Ciri-Ciri HP Kena Virus dan Cara Mengatasinya
Ciri-Ciri HP Kena Virus dan Cara Mengatasinya

Ciri-Ciri HP Kena Virus dan Cara Mengatasinya

Ciri-Ciri HP Kena Virus dan Cara Mengatasinya Anti Ribet – Smartphone Android memang rentan terkena virus. Apabila sudah terserang hal tersebut maka akan membuat HP cepat rusak. Maka dari itu perlu mengetahui ciri-ciri HP kena virus dan cara mengatasinya. Ini bisa meminimalisir kerusakan pada smartphone.

Ciri-Ciri Hp Terserang Virus

Pada dasarnya smartphone yang terkena virus bisa dideteksi sejak dini. Bagi para penggunanya wajib mengetahui akan hal tersebut. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri HP terkena virus yaitu :

  1. Sering Muncul Iklan

Ada kalanya pasti sering menjumpai HP yang sering muncul iklan secara tiba-tiba. Ini tentu saja sangat mengganggu. Namun hal tersebut menjadi salah satu indikasi bahwa smartphone sedang terserang virus.

Iklan ini biasanya muncul karena pada saat browser di dunia maya tidak sengaja masuk atau mengeklik Link yang berisi virus. Gangguan tersebut akan masuk ke dalam smartphone dalam wujud iklan.

  1. HP Menjadi Sangat Lemot

HP yang lemot biasanya tidak hanya dipengaruhi karena kepenuhan memori. Akan tetapi bisa jadi haltersebut dikarenakan smartphone sedang terserang virus berbahaya. Dengan begitu, akan bekerja sangat lambat sekali.

Virus yang terbawa masuk ke dalam HP akan merusak sistem kerja operasional pada smartphone. Hal ini membuat aplikasi menjadi terganggu sistem kerjanya bahkan bisa jadi rusak semua file maupun data yang ada di dalamnya.

  1. Sering Muncul Peringatan “Aplikasi Telah Berhenti”

Pada saat sedang menggunakan aplikasi tertentu terkadang tidak mengalami hang muncul notifikasi aplikasi telah berhenti. Hal tersebut menunjukkan bahwa HP sedang terserang virus. Ini akan membuatnya menghentikan sebagian besar sistem kerja pada semua aplikasi.

Ada beberapa aplikasi yang tidak bisa dibuka karena terserang virus. Ini mampu rusak semua data yang ada di dalam HP sehingga tidak bisa digunakan lagi. Para penggunanya mau tidak mau harus menginstal ulang.

  1. Durasi Nyala HP Lebih Lama

Apakah HP sulit menyala dan masuk ke dalam menu utama? Atau memerlukan waktu yang lama untuk bisa nyala? Itu tandanya bahwa smartphone Anda terserang virus. Maka harus segera diberikan tindakan.

👉 TRENDING :   Inilah 5 Cara mengatasi Google Drive Tidak Bisa Upload

Mengapa bisa terjadi hal demikian? Jawabannya adalah virus hp akan menyerang langsung pada bagian pengoperasian sehingga membuat fungsinya semakin menurun. Jika sudah parah smartphonemengalami mati total.

  1. Baterai Menjadi Cepat Habis

Baterai menjadi salah satu komponen smartphone yang sering mengalami gangguan. Namun tidak selamanya baterai cepat habis disebabkan karena kerusakan di dalamnya. Akan tetapi ini bisa menjadi indikasi virus.

Tidak hanya menyerang sistem operasional pada smartphone, virus terkadang juga menyerang baterai HP mana akan cepat habis atau menyebabkan mati hidup secara terus-menerus. Kadang-kadang dapat menimbulkan konsleting.

Cara Mengatasi Hp yang Terserang Virus

Ciri-ciri HP kena virus dan cara mengatasinyamemang menjadi hal yang perlu diketahui oleh semua orang. Untuk menghilangkan berbagai virus tersebut maka diperlukan beberapa langkah. Salah satunya adalah lakukan penginstalan ulang pada smartphone.

Dengan menginstal ulang atau mengembalikan pada setelan pabrik maka akan membuat smartphone menjadi seperti baru. Ini juga akan membunuh dan membuang semua virus yang ada di dalamnya. Akan tetapi Anda harus melakukan backup data terlebih dahulu.

Hal tersebut dilakukan agar semua data yang ada di dalam smartphone Anda tidak ikut hilang dan tetap masih tersimpan. Ini dapat dilakukan dengan masuk ke dalam menu pengaturan kemudian carilah opsi ‘setelan pabrik’ Proses memerlukan waktu kurang lebih 30 menit.

Mengenali tentang ciri-ciri HP kena virus dan cara mengatasinya menjadi salah satu hal yang krusial wajib untuk dipelajari. Ini bertujuan supaya mencegah kerusakan smartphone lebih parah saat terkena virus.