Mengenal Komponen Sistem Airbag dan Fungsinya Untuk Pemula
Mengenal Komponen Sistem Airbag dan Fungsinya Untuk Pemula

Mengenal Komponen Sistem Airbag dan Fungsinya Untuk Pemula

Airbag merupakan salah satu sistem keselamatan yang berada di bagian interior mobil selain sabuk pengaman. Sistem keselamatan yang satu ini berfungsi meringankan cidera bagi penumpang saat kendaraan mengalami kecelakan. Nah, bagi yang belum tahu simak yuk pembahasan menarik kali ini tentang beberapa komponen sistem airbag dan fungsinya.

Komponen Sistem Airbag dan Fungsinya yang Wajib Diketahui

Sistem Kontrol

Komponen pertama yang dimiliki oleh airbag adalah sistem kontrol. Sistem tersebut fungsinya adalah untuk menerjemahkan sinyal getaran yang didapat dari sensor collison.

Komponen airbag yang satu ini akan melakukan analisa berapa tingkat keparahan kecelakaan sesuai dengan besarnya getaran. Analisa tersebut nantinya akan digunakan sebagai patokan sehingga airbag akan aktif secara otomatis.

Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa airbag memang dilengkapi dengan sensor yang letaknya di bagian depan dan samping kendaraan. Jadi, ketika benturan yang terjadi berada di area selain depan dan samping, maka airbag tidak akan bisa mengembang.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Sistem kontrol pada airbag sudah diatur sedemikian rupa dan diletakkan di tempat-tempat yang berdekatan dengan kepala, dada dan leher. Dengan demikian, jika terjadi kecelakaan, bagian sensitif tersebut akan lebih aman dari cidera serius.

Sensor Collison

Sensor collison merupakan salah satu komponen sistem airbag dan fungsinya adalah sebagai pendeteksi getaran yang menandakan adanya kecelakaan. Dalam sebuah mobil, komponen airbag yang satu ini bisa dimiliki dalam jumlah banyak, tergantung berapa jumlah airbag pada kendaraan.

Untuk informasi juga, airbag memang memiliki peran yang sangat penting untuk meminimalisir cidera saat terjadi kecelakaan. Namun sayangnya, airbag tidak dimiliki oleh setiap mobil. Hanya jenis mobil keluaran terbaru dan kekinian saja yang dilengkapi dengan airbag.

Bag Inflator

Komponen ketiga yang dimiliki oleh airbag adalah bag inflator. Tempat komponen airbag yang satu ini sangat tersembunyi, yaitu berada di dashboard, sisi pintu, dan di dalam roda kemudi. Ini tergantung mobil Anda mengusung airbag jenis apa.

👉 TRENDING :   Apa Saja Mobil Atap Terbuka 4 Kursi yang Bagus? Ini Rekomendasinya

Bag inflator dapat mengembang jika menerima aliran listrik. Dengan demikian, pengemudi beserta penumpang yang ada di dalam kendaraan tersebut bisa aman dan terhindar dari benturan saat terjadi kecelakaan.

Cidera yang mungkin dialami oleh penumpang dapat diminimalisir dengan komponen ini. Saat aliran listrik masuk pada inflator, reaksi kimia akan terjadi.

Nah, jika reaksi kimia tersebut terjadi, gas nitrogen akan muncul dan memenuhi seluruh bagian bag inflator. Secara perlahan, bag inflator pun mengembang.

Bag inflator akan mengembang secara otomatis dan sempurna kira-kira 30 sampai 40 milisecond. Namun, airbag hanya sekali pakai. Jadi, setelah airbag bawaan mobil pernah mengembang, maka Anda harus menggantinya bersama dengan 1 unit dashboardnya.

Bag inflator dibuat dari serat poliamida dan dianyam hingga membentuk pola tertentu. Ukuran dan bentuknya pun disesuaikan dengan ukuran interior kendaraan. Semakin luas ukuran ruangan di dalam mobil, maka makin besar pula ukuran bag inflatornya, dan begitu pula sebaliknya.

Cover

Melihat pentingnya fungsi airbag dalam sebuah kendaraan, semua komponen yang terdapat di dalam airbag tentunya harus memiliki pelindung agar terjaga kondisinya. Pelindung tersebut disebut dengan cover. Cover pada umumnya terletak pada dashboard.

Jika Anda belum tau yang mana cover airbag, cari di bagian dashboard yang ada tulisannya airbag. Bagian tersebutlah yang dinamakan cover airbag. Tak hanya sebagai pelindung, cover juga berfungsi sebagai tempat keluarnya bag inflator saat mengembang.

Setelah mengetahui semua komponen sistem airbag dan fungsinya, sudah jelas bukan bahwa keberadaan airbag di dalam mobil memiliki fungsi yang sangat penting? Jika ingin memiliki mobil yang dilengkapi dengan airbag, silahkan beli mobil yang usianya masih tergolong muda.