Asuransi Perjalanan
Asuransi Perjalanan

Pengertian Asuransi Perjalanan, Manfaat dan Contoh Produk Terbaik

Asuransi perjalanan memang tidak sepopuler asuransi pendidikan ataupun asuransi kesehatan. Padahal, jenis asuransi ini sangatlah penting bagi mereka yang mempunyai mobilitas tinggi. Seperti pebisnis yang rutin melakukan perjalanan ke luar kota dan luar negeri. Mulai sekarang mengapa Anda tidak memahami lebih lanjut pengertian asuransi perjalanan dan hal-hal lain yang berkaitan dengannya?

Memikirkan tentang asuransi perjalanan pastinya tidak percuma dan bahkan justru direkomendasikan untuk beberapa kalangan. Selain pebisnis yang memiliki jadwal perjalanan ke luar kota, selebgram yang hobi membuat konten liburan di tempat pariwisata harus mulai mempertimbangkan asuransi ini.

Saking pentingnya, bahkan sekarang ada asuransi perjalanan Covid-19. Pengertian asuransi perjalanan, manfaat dan contohnya bisa Anda simak dibawah.

Pengertian Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan adalah jenis asuransi yang berguna untuk melindungi seseorang setiap melakukan perjalanan, baik di luar negeri ataupun dalam negeri. Orang-orang yang mempunyai mobilitas tinggi sangat dianjurkan memiliki asuransi ini.

Sehingga, nantinya bisa menekan dampak finansial dari beraneka macam kerugian yang mungkin saja terjadi selama perjalanan. Meskipun asuransi perjalanan sifatnya tidak wajib, namun bagi mereka yang kerap melakukan perjalanan bisnis atau hobi berwisata lebih baik dimiliki.

Anda bisa membelinya secara mendadak sebelum bepergian karena cukup fleksibel. Bahkan Anda bisa membeli tikek pesawat dan asuransi perjalanan secara bersamaan.

Manfaat Memiliki Asuransi Perjalanan

Sebelum memutuskan membeli asuransi perjalanan, Anda pasti mempertimbangkan apakah manfaatnya sebanding dengan biaya yang harus dikeluarkan. Kalau begitu, silahkan nilai sendiri berikut ini:

  1. Mendapat Ganti Rugi Atas Pembatalan atau Keterlambatan Perjalanan

Perjalanan yang tiba-tiba dibatalkan atau delay pasti menjengkelkan. Ini merusak jadwal yang sudah disusun sedemikian rupa begitu saja. Setiap perjalanan pasti berisiko mengalami pembatalan atau keterlambatan, itu bisa terjadi kapan saja.

Nah, disinilah peran penting dari asuransi perjalanan yang akan memberi kompensasi apabila terjadi situasi tersebut. Secara imum, asuransi seperti ini berlaku pada layanan penerbangan pesawat.

  1. Mendapat Ganti Rugi Atas Kehilangan atau Kerusakan Bagasi

Setiap orang yang mempunyai polis perjalanan berhak mendapat ganti rugi ketika bagasinya hilang atau rusak. Tidak bisa dipungkiri, masalah pada bagasi memang sangat sering terjadi. Tentu saja hal itu merusak momen perjalanan dan membuatnya berantakan.

👉 TRENDING :   Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Premi Asuransi dan Apa Keuntungannya

Asuransi perjalanan memungkinkan Anda untuk mengklaim biaya kerugian.

  1. Santunan Kematian dan Kecelakaan

Selama pemiliki asuransi melangsungkan perjalanan, perusahaan berkewajiban menanggung santunan biaya kematian dan kecelakaan yang terjadi. Perlindungan semacam ini sangat bermanfaat bagi kepala keluarga yang bertanggungjawab mencari nafkah utama di keluarga.

Apabila nantinya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka pihak keluarga menerima uang pertanggungan.

  1. Pertanggungan Biaya Pengobatan

Selama perjalanan bisnis atau liburan, Anda bisa jatuh sakit kapan saja. Selain membuat tidak bisa kemana-mana, sakit juga mengharuskan Anda mengeluarkan biaya berobat. Ini menjadi masalah serius apabila membutuhkan biaya pengobatan mahal.

Namun, dengan memiliki asuransi perjalanan membuat finansial Anda aman. Karena biaya medis akan ditanggung oleh pihak asuransi. Perjalanan menjadi lebih nyaman dan tidak perlu mengkhawatirkan apabila jatuh sakit sewaktu-waktu.

  1. Mencegah Kerugian Finansial yang Diakibatkan Faktor Lain

Selain faktor-faktor diatas, asuransi perjalanan juga akan menanggung kerugian finansial yang diakibatkan oleh huru hara, terorisme dan bencana alam. Pihak asuransi berkewajiban menanggung segala kerugian pelanggan, baik itu dari segi finansial, mental dan fisik.

Contoh Asuransi Perjalanan Terbaik

  1. AXA Mandiri Travel Insurance

Anda bisa membeli asuransi perjalanan dari AXA secara online yang mudah dan cepat. Ini bisa digunakan untuk perjalanan mancanegara dan domestik. Perlindungannya terhadap risiko kerusakan atau kehilangan bagasi, penundaan perjanan dan pengurangan perjalanan.

Terdapat dua pilihan bagi pelanggan, yaitu AXA SMartTraveller dan AXA Travel Domestik.

  1. Zurich

Zurich mempersembahkan produk asuransi perjalanan yang menanggung berbagai macam resiko seperti penundaan perjalanan, bagasi hilang, sampai santunan kematian. Anda bisa memilih tipe polis Zurich Domestic Travel, Zurich Passport, Zurich Holy Land, Zurirch Umroh dan Haji.

  1. Asuransi Perjalanan Allianz

Allianz memiliki asuransi perjalanan yang tidak kalah menarik, dengan perlindungannya yang mencakup Pasifik & Schengen, Greater Asia dan Wordwide. Produk NewTravelPro persembahan Allianz menghadirkan durasi perjalanan 1-31 hari dan maksimal 183 hari durasi perjalanan.

Pelanggan bisa membeli produk syariah ataupun konvensional yang terdiri dari AlliSya New TravelPRO, TravelPRO, Group TravelPRO, Annual TravelPRO, dan Garuda Indonesia Insurance.

  1. Traveloka Protect

Bekerja sama dengan CHUBB, Traveloka menciptakan asuransi perjalanan melalui penerbangan yang bagus. Traveloka Protect memberi proteksi kepada para pelanggan yang terdiri dari:

👉 TRENDING :   5 Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia Yang Memuaskan

Pertanggungan biaya pengobatan dan medis up to Rp. 500 juta

Pertanggungan kecelakaan diri up to Rp. 15 juta

Pertanggungan bagasi hilang up to Rp. 15 juta

Pertanggungan keterlambatan keberangkatan up to Rp. 7,5 juta

  1. Asuransi Sinar Mas

Produk asuransi perjalanan ii memberi perlindungan terhadap kerusakan dan kehilangan bagasi, santunan tunai kecelakaan diri, kehilangan dokumen dan deposit perjalanan, keterlambatan perjalanan, biaya pengobatan, serta penundaan atau pembatalan perjalanan.

Anda bisa memilih Simas Travel Oversead dan Simas Travel Domestic.

Demikianlah pengertian asuransi perjalanan, manfaat dan contoh produk terbaiknya.