Cara Membuat Kartu Ucapan Lebaran Yang Unik Dan Mudah
Cara Membuat Kartu Ucapan Lebaran Yang Unik Dan Mudah

Cara Membuat Kartu Ucapan Lebaran Yang Unik Dan Mudah

Pernahkah anda mencari tau tentang cara membuat kartu ucapan lebaran atau biasa disebut greeting card? atau mungkin bahkan anda tidak tau apa itu greeting card? nah, biar makin paham sini mimin jelasin apa yang dimaksud dengan greeting card atau kartu ucapan itu. Menariknya, kalian bisa membuat kartu ucapan lebaran ini hanya dari smartphone kalian lo.

Greeting card adalah sebuat kartu ucapan selamat yang di desain seunik mungkin guna merayakan suatu momen spesial seperti hari raya, hari nasional, atau bahkan hari spesial lain. Biasanya greeting card di bagikan di acara perkumpulan keluarga atau kelompok yang sedang merayakan hari spesial mereka.

Umumnya kartu ucapan lebaran atau greeting card ini tidak hanya berupa rangkaian kalimat saja, tapi juga berisi gambar unik sesuai dengan momen yang sedang di rayakan. Sebagai contoh hari lebaran idul fitri ini, kalian bisa turut serta merayakan lebaran ini dengan membagikan kartu ucapan anda kepada keluarga dan juga teman-teman anda semua.

Cara Membuat Kartu Ucapan Lebaran

Awalnya greeting card atau kartu ucapan ini dibuat dengan desain manual yakni dengan kartas warna yang diberi hiasan gambar dan tulisan menarik lainnya. Semakin berkembanya zaman, kartu ucapan manual dari kertas mulai di tinggalkan dan banyak yang beralih menggunakan kartu ucapan digital yang bisa di share kemanapun.

Buat anda yang tidak memiliki keahlian khusus di bidang desain grafis, kalian tidak usah khawatir. Karena disini saya akan sharing bagaimana cara membuat kartu ucapan lebaran yang mudah tanpa butuh keahlian khusus. Cukup menggunakan smartphone kalian sudah bisa mendesain sendiri greeting card yang kalian inginkan.

Beberapa rekomendasi aplikasi editor terbaik berikut ini bisa kalian coba untuk membuat kartu ucapan lebaran. Caranya cukup mudah, kalian tinggal ikuti saja panduan yang akan saya tulis dibawah ini.

1. Canva

Canva greeting card
Canva greeting card, sumber gambar : canva.com

Cara membuat kartu ucapan lebaran digital yang pertama adalah melalui aplikasi Canva. Beragam fitur dan template menarik disediakan oleh aplikasi ini sehingga bisa memudahkan anda untuk memilih desain kartu anda sendiri. Aplikasi ini juga bisa digunakan melalui pc ataupun smartphone.

Dengan menggunakan aplikasi canva ini, kebutuhan post di instagram, facebook, wa dan media sosial lain kalian akan lebih menarik. Untuk cara membuat kartu ucapan lebaran di aplikasi canva ini bisa kalian ikuti tutorial berikut.

  • Download apliasi Canva di google play store atau App store
  • Daftar dengan menggunakan email
  • Setelah berhasil mendaftar, Klik menu Card
  • Akan muncul beberapa opsi jenis kartu, Pilih Eid Al-Fitr Card
  • Disini kalian bebas memilih template bawaan atau mendesain sendiri kartu anda
  • Kalau kalian pilih template, kalian bisa edit sesuai keinginan kalian mulai dari edit warna kartu, font dan ukuran tulisan, hingga elemen dekorasi.
  • Kalau anda memilih untuk mendesain sendiri, kalian bisa manfaatkan fitur yang tersedia didalam aplikasi Canva
  • Sisipkan foto dari galeri anda untuk membuat kesan desain lebih personal
  • Setelah selesai, jangan lupa untuk klik simpan
  • Setelah itu Canva akan mengirimi email kepada anda  yang berisi desain yang anda buat tadi dan dapat di unduh langsung.
👉 TRENDING :   Cara Daftar Shopee Sebagai Penjual di HP

2. Greeting Island

greeting island apk
greeting island apk, sumber gambar : winudf.com

Cara membuat kartu ucapan lebaran yang kedua adalah dengan menggunakan aplikasi Greeting Island. Software ini juga menyediakan beragam fitur template dan desain dari perayaan penting yang menarik sekaligus bisa memanjakan para user nya.

