Cara Memperbaiki Kamera Android yang Tidak Bisa Dibuka
Cara Memperbaiki Kamera Android yang Tidak Bisa Dibuka

Cara Memperbaiki Kamera Android yang Tidak Bisa Dibuka

Untuk urusan memotret sekarang sudah bisa dilakukan dengan mudah menggunakan perangkat smartphone. Hampir semua jenis smartphone android khususnya dibekali dengan fitur kamera yang mumpuni. Kamera yang dibawanya tersebut dapat menghasilkan foto maupun video yang berkualitas tinggi. Ketika tiba-tiba error, perlu deh tahucara memperbaiki kamera android yang tidak bisa dibuka.

Selain menggunakan kamera bawaan, Anda juga bisa memasang aplikasi kamera tambahan di HP untuk memotret gambar. Namun, terkadang ada saja masalah error yang terjadi, misalnya saja kamera yang tidak bisa dibuka.

Lantas, bagaimana cara mengatasi kamera android yang tidak bisa dibuka tersebut? Berikut ini informasi selengkapnya yang bisa Anda simak.

Cara Memperbaiki Kamera Android yang Tidak Bisa Dibuka

Sama seperti jenis aplikasi lainnya, aplikasi kamera di HP android juga bisa mengalami error. Penyebabnya pun bermacam-macam, yang pasti cara memperbaikinya sangat mudah. Adapun cara memperbaiki kamera android yang tidak bisa dibuka selengkapnya, sebagai berikut:

1. Restart HP Android

Cara yang pertama bisa Anda lakukan untuk mengatasi kamera HP tidak bisa dibuka yakni dengan melakukan restart atau mulai ulang. Cukup menekan tombol daya pada HP, kemudian pilih opsi Restart atau Mulai Ulang.

Setelah HP menyala kembali, Anda buka lagi aplikasi Kamera. Biasanya setelah dilakukan restart ini kamera akan normal kembali. Tidak hanya itu, performa kinerja HP juga akan lebih cepat dan responsive setelah dilakukan restart.

2. Hapus Cache Kamera

File cache yang menumpuk di aplikasi Kamera biasanya juga bisa menyebabkannya error, sehingga tidak bisa dibuka. Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan penghapusan file cache tersebut. Adapun langkah-langkah melakukannya yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi atau Manajemen Aplikasi. Jika tidak menemukannya, Anda bisa klik dulu opsi Pengaturan Tambahan, lalu pilih Aplikasi Terinstall.
  • Sekarang cari dan pilih aplikasi Kamera.
  • Lalu masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik Hapus Cache atau Bersihkan Cache.
👉 TRENDING :   Cara Membuat Playlist Spotify untuk Orang Lain

Setelah dilakukan penghapusan cache, sekarang Anda bisa coba buka lagi aplikasi Kamera di HP tersebut.

3. Update Aplikasi Kamera ke Versi Baru

Aplikasi kamera yang tidak bisa dibuka, bisa jadi karena sudah usang dan perlu diperbarui ke versi yang lebih baru. Pasalnya, pada aplikasi lama biasanya memang terdapat banyak bug dan error di dalamnya.

Untuk mengupdatenya sendiri Anda bisa mengunjungi halaman Toko Aplikasi atau App Store bawaan sesuai merek HP-mu. Kemudian bisa langsung download aplikasi Kamera versi terbaru di sana. Sementara jika Anda menggunakan aplikasi Kamera yang didownload dari Google Playstore, maka Anda cari aplikasi tersebut di Google Playstore dan klik Update.

4. Hapus Data Kamera

Jika memang masih tetap tidak bisa, mungkin masalah error ini dikarenakan data yang corrupt pada aplikasi. Untuk itu, Anda perlu melakukan penghapusan data aplikasi agar bisa kembali normal.

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi atau Manajemen Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi Kamera.
  • Lalu klik Paksa Berhenti.
  • Lanjutkan dengan klik Penyimpanan.
  • Lalu klik tombol Hapus Data dan lakukan konfirmasi.

Itulah tadi cara memperbaiki kamera android yang tidak bisa dibuka dengan mudah. Secara umum, masalah ini muncul karena adanya sistem bermasalah. Baik dari hp maupun aplikasinya, sehingga tidak perlu terlalu risau.

Beda cerita jika kamera bisa dibuka, namun hanya terlihat hitam. Kalau begini, kemungkinan besar yang bermasalah adalah hardwarenya. Semoga informasi di atas bermanfaat.