Cara Memperbaiki Cartridge Canon Yang Tidak Terdeteksi
Cara Memperbaiki Cartridge Canon Yang Tidak Terdeteksi

Cara Memperbaiki Cartridge Canon Yang Tidak Terdeteksi

Terdapat banyak sekali kasus printer yang kerap dirasakan oleh konsumen. Salah satunya merupakan soal perangkat keras yang merupakan komponen sangat penting dalam suatu mesin cetak yang bernama Katrit ataupun Cartridge( perlengkapan penampung tinta). Sejatinya terdapat tipe lain dari printer yang di katakan sistem infus, tetapi mesin dengan sistem Katrit ataupun inkjet lebih terjangkau serta gampang dalam perihal perawatannnya. Untuk itu saya akan berbagi tips mengenai Cara Perbaiki Cartridge Canon Tidak Terdeteksi kepada kalian semua.

Apa yang diartikan dengan Cartridge? ini merupakan barang yang dapat kita temui pada sesuatu printer yang manfaatnya merupakan buat menampung ink( tinta) yang hendak dialirkan pada head katrit. Bagian ini adalah bagian yang sangat berarti pada suatu printer, sebab ialah mesin penting penghasil cetakan.

Umumnya bila tidak ditangani dengan pas, permasalahan pada bagian printer ini dapat lebih akut serta bisa rusak dan wajib ditukar dengan yang baru, pasti saja harga katrit amat mahal, nyaris 70% harga printer itu adalah harga dari Cartridge.

Konsumen biasa, yang sedang menghadapi masalah Katrit Printer tidak ditemukan, umumnya mereka langsung ganti saja dengan yang baru. Tetapi sehabis membaca postingan ini, kalian nanti dilatih untuk perbaiki sendiri. Semacam perbaiki mesin pada biasanya, Katrit yang cacat, wajib dicari, diketahui terlebih dulu apa faktornya. Kasus yang sangat kerap ditemui, ialah Cartridge tidak ditemukan.

Langkah Memperbaiki Printer Canon yang Rusak

Biasanya, memanglah kita tidak dapat men- generalisir pemecahan yang serupa pada tiap permasalahan yang ada pada mesin cetak printer. Oleh sebab itu, sebagian permasalahan serta jalan keluarnya telah mimin persiapkan dibawah ini. selanjutnya dapat kalian coba langsung:

1. Chip Katrit Rusak

Chip Cartridge yang cacat dapat terlihat dengan timbulnya pemberitahuan error pada pc semacam:” unrecognized Cartridge”,” not compatible” ataupun Cartridge belum terpasang, yang dengan cara garis besar melaporkan Cartridge cacat serta butuh buat diganti. Tetapi saat sebelum kalian ubah, coba saja dahulu metode dibawah ini. Tetapi, kita wajib ketahui dahulu apa pemicu Chip katrit cacat? Selanjutnya coba hal lain:

  • Korsleting konektor sebab terkena cairan
  • Arus listrik yang tidak stabil
  • Kotoran yang menempel pada konektor chip
  • Telah habis era pakainya( telah sering kali disuntik di isi balik)

Buat yang terakhir, memanglah perihal ini adalah biasa. Sebab setiap pabrikan printer memanglah membuat katrit hanya bisa digunakan dalam waktu durasi khusus saja, namanya juga bisnis. Biasanya terdapat katrit yang memanglah didesain akan cacat dalam waktu durasi khusus sehabis masa pakai.

👉 TRENDING :   Download Canon G2000 Printer Driver Terbaru

Tujuan pabrikan itu biar konsumen tidak dapat lagi mengisi ulang ataupun memakai kembali katrit printer yang telah habis itu, yang akhir ujungnya wajib mengenakan katrit original yang terkini dari mereka

2. Langkah Mengatasi Chip Katrit yang rusak

Sahabat dapat mencoba melaksanakan metode ini buat perbaiki katrit yang cacat. Siapa tau katrit kalian bisa normal kembali sehabis kalian menjajal salah satu metode dibawah ini.

  • Bersihkan Chip yang kotor

Ini merupakan metode awal yang wajib kalian jalani saat sebelum beralih ke metode selanjutnya. Silahkan mensterilkan chip katrit memakai larutan alkohol, usapkan dengan tisue ataupun kertas halus pada bagian konektor chip yang kotor.

