Inilah 5 Cara mengatasi Google Drive Tidak Bisa Upload
Inilah 5 Cara mengatasi Google Drive Tidak Bisa Upload

Inilah 5 Cara mengatasi Google Drive Tidak Bisa Upload

Google Drive menjadi software yang memungkinkan pengguna berbagi file berkapasitas besar. Pengguna bisa mengunduh dan mengunggah file tersebut serta membagikannya ke platform lain. Cara mengatasi Google Drive tidak bisa upload ini bisa dilakukan dengan beberapa metode sesuai kebutuhan pengguna.

Biasanya masalah tidak bisa upload dapat terjadi karena faktor tertentu, baik internal maupun eksternal. Google Drive sendiri bisa diakses gratis melalui desktop maupun smartphone. Untuk itu kalian harus mengetahui penyebab dari tidak bisa upload tersebut.

Cara mengatasi Google Drive Tidak Bisa Upload

Untuk mengetahui cara Cara mengatasi Google Drive Tidak Bisa Upload, anda bisa menyimak tips yang akan saya bagikan berikut. Berikut ini pembahasan tentang cara menangani masalah tidak bisa mengunggah di Google Drive wajib disimak:

1. Memeriksa Status Google Drive

Google Drive diketahui memiliki uptime yang cukup baik, sehingga membuatnya jarang mengalami masalah tidak berfungsi. Pengguna dapat mengecek G Suite Status Dashboard sebelum melakukan tindakan lain. Pengguna cukup menunggu normal kembali apabila kinerja Google Drive sedang mengalami down.

2. Melakukan Disconnect dan Reconnect Akun Google

Cara mengatasi Google Drive tidak bisa upload selanjutnya yaitu melakukan disconnect serta reconnect akun. Pastikan pengguna telah mengunduh aplikasi Backup and Sync untuk menerapkan tahapan ini. Berikut ini cara disconnect dan reconnect akun yang perlu diketahui, antara lain:

  • Jalankan Backup and Sync lalu tekan ikon cloud yang ada di pojok kanan bawah di bagian notifikasi.
  • Selanjutnya, tekan ikon titik tiga lalu pilih menu “Preferences”.
  • Lanjutkan dengan membuka “Settings” dan pilih opsi “Disconnect Akun” untuk menghentikan akun Google yang tersambung.
  • Setelah itu, proses sinkronisasi akan berjalan yang memungkinkan menormalkan kembali Google Drive.

3. Menggunakan Jendela Incognito

Cara yang bisa diterapkan yaitu mengakses Google Drive menggunakan jendela Incognito. Hal ini untuk mencegah penggunaan cookie yang bisa mempengaruhi penelusuran. Berikut ini cara menormalkan Drive yang tidak bisa upload, antara lain:

  • Buka browser Mozilla Firefox maupun Chrome terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, buka menu “New Incognito Window” untuk Chrome. Sedangkan untuk Firefox bisa membuka “New Private Window”.
  • Opsi lain dengan membukanya lewat pintasan Ctrl + Shift + P maupun Ctrl + Shift + N yang bisa diakses hampir di semua browser.

4. Menerapkan Backup and Sync

Backup and Sync ini menjadi fitur yang dihadirkan di Google Drive versi desktop. Cara ini diketahui bisa mengatasi masalah tidak dapat mengunggah file di Google Drive. Pengguna bisa keluar dari aplikasi dengan klik opsi “Quit Backup and Sync”. Setelah itu, buka kembali melalui pencarian di Start lalu jalankan aplikasi.

👉 TRENDING :   Cara Hapus Akun Allo Bank, Oh Begitu Toh!

Pengguna dapat melakukan install ulang dengan menghapus aplikasi yang telah terpasang sebelumnya. Buka menu Start di Windows lalu pilih Apps & features lanjutkan dengan klik Uninstall dari daftar. Download dan install kembali aplikasi agar bisa dijalankan dengan normal.

5. Membersihkan Data Browser

Pengguna dapat membersihkan browser untuk mengatasi Google Drive tidak bisa upload. Browser umumnya menyimpan cache, cookie, serta data lain yang bisa mempercepat proses penelusuran di website. Di sisi lain, data tersebut juga bisa menyebabkan masalah seperti tidak bisa mengunggah file.

Caranya jalankan Chrome dan buka menu utama lalu pilih opsi “More Tools”. Kemudian, tekan opsi “Clear browsing data” atau menggunakan pintasan Ctrl + Shift + Del. Setelah itu, tekan “Enter” untuk mengakses langsung jendela tersebut.

Demikian pembahasan tentang cara mengatasi Google Drive tidak bisa upload. Masalah Google Drive tidak dapat mengunggah bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti server down maupun pada web browser. Pengguna bisa menerapkan salah satu cara tersebut agar aplikasi normal kembali.