5 Aplikasi Cek Pajak Kendaraan Bermotor, Mudah dan Cepat
5 Aplikasi Cek Pajak Kendaraan Bermotor, Mudah dan Cepat

5 Aplikasi Cek Pajak Kendaraan Bermotor, Mudah dan Cepat

Pajak kendaraan merupakan hal yang wajib dibayarkan oleh semua pengguna kendaraan bermotor. Untuk melakukan pengecekan sendiri bisa dengan mudah dengan menggunakan Aplikasi Cek Pajak Kendaraan yang dapat di unduh melalui Google PlayStore atau AppStore. Dengan hadirnya aplikasi cek pajak kendaraan ini tentu sangat memudahkan masyarakat untuk menunaikan kewajiban pajak mereka setiap tahun.

Dengan mengeceknya menggunakan aplikasi cek pajak kendaraan, maka wajib pajak akan mengetahui kapan jatuh tempo pajak sehingga wajib pajak tidak perlu khawatir lupa yang nantinya dapat dikenakan sanksi berupa denda administrasi. Dengan membayar pajak kendaraan tepat waktu pengendara tidak perlu lagi was-was soal kendaraan nya dan tidak perlu lagi takut jika ada penertiban lalu lintas yang dilakukan oleh pihak kepolisian.

Aplikasi Cek Pajak Kendaraan Bermotor

Semua jenis kendaraan bermotor telah dikenai kewajiban membayar pajak baik pajak tahunan ataupun pajak lima tahunan. Dengan demikian negara akan mendapatkan sejumlah pemasukan yang nantinya juga digunakan untuk keperluan bersama dan dikelola oleh pemerintah.

Regulasi mengenai Pajak Kendaraan Bermotor atau PKB sendiri telah diatur dalam UU Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Dalam aturan tersebut juga memuat soal denda apabila wajib pajak terlambat membayar denda. Keterlambatan satu hari dihitung sama dengan terlambat satu bulan. Jadi apabila kamu terlambat membayar pajak nanti maka akan di kalkulasi berapa bulan anda terlambat dan akan dikenakan denda sesuai Undang Undang yang telah berlaku.

Aplikasi cek pajak kendaraan yang akan saya share disini semuanya sudah ada di playstore atau appstore. Jadi anda tinggal download aplikasinya dan inputkan data yang dibutuhkan maka akan muncul tampilan mengenai kapan pengguna wajib membayar pajak dan informasi lainnya. Berikut beberapa aplikasi cek pajak kendaraan yang bisa langsung kalian gunakan.

1. Cek Pajak Kendaraan

Cek Pajak Kendaraan
Cek Pajak Kendaraan

Unduh Aplikasi

Aplikasi cek pajak kendaraan yang pertama adalah Cek Pajak Kendaraan. Aplikasi ini dapat membantumu untuk mengecek status pajak dan nomor polisi kendaraan kalian. Aplikasi ini tergolong ringan dan tidak terdapat banyak iklan didalam nya.

Cara menggunakannya cukup mudah, kamu cukup memilih provinsi lalu memasukkan nomor plat kendaraan dan aplikasi ini akan menampilkan informasi seperti tanggal akhir pajak, tanggal akhir STNK dan jumlah pajak yang wajib kamu bayarkan. Jika status pajakmu menunggak, maka akan ditampilkan juga berapa jumlah denda yang wajib kamu bayar.

👉 TRENDING :   Kumpulan Twibbon Idul Fitri 2022 Dengan Desain Terbaik

2. SAKPOLE e-SAMSAT JATENG

SAKPOLE e-SAMSAT JATENG
SAKPOLE e-SAMSAT JATENG

Unduh Aplikasi

Aplikasi cek pajak kendaraan yang kedua adalah SAKPOLE e-SAMSAT JATENG. Aplikasi ini di khususkan bagi warga jawa tengah yang didalamnya juga memuat informasi soal pajak kendaraan. Aplikasi SAKPOLE e-SAMSAT JATENG saat ini di kelola oleh PSI – BPPD Provinsi Jawa Tengah. Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk membayar pajak melalui e-samsat sehingga kamu tidak harus ke kantor samsat untuk membayar pajak kendaraan.

Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk melihat Informasi Status (Blokir) Kendaraan Bermotor, GPS lokasi seperti kantor Samsat, ATM, Kantor Jasa Raharja dll.

3. SAMBARA

SAMBARA
SAMBARA

Unduh Aplikasi

Aplikasi cek pajak kendaraan di urutan ke-tiga ada SAMBARA. Aplikasi ini hanya di khususkan untuk wilayah Jawa Barat yang dikelola langsung oleh BAPENDA Jawa Barat yang berguna untuk melakukan cek pajak kendaraan bermotor di wilayah Jawa Barat.

Hampir mirip dengan aplikasi sebelumnya, aplikasi SAMBARA ini juga bisa menampilkan status pajak kendaraan, melihat lokasi samsat di wilayah Jawa Barat, sampai dengan melakukan pembayaran samsat online. Cara menggunakan aplikasi inipun sama dengan aplikasi sebelumnya, yakni dengan memasukkan nomor plat kendaraan bermotor, dan informasi kendaraan akan muncul setelahnya.

Sekali lagi, aplikasi ini di buat khusus untuk pendududuk Jawa Barat. Jika kamu berada di luar Jawa Barat kamu dapat mencari aplikasi cek pajak kendaraan di playstore yang sesuai dengan daerah anda.

4. Cek Pajak Motor Mobil

Cek Pajak Motor Mobil
Cek Pajak Motor Mobil

Unduh Aplikasi

Aplikasi cek pajak kendaraan di urutan ke-empat yakni Cek Pajak Motor Mobil. Aplikasi ini secara keseluruhan memiliki fungsi dan fitur yang hampir mirip dengan aplikasi lainnya, yaitu akan menampilkan informasi pajak dan juga info kendaraan seperti alamat dan plat nomor.

Aplikasi ini juga dapat di manfaatkan untuk mengecek banyak nomor kendaraan sehingga kamu bisa membantu saudara ataupun tetangga yang memerlukannya ya.

5. Samsat Online

Samsat Online
Samsat Online

Unduh Aplikasi

Aplikasi cek pajak kendaraan di urutan paling akhir yaitu Samsat Online. Sesuai namanya, aplikasi ini dapat digunakan untuk mengetahui berbagai informasi pajak kendaraan, pembayaran, data informasi kendaraan, bahkan dapat menampilkan nilai jual kendaraan secara online. Oleh karena itu aplikasi ini memang memiliki segudang fitur bermanfaat dibanding dengan aplikasi sebelumnya.

👉 TRENDING :   5 Aplikasi Penghasil Uang Halal dan Paling Aman

 

Nah itu dia ke-lima aplikasi cek pajak kendaraan yang telah saya bagikan ke kalian semua. Kamu harus mencobanya apakah aplikasi ini bisa tersedia untuk daerah kalian ya. Semoga aplikasi kali ini yang saya share bisa bermanfaat buat kalian dan dapat membuat kalian mengetahui langsung tanggal berapa kalian harus membayar pajak kendaraan anda agar tidak sampai terlambat dan merugi karena harus menanggung denda. Terimakasih