Ataupun kalian dapat mencoba dengan menyikat chip dengan karet penghapus yang bersih. Kalau dirasa sudah lumayan bersih, silahkan lihat kembali apakah telah ditemukan di pc ataupun belum. Bila belum, silahkan ke metode selanjutnya

  • Panaskan chip dengan solder

Metode ini biasanya dapat menolong walaupun tingkatan keberhasilannya cukup kecil sih. Namun apa salahnya kalian coba, bila metode awal tidak sukses meski telah dibersihkan. Triknya dengan menghangatkan konektor chip memakai solder, untuk lebih jelas, simak caranya dibawah:

a. Sediakan solder, yakinkan mata solder bersih serta panaskan solder dengan menghubungkannya ke listrik

b. Setelah itu cek bagian sekitar konektor chip katrit sudah tertutupi flux atau belum, perihal ini bermaksud untuk mencegah kabel fleksibel konektor chip katrit supaya tidak rusak akibat dampak panas dari solder

c. Kemudian tempelkan mata solder ke konektor chip katrit satu per satu. Tempelkan 2 sampai 3 detik saja, jangan lama lama.

d. Setelah itu korek konektor chip katrit dengan penghapus, serta pasang katrit printer pada printer kemudian coba apa sudah berhasil.

Sebagai catatan, hendaknya dalam melaksanakan uji coba yang ini, maanfaatkan katrit yang kehancurannya telah parah sekali serta jadikan cara ini sebagai pemecahan masalah terakhir saja.

3. Head Katrit Printer Rusak

Katrit printer jadi tersendat biasanya disebabkan sebab printer tidak pernah dipakai buat cetak dalam durasi yang lama. Perihal ini menimbulkan tinta diujung katrit jadi kering serta membatasi gerakan tinta dari inktank katrit ke head katrit. Alhasil menimbulkan cetakan jadi bermasalah. Ini sebagian contoh pemicu Head katrit cacat:

a. Penyumbatan dampak tinta yang mengering, alhasil ini pasti menutup jalannya tinta dikala dipakai mencetak

b. Bercampurnya kotoran ataupun abu yang masuk ke katrit berbarengan dengan tinta, alhasil menutup lubang pada head ataupun nozle

c. Panas berlebih dampak head yang dituntut bertugas kerja keras tanpa rehat.

👉 TRENDING :   Cara Tepat Membersihkan Cartridge HP Sampai Tuntas

d. Ujung head ada goresan yang di akibatkan oleh hantaman ataupun gesekan dengan barang yang lebih keras

Hal yang harus kalian tahu, ukuran lubang head katrit amat kecil, lebih kecil dari rambut orang, alhasil bila ujung head ini mengalami benturan ataupun tergesek barang keras pasti gampang rusak.

4. Cara Perbaiki Head Katrit rusak

Head katrit cacat yang dapat diperbaiki ialah head katrit yang tersendat baik itu oleh tinta yang mengering ataupun kotoran, misalnya abu yang masuk dan bercampur dengan tinta. Solusi penindakan terkait situasi kerusakan head katrit itu sendiri, dari masalah yang enteng hingga yang berat. Pertanda penyumbatan katrit biasanya di awali dengan tidak keluarnya tinta dengan sempurna dikala digunakan untuk mencetak.

Sahabat dapat melaksanakan cara cleaning memakai aplikasi dari bawaan printer, bila memang belum dapat menolong, jalani cara deep cleaning memakai aplikasi bawaan printer pula. Untuk lebih jelas mengenai anda bisa baca postingan saya sebelumnya tentang Cara Membersihkan Cartridge.

Sebagai penutupan, memang keunggulan katrit memang bisa diisi ulang dikala tinta di dalamnya telah habis, namun cartridge itu memiliki batasan umur yang dapat digunakan. Jadi paling  bagusnya bila sahabat telah memakai cartridge itu sangat lama, lebih baik ganti dengan yang baru saja. Itulah artikel Cara Memperbaiki Cartridge Canon Yang Tidak Terdeteksi yang dapat saya share, semoba bisa bermanfaat bagi kalian.