serbaguna, sehingga bisa dipakai pembersih atau menghitamkan ban secara efektif. Selain itu, pemakaiannya jauh lebih praktis karena foam tidak perlu dibilas dengan air, sehingga tidak menghabiskan waktu lama sekaligus tenaga.

Selanjutnya, semir ban cair sepertinya menjadi salah satu varian yang sering digunakan. Silikon cair dan wax umumnya sering dijadikan sebagai bahan utama pembuatan.

Meski dapat menghitamkan ban secara sempurna, pemakaian semir berbahan silicon ini secara berlebihan ternyata mempengaruhi elastisitasnya.

👉 TRENDING :   Mobil Pick Up yang Sudah Power Steering dan Nyaman Untuk Bepergian

Anda juga bisa memilih semir yang bersifat waterbase dan aman untuk komponen ban mobil. Semir ini berbentuk gel yang bisa diaplikasikan langsung pada permukaan ban. Tampilan ban mobil pun tampak lebih mengkilap, kelembapannya terjaga, dan melindungi dari debu dan kotoran.

Memanfaatkan Minyak Goreng

Jika Anda memiliki minyak goreng bekas di rumah sebaiknya jangan dibuang begitu saja. Minyak goreng ini bisa dimanfaatkan menjadi alternatif murah untuk menghitamkan ban mobil. Bahan tersebut dapat dicampur dengan air dan sampo agar lebih efektif untuk memunculkan warnanya.

Cara menghitamkan ban mobil seperti baru dengan menggunakan minyak goreng ini cukup simple. Anda hanya perlu mengoleskannya ke ban mobil secara perlahan memakai lap kering atau spons. Hindari mengoleskan minyak ke permukaan ban yang bersentuhan dengan aspal agar tidak licin.

Memakai Baking Soda

Cara terakhir untuk menghitamkan ban yaitu dengan memanfaatkan baking soda. Campurkan baking soda dengan air secukupnya kemudian aduk sampai berbentuk pasta. Selanjutnya, Anda dapat mengoleskannya ke permukaan ban mobil, lalu diamkan dan tunggu hingga mengering.

Jika sudah mengering, Anda bisa membilasnya dengan air bersih sampai tidak ada bekas baking soda yang tersisa atau menempel. Lakukan proses tersebut sesuai dengan prosedur. Permukaan ban mobil pun akan terlihat semakin bersih, tidak kusam, serta warnanya menjadi lebih hitam.

Itulah pembahasan lengkap mengenai cara menghitamkan ban mobil seperti baru yang mudah diterapkan dan hemat. Pastikan Anda memilih bahan yang aman untuk menghitamkan ban agar tidak mempengaruhi kondisi elastisitasnya. Lakukan perawatan tersebut sesuai dengan petunjuk yang benar agar tetap aman.