Ternyata Begini Cara Kerja Power Window dan Komponen Sistemnya
Ternyata Begini Cara Kerja Power Window dan Komponen Sistemnya

Ternyata Begini Cara Kerja Power Window dan Komponen Sistemnya

Power window merupakan salah satu fitur berteknologi terkini yang ada pada kendaraan roda empat. Fungsi utama dari power window adalah memberikan kemudahan bagi pengendara dan penumpang mobil untuk menaik turunkan kaca. Berikut adalah ulasan lengkap mengenai cara kerja power window.

Penjelasan Cara Kerja Power Window Pada Mobil

Saat Jendela Kaca Mobil Naik

Saat Anda akan menaikkan kaca jendela mobil, maka harus menekan saklar plat, sehingga akan menimbulkan hubungan pada plat secara otomatis. Listrik akan mengalir melewati busi dan akan disalurkan kepada saklar utama yang meneruskannya pada plat up.

Tegangan listrik ini akan disalurkan dengan mengikuti jalur hingga bisa menghasilkan output pada saklar utama dan sampai kepada power window.  Saklar utama akan menyalurkan aliran listrik ke rangkaian lainnya apabila sudah berhasil masuk ke dalam motor penggeraknya.

Tahapan terakhirnya adalah akan ada penerusan arus dari komponen yang terhubung pada line ground, yaitu terminal negatif pada aki. Pada tahapan ini, power window akan aktif dan mengangkat kaca jendela pada mobil dengan dibantu oleh regulator dari motor penggeraknya.

Saat Jendela Kaca Mobil Turun

Cara kerja power window berikutnya yang perlu diketahui adalah pada saat kaca jendela mobil diturunkan. Saat menurunkan kaca jendela mobil, sebenarnya cara kerja dari power window ini sama dengan ketika menaikannya hingga bisa tertutup secara sempurna dengan gerakan halus.

Pada saat power window menurunkan kaca jendela mobil, maka akan terjadi tegangan listrik yang masuk di area saklar utama. Aliran listrik tersebut akan diteruskan hingga bisa mencapai motor penggerak power window yang akan menggerakkan kaca mobil agar bisa turun.

Alur kerja terakhir dari aliran arus listrik ini adalah akan masuk ke dalam lie ground motor power window. Selanjutnya, regulator dari power window tersebut akan membuat kaca jendela mobil bergerak turun. Cara kerja dari power window ini terjadi secara otomatis dengan dukungan aliran arus listrik.

👉 TRENDING :   Rekomendasi 5 Merk Semir Ban Mobil yang Bagus dan Aman 2022

Komponen Power Window

Power window mempunyai beberapa komponen yang mendukung sistem kerjanya, salah satunya adalah saklar utama. Letak saklar utama ini ada pada pintu sebelah kemudi, sehingga mudah untuk dijangkau oleh sopir. Fungsi dari saklar ini adalah untuk menutup kaca secara keseluruhan.

Komponen berikutnya adalah saklar power window yang berada di setiap pintu. Saklar ini berfungsi untuk menutup dan membuka kaca jendela pintu. Namun, hal yang perlu diketahui adalah saklar ini hanya berfungsi pada jendela kaca dimana tempatnya dipasangkan.

Satu lagi komponen yang ada pada power window, yaitu motor penggerak. Fungsi dari motor power ini adalah untuk mengubah energi listrik menjadi energi gerak. Saat motor power ini berputar, maka akan terjadi gerakan pada gigi regulator yang akan membuka dan menutup jendela kaca.

Cara Merawat Power Window

Hal terakhir yang perlu diketahui selain cara kerja power window adalah bagaimana cara untuk merawatnya. Power window tentu saja membutuhkan perawatan agar tetap bisa berfungsi dengan baik dan tidak mengalami kerusakan yang fatal.

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk merawat power window adalah melakukan pengecekan secara rutin. Apabila Anda tidak bisa melakukan pengecekan tersebut, sebaiknya membawanya ke bengkel agar ditangani oleh montir profesional.

Anda juga bisa menggunakan teknologi ini seperlunya saja agar power window tidak mudah rusak. Di samping itu, bersihkan kaca mobil secara rutin agar tidak ada debu yang akan menempel di power window.