Anda tidak hanya bisa membuat greeting card idul fitri disini, masih banyak juga template hari perayaan lain yang bisa kalian pakai untuk keperluan anda. Salah satu fitur menarik dari aplikasi Greeting Island ini adalah pengguna bisa menambahkan tulisan di balik kartu yang di buat.

Untuk cara membuat kartu ucapan lebaran melalui aplikasi ini bisa kalian ikuti saja petunjuk yang telah ada di dalam aplikasinya langsung.

3. Muslim Cards Pro

Muslim Cards Pro
Muslim Cards Pro

Cara membuat kartu ucapan lebaran yang selanjutnya adalah dengan aplikasi Muslim Cards pro. Dilihat dari nama aplikasi nya saja sudah dapat di ketahui dengan jelas bahwa aplikasi ini di tujukan untuk orang yang beragama islam. Tapi tenang aja, didalam aplikasi ini banyak juga kok template yang mungkin saja bisa cocok dengan desain yang akan anda buat.

Didalam aplikasi ini juga tersedia font berbahasa arab yang tentu saja akan sangat berguna jika kalian berniat membuat desain kartu ucapan lebaran ini. Padukan tulisan latin dan arab agar dapat menghasilkan desain yang unik dan menarik. Jangan lupa juga simpan dan bagikan desain anda ke akun media sosial kalian masing-masing.

4. Adobe Spark

Adobe Spark
Adobe Spark, sumber gambar : adobe.com

Membuat greeting card hari raya juga bisa menggunakan aplikasi yang bernama Adobe Spark ini. Adobe memang terkenal sebagai software editing foto ataupun video baik di pc ataupun smartphone.

Adobe Spark menyediakan berbagai template yang bisa kalian gunakan terutama untuk kartu ucapan lebaran ini. Desain di adobe sendiri bisa kalian edit sesuka hati kalian dan bisa kalian custom sendiri desain tersebut.

Beragam tool editing yang disediakan seperti beragam jenis font, pilihan warna, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini sangat di rekomendasikan untuk kalian yang ingin membuat desain mandiri, selain itu aplikasi ini juga gratis jadi sangat cocok buat kalian coba.

5. PicsArt

PicsArt
PicsArt, sumber gambar : picsart.com

Apliasi membuat kartu lebaran yang terakhir adalah PicsArt. Aplikasi ini tidak kalah populer dengan aplikasi diatas yang lain. Selain cocok buat pemula, aplikasi ini juga banyak dipakai oleh desainer professional untuk keperluan project mereka.

👉 TRENDING :   Inilah 5 Cara mengatasi Google Drive Tidak Bisa Upload

Sebenarnya PicsArt adalah aplikasi edit foto tapi bisa kalian edit dan custom sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan desain kartu ucapan lebaran yang sangat cantik. Jika kalian mau tau cara membuat kartu ucapan lebaran melalui aplikasi PicsArt ini, simak caranya berikut.

  • Download aplikasi PicsArt di Play Store atau App Store, lalu buka aplikasinya
  • Pilih canvas lalu pilih ukuran yang kalian inginkan
  • Selanjutnya pilih patern sebagai background, selain itu kamu juga bisa menggunakan foto galeri sebagai background. Jika hanya ingin menggunakan warna tertentu, pilih kanvas putih polos
  • Klik panah pojok kiri atas untuk lanjut
  • Selanjutnya pilih warna background, klik palette warna pada sudut kiri bawah dan tentukan warnanya
  • Klik ikon panah pada sudut kanan atas lalu klik edit image
  • Klik add photo jika ingin menggunakan foto galeri sebagai background, atau pilih background yang telah tersediat sebagai tekstur nya
  • Atur opacity agar gambar terlihat menyatu dengan smooth
  • Gunakan fitur pada menu dibawahnya untuk mempercantik desain kalian
  • Gunakan Teks untuk menulis kalimat ucapan kalian
  •  Jika sudah jangan lupa save, selesai

 

Beberapa list aplikasi diatas bisa kalian pakai untuk membuat kartu ucapan lebaran kalian. Kalian bisa pilih untuk menggunakan salah satu aplikasi atau bisa kalian gabungkan berbagai fitur dari aplikasi diatas. Itulah cara membuat kartu ucapan lebaran yang saya rekomendasikan untuk kalian semua. Jika ada aplikasi yang lebih baik lagi tentu nanti akan saya share ke kalian semua. Terimakasih