Review Toyota Avanza Veloz: Mobil Premium Pilihan Banyak Orang
Review Toyota Avanza Veloz: Mobil Premium Pilihan Banyak Orang

Review Toyota Avanza Veloz: Mobil Premium Pilihan Banyak Orang

Toyota Avanza Veloz adalah mobil sejuta umat yang sudah dijual sejak tahun 2003 dan masih terus eksis sampai sekarang. Ini merupakan varian tertinggi dari LMPV Toyota Avanza yang hadir dengan 4 tipe. Sebagai mobil premium, tentu desain dan fiturnya lebih mewah. Harga Avanza Veloz berkisar antara Rp. 225 juta sampai Rp. 250 jutaan. Simak review Toyota Avanza Veloz secara singkat berikut.

Review Toyota Avanza Veloz yang Digandrungi Masyarakat

Mobil Toyota Avanza Veloz memiliki dua varian mesin, yaitu 1.3 dan 1.5. Masing-masing tipe hadir dengan pilihan transmisi otomatis 4-percepatan dan 5-percepatan. Veloz adalah mobil yang menyasar kelas menengah ke atas.

Pada tahun 2015, Toyota Avanza Veloz diberikan facelit dan lini mesin baru. Varian 1.5 memakai mesin berkode 2NR-VE, sedangkan untuk varian 1.3 dibekali mesin berkode 1NR-VE. Keduanya sama-sama dibekali teknologi Dual VVT-i.

Peningkatan juga dilakukan dari segi head unit, interior, eksterior dan fitur keamanan yang lebih komplit. Kemudian pada bulan Januari 2019, Toyota Avanza Veloz dan Avanza standar kembali diberikan facelit. Kali ini yang mengalami pembaharuan adalah sektor interior, eksterior dan fitur-fiturnya.

Eksterior

Pembaharuan paling kentara dari eksteriornya adalah model lampu yang dibuat terpisah. Ini mengingatkan kepada Toyota Vellfire dan Voxy, dua mobil MPV Premium di Indonesia.

Lampu atas berteknologi LED dan merupakan main lamp. Sementara itu, bagian bawahnya tersusun dari turn lamp dan lampu senja. Keduanya dipisahkan oleh garis tipis sewarna body. Pada bagian atasnya desain grille dibuat sedikit lebih besar dibandingkan sebelumnya.

Bagian samping tidak terlalu banyak perubahan. Paling hanya side skirt berakses chrome pada Toyota Veloz varian 1.5, atau pelek two-one model terbaru yang diklaim jauh lebih aerodinamis.

Pembaharuan bagian belakang Veloz terbaru juga tidak banyak. Palingan hanya sebatas desain reflektor mata kucing pada bagasi yang dibuat mirip desain lampu depan. Backdoor garnish yang dibuat kelir black chrome mirip upper grille depan, serta housing parking camera yang lebih rapi.

Interior

Toyota Avanza Veloz memiliki interior yang praktis. Tersedia banyak slot penyimpanan atau tempat yang bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan. Sebut saja slot kartu yang berada diantara head unit dan AC digital, dua power slot 12V/120W pada baris pertama dan kedua, slot charging USB pada baris ketiga, hingga 16 untuk cup holder yang berjejer rapi di ketiga baris mobil.

👉 TRENDING :   Begini Cara Mengatasi Ban Mobil Bergelombang yang Ampuh

Fitur Keamanan

Sebagai standar keamanan, Toyota Veloz sudah dilengkapi beberapa fitur aktif dan pasif. Seperti Side Impact Beam, Isofix, 3-Points Seatbelt with Pretensioner & Force Limiter dan Dual-SRS Airbag.

Untuk fitur keamanan aktif, tersedia Front Passenger Seatbelt Warning dan Anti-lock Braking System (ABS). Tidak lupa, fitur Immobilizer sebagai langkah pencegahan pencurian. Tombol start/stop engine bisa Anda pakai untuk menghidupkan mobil tanpa kunci.

Rear parking sensor siap membantu pengendara parkir dengan mudah dan nyaman. Khusus untuk varian Veloz 1.5, maka sudah dilengkapi paket rear packing camera.

Mesin

Mirip seperti Toyota Avanza standar, Veloz hadir dengan dua pilihan mesin. Varian 1.3 mengandalkan 1NR-VE dengan DOHC Dual VVT-i. Sementara itu, varian 1.5 mengandalkan 2NR-VE dengan DOHC Dual VVT-i.

Setiap mesin mampu mengeluarkan tenaga maksimal 95 horse power dengan torsi 120 Nm (varian 1.3) dan 103 horse power dengan torsi 136 Nm (varian 1.5).

Performa dan Handling

Dari segi powertrain, Toyota Avanza New Veloz tidak ada perubahan sehingga masih sama. Baik itu pada transmisi, unit mesin atau ECU-nya.

Pada pembaharuan kedua ini, Toyota fokus membenahi dua kelemahan Avanza sebelumnya. Yaitu kekedapan kabin dan suspensi. Sekarang shockbraker belakang dan depan dibuat menjadi lebih solid. Begitupun bagian power steering terbaru, ini semakin memudahkan Anda untuk memarkirkan mobil. Kontrol ketika kecepatan tinggi menjadi terasa mantap dan lebih berat.

Pada Veloz varian 1.5, mesin 2NR-VE menjadi lebih halus karena penggerak roda belakangnya sekarang mengandalkan kopel untuk menghubungkan transmisi dan roda belakang.

Konsumsi BBM

Urusan konsumsi bahan bakar, kedua mesin Toyota Avanza Veloz diklaim lebih efisien karena sudah didukung teknologi Dual VVT-i. Mengacu beberapa test drive yang dilakukan, kedua mobil mengonsumsi bensin beda tipis.

Untuk perjalanan luar kota, varian 1.3 mengonsumsi bensin 1:15 dan Veloz varian 1.5 mengonsumsi sebanyak 1:14.

Sedangkan pemakaian rute dalam kota, konsumsi bensin Veloz varian 1.3 sekitar 1:11 dan untuk Veloz varian 1.5 mengonsumsi bensin 1:10

👉 TRENDING :   Ini Daftar Merek Karpet Dasar Mobil Terbaik di Tahun 2022

Daftar Harga Toyota Avanza Veloz Terbaru

Tipe Harga
Toyota Avanza Veloz 1.5 M/T Rp. 236.700.000
Toyota Avanza Veloz 1.5 A/T Rp. 248.500.000
Toyota Avanza Veloz 1.3 M/T Rp. 224.700.000
Toyota Avanza Veloz 1.3 A/T Rp. 236.500.000

 

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai review Toyota Avanza Veloz. Semoga menjadi referensi bermanfaat untuk Anda semua.