5 Aplikasi Aksara Jawa, Membuat Tulisan Aksara Jawa di HP Android
5 Aplikasi Aksara Jawa, Membuat Tulisan Aksara Jawa di HP Android

5 Aplikasi Aksara Jawa, Membuat Tulisan Aksara Jawa di HP Android

Pernahkah anda berada di momen yang tiba-tiba membutuhkan sebuah aplikasi aksara jawa baik untuk keperluan tugas sekolah atau hanya sekedar kepo atau memang hobi? Kalau anda tinggal di daerah jogja, tentu sudah sering sekali bukan melihat papan petunjuk jalan yang ditulis menggunakan aksara jawa. Biasanya tulisan tersebut juga disertai dengan tulisan huruf latin juga, jadi kalian tidak perlu khawatir ya.

Untuk kamu yang memang berniat belajar aksara jawa melalui aplikasi aksara jawa android, aplikasi yang saya bagi nanti mungkin bisa membantumu ya. Karena disini saya telah menyaring beragam aplikasi dan yang terbaik menurut saya dan akan saya tampilkan didalam artikel ini.

Beberapa dari aplikasi aksara jawa ini mempunyai fitur yang bisa memunculkan suara yang kita tulis lo, mau tau aplikasinya apa saja? yuk simak artikel dibawah ini ya.

Daftar Aplikasi Aksara Jawa

Dikutip dari (wikipedia.org) Aksara Jawa adalah sistem tulisan abugida yang terdiri dari sekitar 20 hingga 33 aksara dasar, tergantung dari penggunaan bahasa yang bersangkutan. Nah berkenaan dengan hal itu disini saya akan membagikan beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa membantumu belajar sekaligus menulis tulisan aksara jawa dengan bantuan aplikasi aksara jawa ini.

1. Aksara Jawa

Aksara Jawa Apk
Aksara Jawa Apk

Buka Aplikasi

Saat pertama kali anda mencoba aplikasi aksara jawa ini, kesan pertama yang akan kalian dapat adalah aplikasi ini sangat ringan dan cukup simple. Karena memang aplikasi ini mempunyai ukuran yang cukup kecil yakni sekitar 2,8 MB saja. Didalam aplikasi ini terdapat 6 kategori sebagai perkenalan awal dalam belajar huruf jawa. Kategori yang saya maksud adalah Aksara Jawa, Sandangan, Aksara Murda, Aksara Swara, Wilangan, dan Aksara Rekan.

Aplikasi ini juga memberikan contoh kata disetiap kategori yang akan buat. Misal kita memilih kategori aksara jawa dan aplikasi akan memberikan contoh kata “Nanas” ketika kita mengetik huruf “Na”. Selain itu terdapat juga fitur traslate dari aksara jawa ke tulisan latin dan juga sebaliknya.

Yang disayang kan dari aplikasi ini adalah pengembang aplikasi ini yaitu Hirson ini tidak memberikan update aplikasi lagi dan berhenti update di tahun 2018.

2. Nulis Aksara Jawa

Nulis Aksara Jawa
Nulis Aksara Jawa

Buka Aplikasi

Aplikasi aksara jawa yang kedua adalah Nulis Aksara Jawa. Aplikasi ini dapat mendorong penggunanya untuk terus berlatih menulis aksara jawa, karena pada saat pengguna masuk aplikasi maka akan langsung di perintahan untuk menulis sebuah kata dan otomatis aplikasi ini akan menterjemahkan kedalam aksara jawa.

👉 TRENDING :   5 Aplikasi Edit Foto Menjadi Video Terbaik di HP Android

Untuk kekurangan dari aplikasi Nulis Aksara Jawa yang di kembangkan oleh UZAN ini sendiri adalah belum ada fitur untuk melakukan pengecekan apakah kata yang kita tulis sudah benar atau belum.

