Cara Penulisan Daftar Pustaka Yang Benar Beserta Contoh
Cara Penulisan Daftar Pustaka Yang Benar Beserta Contoh

Cara Penulisan Daftar Pustaka Yang Benar Beserta Contoh

Walaupun seperti terlihat mudah, pada kenyataannya cara menulis daftar pustaka itu tidak boleh sembarangan lo, terdapat beberapa tahapan yang harus kalian lakukan agar tercipta daftar pustaka yang baik dan benar. Masih banyak orang yang kebingungan mengenai cara membuat daftar pustaka yang benar.

Daftar pustaka juga sangat penting ketika kita membuat sebuah bacaan yang didalamnya memuat pengetahuan yang bersumber dari karya orang lain. Dengan menuliskan daftar pustaka kita bisa terhindar dari tuduhan plagiat pada konten atau karya yang kita buat nanti. Karena daftar pustaka sendiri merupakan bentuk tulisan yang memuat sumber lain yang bukan berasal dari kita sendiri.

Cara Membuat Daftar Pustaka

Untuk cara membuat daftar pustaka ini nanti, saya akan memberikan ulasan beserta contoh langsung dari beberapa model daftar pustaka yang biasa umum dipakai kebanyakan orang. Dengan ini nanti kalian bisa mengembangkan sendiri berbagai bentuk gaya penulisan daftar pustaka.

1. Penulisan Daftar Pustaka dari Sumber Buku

Yang paling penting dalam penulisan daftar pustaka yang bersumber dari buku ialah penulisan dan penempatan tanda baca itu sendiri. Simak penjelasan lengkapnya dibawah ini:

  • Nama

Nama sang penulis harus ditempatkan di urutan paling awal, tulis nama belakang dari penulis terlebih dahulu baru dilanjutkan dengan memberi tanda koma (,) setelah itu baru di cantumkan nama depan dan tengah penulis. Jika sumber karya buku tersebut memiliki dua orang penulis atau lebih, maka penulis pertama saja yang urutan penulisan namanya dibalik sementara yang lain di tulis setelahnya. Dan jika penulis tersebut memiliki gelar maka boleh saja gelar itu tidak di cantumkan.

  • Tahun Terbit

Setelah menuliskan nama penulis, langkah selanjutnya ialah menuliskan tahun terbit buku tersebut. Buku yang dimaksud disini ialah buku dari penulis yang kita ambil referensinya itu, jadi jangan sampai keliru untuk mengetahui kapan tulisan itu diterbitkan.

  • Judul Buku

Langkah berikutnya ialah menuliskan judul buku mereka. Judul buku yang kita tulis harus dibuat dengan penulisan miring (italic).

  • Kota dan Nama Penerbit

Langkah terakhir yang harus kalian lakukan ialah menuliskan Kota dan Nama Penerbit dari buku tersebut. Penulisan nama kota harus di dahulukan baru kemudian di ikuti dengan nama penerbit yang dibatasi dengan tanda titik dua (:).

Penting untuk diketahui, selalu gunakan tanda titik (.) untuk membatasi penulisan nama, tahun terbit, judul buku, juga nama kota dan penerbit.

ūüĎČ TRENDING :   Beberapa Cara Menampilkan Persentase Baterai Xiaomi MIUI 11

Contoh Daftar Pustaka dari Buku:

Data buku yang kita miliki:
Judul     : Keluarga Sejahtera 4
Penulis                 : Dr. Franc F. Scall
Penerbit              : Indonesia Publishing House
Kota Penerbit    : Jakarta
Tahun Terbit      : 2001

Cara Penulisan daftar pustaka:
Scall, Franc F. 2001. Keluarga Sejahtera 4. Jakarta: Indonesia Publishing House.

2. Penulisan Daftar Pustaka dari Artikel dalam Koran, Jurnal, atau Majalah

Sebenarnya tidak berbeda jauh penulisan daftar pustaka dari artikel atau koran ini dengan daftar pustaka dari buku. Hanya saja ada sedikit perbedaan tentang penulisan tanda baca dan juga nama penulis.

