Ini Dia Perbedaan Alphard dan Vellfire yang Perlu Anda Tahu
Ini Dia Perbedaan Alphard dan Vellfire yang Perlu Anda Tahu

Ini Dia Perbedaan Alphard dan Vellfire yang Perlu Anda Tahu

Pecinta mobil keluarga mewah pasti sudah tidak asing lagi dengan dua MPV (multi purpose vehicle) PT Toyota Astra Motor seri Alphard dan Vellfire. Pada tahun 2018 kemarin, mereka menghadirkan produk terbaru dari keduanya. Meskipun sudah populer, ternyata masih banyak orang yang belum paham dengan perbedaan Alphard dan Vellfire.

Agar tidak ketinggalan jaman, New Alphard dan New Vellfire tentu mengalami banyak perubahan. Baik itu dari segi interior maupun eksterior yang semakin ciamik. Wajar apabila harga Alphard dan Vellfire terbaru melonjak sekitar Rp. 20,5 juta – Rp. 50,3 juta dibandingkan sebelumnya.

Secara sekilas, keduanya memang mempunyai kemipiran. Lantas, perbedaan Alphard dan Vellfire itu apa saja? Temukan jawabannya pada pembahasan berikut.

Perbedaan Eksterior

Toyota menjelaskan apabila keduanya membawa karakter berbeda. New Vellfire didesain sebagai mobil MPV mewah dengan nuansa modern, cool, dan hightech. Disisi lain, New Alphard menampilkan nuansa lebih dynamic formal.

Perubahan di bagian wajah bisa dilihat pada model hood moulding, headlamp, grille, bumper, sekaligur foglamp bezel. Bedanya, Alphard mempunyai ukuran grille lebih besar dengan bilah vertikal dan aksen krom. Grille seolah-olah membelah bagian depannya sampai ke bawah.

Sedangkan Vellfire menerapkan grille berornamen horizontal. Logo yang dipasang keduanya, tepat dibagian tengah grille, lagi-lagi berbeda. Alphard memakai lambang khusus sedangkan Vellfire memakai logo Toyota biasa.

Sekarang mari kita tengok bagian headlights atau lampu utama, keduanya jelas berbeda. Alphard menerapkan desain tunggal sementara Vellfire terlihat seperti memiliki dua bagian. Dimana bagian bawahnya menyesuaikan diri menurut alur grille. Desain lampu kabut yang digunakan masing-masing juga berbeda.

Beralih ke bagian samping, kali ini tidak begitu banyak perbedaan Alphard dan Vellfire. Desain velg yang dipakai keduanya bahkan sama persis. Desain pada buritannya juga terlihat hampir mirip. Hanya model emblem Vellfire dan Alphard yang berada di sebelah kiri pintu belakang terlihat berbeda.

Perbedaan Interior

Interior Vellfire dan Alphard sangatlah mirip, baik itu dari tata letak sampai pemakaian kursi captain seat. Keduanya berbeda pada penggunaan aksen ornamen panel kayu.

👉 TRENDING :   Mobil SUV yang Paling Cocok untuk Anak Muda Terbaru 2022

Warna metal brown wood mendominasi ornamen Toyota varian Hybrid dan 2.5 x 2.5 G. Sementara itu, interior New Alphard 3.5 Q didominasi oleh warna hitam dan dilengkapi aksen cantik brown olive ash brull woodgrain.

Pada mobil Vellfire varian 2.5 G, ornamennya menerapkan metal wood yang didominasi warna hitam.
Ada sedikit perbedaan Alphard dan Vellfire pada bagian dashboardnya. Alphard menerapkan instrumen pengaturan audio yang ada di bawah layar dengan sistem multimedia.

Pada mobil Vellfire, pengaturan audio sistem multimedia menggunakan dua pilihan. Yaitu melalui tombol pengaturan pada lingkar kemudi dan touch screen.

Kedua mobil MPV mewah ini dibekali fitur Digital Rear View Mirror sebagai pelengkap kamera parkir yang sudah tersedia sebelumnya. Lebih menarik lagi, ada tambahan angle pengelihatan ketika sedang parkir.

Khusus untuk mobil varian 2.5 G Vellfire, 3.5 Q, 2.5 G, dan Hybrid mendapatkan fitur bernama Blind Spot Monitor. Fitur tersebut berfungsi untuk memudahkan pengemudi dengan memperluas pandangan khususnya pada bagian blind spot.

Hanya varian 3.5Q, ia memakai teknologi auto idling terbaru sebagai pendukung performa konsumsi bahan bakarnya agar lebih efektif.

Perbedaan Transmisi dan Mesin

Untuk bagian ini keduanya memiliki perbedaan yang menonjol.  Alphard terdiri dari tiga tipe, yaitu 3.5 Q AT, 2.5 X AT, dan 2.5G. Alphard tipe X dan G mengandalkan mesin in-line, DOHC, 16 valve, 4-cylinder, Dual VVT-i berkapasitas 2.494cc. Mesin tersebut bertenaga 180 ps dan torsi mencapai 23,9 kgm. Kemudian dikombinasikan dengan transmisi Continuos Variable Transmission (CVT).

Tipe paling tinggi 3.5 Q A/T menggunakan mesin V Type, DOHC, 24 valve, 6-cylinder, Vhain Drive with Dual VVT-i berkapasitas 3.456cc. Mesin ini mempunyai torsi 34.7 kgm dan bertenaga 275 ps. Transmisi mengandalkan otomatis 6-speed Sequential.

Sementara itu, Vellfire hanya terdiri dari satu tipe saya, yaitu 2.5 G AT. Mobil MPV mewah ini menggunakan transmisi dan mesin yang sama seperti Alphard varian G dan X.

Perbedaan Harga Alphard dan Vellfire

Perbedaan Alphard dan Vellfire yang terakhir adalah soal harga. Alphard 3.5 Q A/T merupakan varian termahal, ia dibanderol sekitar Rp. 1.773.400.000. Kemudian disusul Alphard 2.5 G A/T seharga Rp. 1.079.600.000 dan Alphard 2.5 X A/T yang dijual Rp. 925.200.000.

👉 TRENDING :    Wajib Tahu! Ini Daftar Mobil Coupe Termahal Di Dunia 2022

Adapun harga Vellfire 2.5 G A/T dibanderol dengan harga Rp. 1.077.600.000. Sekarang Anda sudah tahu bukan mana yang lebih mahal Alphard atau Vellfire?

Demi memberikan kebebasan kepada pelanggan dalam memilih mobil kesukaannya, New Vellfire dan New Alphard menghadirkan warna baru. Yaitu terdiri dari Graphite Metalic dan Steel Blonde Metalic, sebagai pengganti warna model sebelumnya.