Aplikasi Kalender Hijriyah Paling Lengkap
Aplikasi Kalender Hijriyah Paling Lengkap

5 Aplikasi Kalender Hijriyah Paling Lengkap

Kalender Hijriyah adalah sebuah sistem penanggalan yang dibuat oleh umat Islam pada abad ke 7 silam. Kalender Hijriyah pada awalnya diprakarsai oleh Sahabat Rasulullah yaitu Khalifah Umar bin Khattab dan hingga saat ini kalender Hijriyah masih tetap digunakan oleh umat muslim di seluruh dunia untuk menentukan hari-hari besar umat muslim di seluruh dunia.

Dengan kejeniusan Umar Bin Khattab, Umar mengumpulkan para sahabat-sahabat Kibar pada saat itu pembesar-pembesar Sahabat Untuk mendiskusikan untuk menetapkan pola penamaan sekaligus penetapan tahun kalender dalam masa keislaman. Kemudian didiskusikanlah pada saat itu di bawah pimpinan sahabat Umar Bin Khattab dan beberapa sahabat – sahabat di sampaikan kemudian persoalannya didiskusikan secara singkat. Kemudian beberapa mengusulkan gagasan yang beberapa gagasan mendapatkan penolakan dengan cara yang lembut, secara singkat kemudian para sahabat sepakat bahwa kalender Hijriyah ditetapkan pada saat peristiwa hijrahnya nabi Muhammad Saw dan dinamai kalender Hijriyah.

Aplikasi Kalender Hijriyah

1. Kalender Indonesia Lengkap

Kalender Indonesia ini sangat mirip dengan kalender dinding di rumahmu. Oleh karena itu, sangat mudah digunakan dan tampilannya menarik. Kelebihan lain kalender ini adalah berisi libur nasional dan cuti. Kalender umum ini dilengkapi dengan kalender Hijriyah atau kalender bulan Islam yaitu Muharram, Shafar, Rabiul Awal, Rabiul Akhir, Jumadil Awal, Jumadil Akhir, Rajab, Sya’ban, Ramadhan, Syawal, Dzulkaiddah, Dzulhijjah. Selain itu ada juga tanggalan Jawa plus hari pasaran yaitu wage, kliwon, legi, pahing, pon.

Fitur lain yang tak kalah menarik, adalah jadwal kegiatan dan catatan harian yang terhubung dengan Google kalender sehingga ada pengingat otomatis. Aplikasi kalender ini dapat digunakan baik secara offline maupun online.

2. Kalender Hijriah – Puasa Sunnah

Aplikasi ini memiliki perhitungan yang akurat, karena perhitungan dilakukan berdasarkan metode rukyah global, dan sudah disesuaikan dengan kalender hijriah yang digunakan di Indonesia. Kalender Hijriyyah ini memuat penanggalan hijriyah terbaru yaitu Hijriyah 1444/1445. Selain itu juga dilengkapi dengan Kalender Jawa dan hari pasaran.

Selain itu, kalender Hijriyah ini juga dikombinasi dengan kalender masehi, sehingga berfungsi sebagai converter dan memudahkan melakukan konversi tanggal dari hijriah ke masehi atau sebaliknya. Aplikasi ini tidak menggunakan rumus umum penghitungan tanggal hijriah karena sering ada selisih hari dan perbedaan tanggal hari besar Islam.

👉 TRENDING :   5 Aplikasi Edit Foto Menjadi Video Terbaik di HP Android

Aplikasi ini juga lengkap dengan jadwal Puasa Sunnah, jadwal Shalat lima waktu, kalender masehi, mesjid terdekat, dan lain-lain. Dengan demikian sangat berguna bagi kaum muslim dalam beribadah.

3. Kalender Islam

Kalender Islam mirip dengan kalender dinding, sehingga mudah dipahami. Selain itu, aplikasi ini dilengkapi dengan tanggal hari libur dan cuti serta tanggal peringatan hari penting nasional dan internasional. Tanggalan hijriah pada aplikasi ini dijaga keakuratannya dan mengikuti tanggalan yang berlaku di Indonesia.

Aplikasi Kalender Islam ini juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur seperti jadwal sholat, konversi tanggal masehi ke hijriah, kalkulator umur, serta widget halaman depan.

4. Kalender Islami Muslim

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang cukup populer bagi orang Muslim. Aplikasi ini memberikan pengguna akses ke Kalender Islam, Al-Quran, Kompas Kiblat, Waktu Salat, Azan, Doa, Jadwal Ramadan, Kartu Ucapan Islami, Kalkulator Zakat, Penghitung Tasbih, pencari Masjid & Restoran Halal dengan Pengingat Ayat al-Quran, Hadis dan Kutipan Harian.

Nah itulah tadi beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk melihat kalender Hijriyah dan juga fitur lainnya yang bisa kamu manfaatkan.