Mengenal Nama Komponen Interior Mobil dan Fungsinya
Mengenal Nama Komponen Interior Mobil dan Fungsinya

Mengenal Nama Komponen Interior Mobil dan Fungsinya

Bagi seorang pemilik mobil ataupun calon pengguna baru, mengetahui nama komponen interior mobil dan fungsinya merupakan suatu keharusan. Hal tersebut bertujuan agar Anda tidak salah ketika menggunakannya. Tidak bingung ketika berhadapan dengan banyak pilihan tombol yang tersedia. Nah, berikut akan dijelaskan beberapa komponen interior mobil beserta fungsinya.

Sejumlah Nama Komponen Interior Mobil dan Fungsinya

Electronic Stability Control

Electronic Stability Control pada umumnya disebut dengan ESC. Ini adalah komponen di dalam mobil yang gunanya untuk mengatur laju motor sehingga lebih terkontrol. Contohnya saja ketika mobil dalam keadaan manuever atau melakukan akselerasi di jalan yang licin.

Kehadiran ESC tentu akan sangat membantu, agar tergelincirnya kendaraan dapat diminimalisir. Sangat penting sekali bukan fungsi ESC untuk sebuah kendaraan ini? Bayangkan jika mobil tak memiliki manuever, tentu akan sangat membahayakan ketika berkendara di jalan licin.

Engine Start Stop dan Smart Key

Engine Start Stop dan Smart Key merupakan komponen interior mobil yang fungsinya saling berkaitan. Smart key akan bekerja secara otomatis. Dengan demikian, Anda dapat langsung masuk ke dalam mobil tanpa harus membukanya secara manual.

Caranya cukup mudah. Anda hanya tinggal menyentuh tuas pintu kemudian menariknya. Saat ingin menguncinya pun juga demikian. Nah, ketika nanti ingin mesinnya hidup, Anda cukup menekan pedal rem bagi mobil yang menggunakan transmisi otomatis.

Anda dapat menekan pedal kopling jika mobil menggunakan transmisi manual. Baru setelah itu, jangan lupa menekan engine start stopnya.

Multi Information Display

Sesuai namanya, MID atau Multi Information Display merupakan salah satu komponen interior mobil yang berfungsi untuk memberikan informasi tertentu kepada pengendara. Informasi tersebut seperti memberitahu berapa jarak tempuh mobil, kecepatan rata-ratanya, suhu mesin, dan putaran mesin.

Selain itu, MID juga akan memberitahu pengguna mobil tentang berapa bahan bakar yang tersisa dan sebanyak apa bahan bakar yang telah digunakan saat perjalanan. Tentunya komponen mobil yang satu ini memiliki peran yang sangat penting.

👉 TRENDING :   Murah! Ini Daftar Mobil Convertible di Bawah 1M 2022

ABS, EBD dan BA

ABS, EBD dan BA merupakan tiga komponen keselataman yang berada di dalam mobil. Kehadiran ketiga komponen tersebut tentu akan melindungi pengemudi beserta penumpang lainnya saat mobil mengalami kecelakaan.

ABS (Antilock Braking System) bertugas membuat roda mobil tidak terkunci apabila pengemudi melakukan pengereman mendadak dan terlalu dalam. Dengan demikian, ban mobil masih bisa digerakkan ke kanan atau kiri untuk menghidar dari tabrakan.

EBD (Electronic Brake Force Distribution) bisa disebut sebagai komponen pendukung ABS. Kegunaan dari EBD adalah mengatur rem agar menyebar ke setiap ban. Sedangkan BA (Brake Assist) merupakan komponen yang membantu Anda dalam menekan rem.

Hill Start Assist

Hill Start Assist yang disingkat dengan HSA merupakan komponen interior dalam mobil yang akan secara otomatis mengaktifkan rem dalam waktu beberapa detik. Rem tersebut gunanya adalah untuk menahan mobil ketika berada di jalanan menanjak sehingga tidak mundur.

Komponen Airbag

Airbag merupakan salah satu komponen keselamatan yang ada di dalam mobil-mobil masa kini. Komponen keselamatan tersebut akan melindungi pengemudi dan para penumpang lainnya apabila terjadi benturan saat kecelakaan.

Airbag secara otomatis akan mengembang ketika mobil Anda mengalami benturan. Pada umumnya, Airbag berada di daerah vital seperti kepala, dada, dan leher. Dengan demikian, para penumpang akan tetap aman meskipun mobil berbenturan begitu keras.

Tak dapat dipungkiri juga jika Airbag memang merupakan salah satu nama komponen interior mobil dan fungsinya sangat penting. Sayangnya, komponen yang satu ini hanya tersedia di mobil-mobil keluaran terbaru. Jadi, mobil-mobil yang sudah cukup tua tidak memilikinya.