  • Nama

Untuk penulisan daftar pustaka yang berasal dari artikel, koran, jurnal atau majalah maka nama yang harus kita cantumkan adalah nama penulisnya langsung jadi bukan nama editor atau yang lainnya.

  • Judul

Untuk penulisan judulnya sendiri, penulisan judulnya harus di dahulukan tanpa ditulis dengan cetak miring akan tetapi di tulis tegak lurus dengan diberikan tanda petik (“) baik di di awal penulisan judul dan juga penutup. Baru setelah itu dilanjutkan dengan penulisan sumber jurnal yang mana penulisan nama jurnal ini harus ditulis dengan tanda miring (italic).

Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Artikel Jurnal:

Data Artikel:
Judul Jurnal        : Sastra Ksatria: Jurnal Bahasa dan Kesastraan Volume 1
Judul Artikel       : Bahasa Indonesia dalam Ruang Publik Kota Surabaya
Penulis                 : Ucup Aminan
Penerbit              : Kantor Bahasa Provinsi Jawa Timur Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kota Terbit          : Surabaya
Tahun Terbit      : 2014

Cara Penulisan:
Aminan, Ucup. 2013. ‚ÄúBahasa Indonesia dalam Ruang Publik Kota Surabaya‚ÄĚ dalam Sastra Ksatria: Jurnal Bahasa dan Kesastraan Volume 1 (hlm. 145-176). Surabaya: Kantor Bahasa Provinsi Jawa Timur Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

3. Penulisan Daftar Pustaka dari Internet

Dijaman yang semakin moderen ini, banyak orang  yang menjadikan artikel di internet ini sebagai referensi. Maka dari itu penting juga untuk mengetahui cara penulisan daftar pustaka yang sumbernya berasal dari artikel di internet. Untuk lebih jelas simak sampai tuntas artikel ini.

  • Nama

Untuk penulisan nama pada daftar pustaka dari internet ini tidak ada bedanya atau bisa dikatakan sama persis seperti dari sumber buku ataupun artikel cetak.

  • Tahun Penayangan

Tuliskan tentang kapan artikel itu tayang

  • Judul

Penulisan judul pada artikel daring juga tidak ditulis dengan italic, melainkan biasa saja dengan diberi tanda kutip (“) diantara judul.

  • URL

Selipkan URL sumber yang valid agar url dapat di akses jika ingin membuktikan ke absahannya.

  • Waktu Pengambilan
ūüĎČ TRENDING :   Cara Melihat Friend Activity di Spotify di iPhone

Jangan lupa pula catat tanggal dan waktu anda saat mengutip suatu referensi yang berasal dari artikel di intenet.

Selain urutan penulisan, tanda batas yang ada dalam daftar pustaka di artikel daring juga berbeda penulisan dengan yang di artikel cetak. Di dalam daftar pustaka artikel daring ini, tanda baca titik (.) hanya berlaku untuk mengakhiri nama penulis serta tahun penayangannya. Sementara yang lainnya seperti batas dari judul ke waktu berupa tanda koma(,).

Contoh Daftar Pustaka dari Internet (Artikel Daring)

Data Artikel:
Judul                     : Beberapa Dampak Mengerikan dari Pemanasan Global
Penulis                 : Iqbal Johard
Tanggal Tayang : 29 September 2014
Waktu Akses      : 24Februari 2022, pukul 10.27
URL                        : http://tekno.liputan6.com/read/2304179/inikah-dampak-mematikan-pemanasan-global

Cara Penulisan:
Johard, Iqbal. 2014. ‚ÄúBeberapa Dampak Mengerikan dari Pemanasan Global‚ÄĚ, http://tekno.liputan6.com/read/2304179/inikah-dampak-mematikan-pemanasan-global, diakses pada 24 Februari 2022 pukul 10.27.

 

Nah itulah beberapa langkah cara membuat daftar pustaka yang baik dan benar dan telah saya berikan contoh penulisan daftar pustaka langsung agar kalian dapat langsung mengerti dan mencobanya. Pentingnya pengetahuan mengenai penulisan daftar pustaka ini harus kalian ketahui agar kalian tidak dituduh sebagai plagiator yang senang mencontek karya orang lain.

Ingat.! Hargai selalu karya orang lain jika kalian ingin di hargai.