Inilah Cara Mengunci Aplikasi di iPhone yang Praktis dan Pasti Aman
Inilah Cara Mengunci Aplikasi di iPhone yang Praktis dan Pasti Aman

Inilah Cara Mengunci Aplikasi di iPhone yang Praktis dan Pasti Aman

Meskipun memiliki spesifikasi yang jauh berbeda dengan ponsel Android, namun jangan salah soal privasi dan keamanan, ponsel iPhone cukup unggul, lho. Ada banyak cara mengunci aplikasi di iPhone yang bisa membantu pengguna menjaga keamanan data dan privasinya. Bahkan cara-cara mengunci di iPhone ini diklaim tidak mudah dibobol atau diretas.

Ini dikarenakan cara mengunci di ponsel iPhone bukan hanya menggunakan kunci kata sandi atau pola saja. Dengan kunci metode ini tentu saja, aplikasi akan mudah dibuka oleh siapa saja yang bisa menebak kata sandinya.

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone

Kali ini saya akan membagikan tips simple cara mungunci aplikasi di iphone. Setidaknya ada 5 cara mengunci aplikasi di iPhone yang ampuh amankan data dan privasi pengguna. Apa saja cara tersebut? Berikut ulasannya.

1. Kunci Aplikasi dengan Face ID

Pembaca pasti tahu bahwa ponsel iPhone telah mengembangkan teknologi Face ID yang canggih. Inovasi fitur keamanan ini memanglah bukan hal yang baru. Namun, iPhone membawa teknologi pengamanan ini ke level yang lebih tinggi lagi. Sayangnya, fitur ini hanya terdapat di iPhone X dan versi iPhone yang lebih baru.

Untuk mengaktifkan fitur ini guna mengunci aplikasi caranya adalah dengan membuka menu pengaturan di ponsel. Kemudian lanjutkan dengan masuk ke bagian akun dan privasi. Jika sudah masuk, gulir ke bagian bawah untuk menemukan Lock Screen. Pilihlah opsi Face ID kemudian lanjutkan dengan memilih aplikasi yang ingin dikunci dengan Face ID.

2. Kunci Aplikasi dengan Touch ID

Jika cara mengunci aplikasi di iPhone sebelumnya hanya bisa digunakan pengguna iPhone X ke atas, cara ini bisa digunakan oleh pengguna iPhone versi lebih lama. Cara ini menggunakan sidik jari sebagai kunci dari aplikasi. Seperti cara sebelumnya, pembaca perlu mengakses menu pengaturan di ponsel iPhone terlebih dahulu.

👉 TRENDING :   Beberapa Gadget Spesifikasi Terbaik yang Ternyata Tidak Laku di Pasaran

Kemudian, lanjutkan dengan memilih fitur Touch ID and Password. Untuk mengaktifkan kunci dengan touch ID, pengguna juga perlu menggunakannya bersama dengan kata sandi. Masukkan kata sandi ponsel pembaca. Kemudian pilihlah aplikasi dari daftar yang disediakan di tampilan layar. Jika sudah, tekan tombol aktivasi Touch ID and Password.

3. Kunci dengan Fitur Restriction

Selain dengan menggunakan Face ID dan Touch ID, iPhone juga mengembangkan sistem keamanan dalam bentuk fitur Restriction. Untuk mengaktifkannya, pengguna bisa masuk ke menu pengaturan terlebih dahulu. Kemudian lanjutkan dengan masuk ke bagian Umum atau General. Pada daftar pilihan yang terdapat di layar, pilihlah Restrictions.

Selanjutnya, tekan tombol aktivasi untuk mulai mengaktifkan fitur Restrictions. Konfirmasi kembali dengan memilih Enable Restrictions. Masukkan password hp untuk memberikan verifikasi identitas pengguna. Jika sudah, pembaca bisa memilih aplikasi mana yang ingin dikunci dengan menggunakan fitur ini.

4. Kunci dengan Bantuan AppLocker

Selain menggunakan fitur bawaan dari iPhone, pengguna juga bisa memanfaatkan bantuan aplikasi pengunci. Pasalnya, aplikasi pengunci memiliki cara pemakaian yang mudah dan praktis. Cukup install aplikasi dan berikan izin pada aplikasi untuk mengakses fitur kunci di hp iPhone. Selanjutnya, pilihlah file, foto, maupun aplikasi yang ingin dikunci.

5. Kunci dengan iProtect

Alternatif lainnya ialah dengan menggunakan aplikasi iProtect. Meskipun memiliki nama yang identik dengan OS ini, aplikasi ini bukanlah aplikasi resmi. Untuk mengunduh aplikasi ini pun tidak bisa melalui App Store, namun harus melalui situs pengembangnya. Singkatnya, cara mengunci dengan iProtect kurang lebih sama seperti menggunakan Applocker pada umumnya.

Itulah beberapa cara mengunci aplikasi di iPhone yang wajib pengguna ketahui. Pastikan untuk tidak melupakan kata sandi dan jangan bagikan kata sandi pengguna kepada orang lain. Tujuannya agar data selalu aman dan tidak dibobol orang yang tidak bertanggung jawab.