5 Penyebab Aplikasi Tidak Kompatibel di Playstore yang Perlu Diketahui
5 Penyebab Aplikasi Tidak Kompatibel di Playstore yang Perlu Diketahui

5 Penyebab Aplikasi Tidak Kompatibel di Playstore yang Perlu Diketahui

Ada beberapa penyebab aplikasi tidak kompatibel di Playstore HP pengguna. Seperti yang orang tahu tahu, Playstore merupakan suatu aplikasi di HP atau smartphone yang berguna untuk men-download aplikasi-aplikasi yang ada di sana. Namun, terkadang kerap kali ada permasalahan ketika menggunakannya.

Memang tidak semua aplikasi dapat berfungsi dengan baik pada perangkat yang dimiliki pengguna. Misalnya, terdapat perbedaan yang ditemukan, seperti perbedaan dalam hal rasio aspek ataupun resolusi layar yang dimiliki. Mengetahui lebih lanjut mengenai hal itu, simak ulasan di bawah ini:

Apa Arti dari Tidak Kompatibel?

Arti dari kompatibel menurut KBBI sendiri yakni dapat berfungsi, bekerja, dan sesuai  dengan baik sebagaimana mestinya pada perangkat ataupun platform yang digunakan. Penggunaan kata kompatibel banyak ditemukan dalam perangkat teknologi layaknya HP, komputer, tablet dan perangkat teknologi lainnya.

Suatu aplikasi dapat dikatakan kompatibel dengan perangkat atau platform menandakan bahwa layanan tersebut telah sesuai dengan spesifikasi platform yang digunakan. Sebaliknya, apabila terdapat notifikasi tidak kompatibel menyatakan bahwa layanan yang diinginkan tidak dapat bekerja ataupun sesuai dengan spesifikasi platform yang digunakan.

Penyebab Aplikasi Tidak Kompatibel di Playstore

Setelah mengetahui arti dari tidak Kompatibel, kini pembahasan selanjutnya adalah penyebab aplikasi tidak kompatibel di Playstore pengguna. Penyebabnya bisa berbagai macam masalah dan belum tentu sama antar pengguna.

Perlu diketahui dari apa penyebab dari terjadinya masalah tersebut. Untuk itu, berikut beberapa penyebab yang perlu diketahui:

1.Terbatasnya Negara yang Dapat Menggunakan Aplikasi Tersebut

Salah satu penyebab aplikasi tidak kompatibel di Playstore adalah aplikasi hanya dapat digunakan pada negara tertentu saja. Maka dari itu, sebelum ingin menggunakan aplikasi tersebut, alangkah baiknya pastikan dahulu apakah aplikasi tersebut dapat diakses di negara pengguna atau tidak.

2. Sistem Operasi HP yang Tidak Sesuai dengan Ketentuan

Alasan kedua penyebab aplikasi tidak bisa diakses di playstore bisa jadi sistem perangkat yang belum dilakukan pembaruan. Semakin berkembangnya aplikasi  terkadang juga memerlukan versi sistem yang lebih tinggi atau terbaru. Maka dari itu, pengguna perlu memperhatikan hal ini agar aplikasi kompatibel.

3. Playstore yang Sedang Bermasalah

Selain yang disebutkan di atas, penyebab lainnya karena layanan Playstore yang sedang mengalami masalah. Bisa terjadi kemungkinan karena banyaknya aplikasi yang terinstall.

Kemungkinan lainnya Play Store bermasalah karena aplikasi yang diinginkan sedang mengalami gangguan. Pengguna perlu memastikan apakah Playstore sedang gangguan atau tidak.

👉 TRENDING :   Inilah 3 Cara Minimize Youtube Tanpa Aplikasi, Pasti Berhasil!

4. Data Penyimpanan pada Playstore yang Menumpuk

Pengguna masih belum menyadari bahwa data-data yang ada di perangkat sudah menumpuk. Hal itu bisa menjadi pemicu aplikasi tidak kompatibel digunakan. Mengapa? Karena banyaknya data yang memenuhi ruang penyimpanan tidak sanggup untuk mengunduh aplikasi lagi dan menyebabkan Playstore bekerja semakin lambat.

5. Perangkat yang Tidak Mendukung Aplikasi

Alasan terakhir yaitu kemungkinan perangkat yang dimiliki pengguna tidak mendukung aplikasi untuk digunakan. Aplikasi membutuhkan spesifikasi standar perangkat yang cukup tinggi agar bisa menjalankan aplikasi tersebut.

Jika begitu maka perangkat tidak memenuhi standar dari aplikasinya. Maka, pengguna pastikan apakah aplikasi cocok untuk di perangkat atau tidak.

Itulah penjelasan mengenai apa arti tidak kompatibel pada Playstore dan penyebab aplikasi tidak kompatibel di Playstore perangkat. Jika mengalami kendala yang sama, bisa jadi penyebabnya salah satu dari di atas. Namun jangan bersedih, beberapa penyebab masih bisa diatasi oleh pengguna.