Cara Menghapus Virus Shortcut Di Komputer Sampai Bersih, Dijamin Aman
Cara Menghapus Virus Shortcut Di Komputer Sampai Bersih, Dijamin Aman

Cara Menghapus Virus Shortcut Di Komputer Sampai Bersih, Dijamin Aman

Adanya virus dalam bentuk apapun di komputer akan menyebabkan gangguan yang luar biasa. Oleh karena itu, para pengguna komputer perlu untuk tahu cara menghapus virus shortcut di komputer sampai bersih juga cepat. Tentu saja cara tersebut haruslah aman dan tidak menyembunyikan virus-virus lainnya.

Terkadang, beberapa cara mungkin bisa membuat komputer menjadi lebih lambat atau mengandung virus lainnya. Jika hal tersebut terjadi, maka akan memperparah keadaan dan bahkan bisa merusak sistem komputer. Oleh karena itu, berikut ini saya akan membagikan beberapa cara menghapus virus shortcut dengan aman di komputer.

Cara Menghapus Virus Shortcut

Beberapa langkah cara menghapus virus shortcut dibawah ini bisa kalian coba sebelum anda memutuskan untuk melakukan tindakan lebih jauh seperti menggunakan anti virus ataupun install ulang windows. Simak langkah-langkah dibawah dengan benar jangan sampai ada yang kelewatan ya.

1. Menggunakan Task Manager

Menu task manager bisa dikatakan sebagai menu yang mengarah pada bagian manapun pada komputer. Selain itu menu ini juga memiliki banyak fungsi salah satunya sebagai cara menghapus virus shortcut di komputer sampai bersih. Caranya akan dijelaskan berikut ini:

  • Tekan secara bersama-sama dengan tombol CTRL +ALT +Delete pada keyboard komputer untuk menuju menu task manager. Atau, pengguna bisa langsung ke menu task manager melalui laman taskbar dan klik kanan pada mouse.
  • Pada menu task manager, pilih menu processes dan pilihlah Wscript.exe. Setelah menemukan tombol tersebut, klik tombol end task yang dimaksudkan untuk mengakhiri gangguan tugas yang tidak penting pada komputer.

2. Menggunakan Jendela Run

Selain cara menghapus virus shortcut di komputer sampai bersih menggunakan task manager, pengguna juga bisa menggunakan jendela run. Opsi ini bisa dilakukan jika opsi task manager tidak ditemukan atau mengalami kegagalan.

  • Buka menu Run atau tekan keyboard di tombol windows dan tombol R secara bersama- sama.
  • Setelah membuka jendela run, ketiklah tulisan regedit pada pencarian dan klik enter atau ok.
  • Setelah itu, komputer akan menampilkan laman registry editor dan pilih menu HKEY_CURRENT_USER lalu menu software, microsoft, windows, currentversion lalu klik run.
  • Carilah tulisan yang ganjal dengan huruf yang acak dan tidak beraturan, kemudian hapuslah. Tulisan acak yang tak beraturan itu adalah virus yang harus di hapus. Carilah dengan teliti sehingga semua virus shortcut bisa dihilangkan.
👉 TRENDING :   Cara Mengatasi Keyboard Android Tidak Muncul

3. Menggunakan Jendela Run Dan Konfigurasi

Cara ini juga merupakan cara menghapus virus shortcut di komputer sampai bersih melalui jendela run. Perbedaan dengan cara sebelumnya, kali ini juga menggunakan sistem konfigurasi. Untuk selengkapnya, inilah informasinya:

  • Buka jendela run dan ketik msconfig lalu enter atau klik tombol ok.
  • Laman yang tampil berikutnya adalah laman sistem konfigurasi. Pilihlah dan klik menu startup dan pilih menu open task manager.
  • Setelah menu task manager ditampilkan, akan terlihat banyak aplikasi atau sistem yang berjalan di komputer. Selanjutnya carilah dengan teliti virus shortcut di sana yang memiliki nama aneh dengan huruf acak.
  • Ubah status virus shortcut menjadi disable atau tidak digunakan. Setelah itu virus shortcut akan hilang atau tidak muncul lagi di komputer.

4. Melalui Jendela %temp%

Menu %temp% terdapat pada jendela run. Cara menerapkannya juga tidak sulit untuk dilakukan. Pilih menu run dan ketikkan %temp% lalu klik enter. Pilih shortcut yang mencurigakan seperti nama shortcut aneh dan acak, lalu hapuslah. Lakukan beberapa kali hingga virus benar-benar telah terhapus secara keseluruhan.

Demikian penjelasan terkait cara menghapus virus shortcut di komputer sampai bersih juga aman kali ini. cara- cara di atas merupakan cara aman yang bisa diterapkan oleh pengguna. Selain mengganggu, adanya virus shortcut bisa berdampak bahaya. Jadi, sebagai antisipasi dan perlindungan, terapkan cara- cara di atas dengan baik sesuai langkah yang ditentukan.