3. Hanacaraka

Hanacaraka
Hanacaraka

Buka Aplikasi

Aplikasi aksara jawa yang ketiga adalah aplikasi Hanacaraka. Aplikasi ini tergolong lengkap karena aplikasi ini dapat memberitahu ragam aksara, cara penggunaan, dan cara menulis, juga tak lupa menyertakan cara bacanya. Selain itu terdapat pula aturan dalam pemakaian tanda baca yang juga disertai contohnya.

Yang menarik dari aplikasi hanacarakan ini adalah terdapatnya fitur latihan dan evaluasi yang bisa user gunakan untuk mengetes kemampuan menulis aksara jawa kalian. Di fitur latihan nantinya kamu akan di uji dengan membaca huruf aksara jawa, menulis aksara jawa, membaca kata, juga mengucapkan kata.

Jika kamu merasa sudah cukup mahir kamu bisa mencoba kemampuanmu dengan mengerjakan soal evaluasi yang ada. Dalam soal evaluasi kamu akan ditantang dengan tiga level kesulitan. Untuk ukuran aplikasi Hanacaraka sendiri cukup kecil yakni sekitar 3,9 MB saja.

4. Sinau Bahasa Jawa

Sinau Bahasa Jawa
Sinau Bahasa Jawa

Buka Aplikasi

Aplikasi aksara jawa di urutan ke empat ada Sinau Bahasa Jawa. Tampilan awal saat kalian membuka aplikasi ini adalah kalian akan di suguhkan dengan dua tombol navigasi. Tombol kiri akan membawa kalian menuju materi belajar, dan tombol kanan akan mengantar kalian menuju permainan tebak-tebakan.

Di bagian materi belajar ini terdapat 12 materi yang tersedia. Dua materi telah terbuka dan dapat langsung di pelajari yakni Tembung dan Aksara Carakan. Tembung sendiri ialah contoh kata-kata dalam bahasa Jawa yang disertai dengan aturan pakai nya. Sedangkan Aksara carakan ialah berisi 20 huruf aksara jawa dengan beberapa contoh pemakaian yang benar.

Untuk bagian permainan, terdapat 20 tema yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari seperti rumah, sekolah, bermain, olah raga dan lainnya. Untuk setiap tema, aplikasi ini menyiapkan setidaknya 45 level tingkat kesulitan.

5. Marbel Hanacaraka

Marbel Hanacaraka
Marbel Hanacaraka

Buka Aplikasi

Jika aplikasi aksara jawa diatas terkesan serius dan seperti di peruntukkan untuk pelajar menengah ke atas, namun akan berbeda dengan aplikasi Marbel Hanacaraka ini. Aplikasi yang satu ini lebih ke santai dan sangat ramah untuk anak-anak.

👉 TRENDING :   5 Aplikasi Ujian Online Berbasis Android, Serasa Ikut UN!

Saat kalian buka aplikasi ini, kalian akan disambut dengan suara narator yang ramah. Selain itu terdapat pula musik yang mengiring sepanjang aplikasi ini kalian buka. Aplikasi ini membagi fitur menjadi dua katerogi yakni belajar dan bermain.

Pada fitur belajar nantinya terdapat 10 materi belajar yang telah disediakan. Tiga yang telah terbuka yakni aksara, pasangan, dan sandhangan. Untuk mengakses fitur lain kamu harus membuka gembok yang terkunci dengan menonton iklan yang di perintahkan.

 

Nah itu dia ke-lima aplikasi aksara jawa terbaik yang telah saya rangkum untuk kalian semua. Aplikasi ini tentu berguna banget ya buat kamu yang serius belajar ataupun hanya sekedar ingin tau tulisan aksara jawa yang kalian temui. Kalau kalian merasa artikel ini penting untuk di ketahui teman kalian, boleh kok kalau artikel ini kalian share ke temen kelasmu. Sekian dulu ya dari saya, nantikan artikel menarik di blog ini ya. Terimakasih