Cara Menghapus Akun yang Terhubung dengan Gmail
Cara Menghapus Akun yang Terhubung dengan Gmail

Cara Menghapus Akun yang Terhubung dengan Gmail

Gmail merupakan layanan email gratis dari Google yang bisa digunakan oleh semua orang. Umumnya pengguna hanya perlu menyiapkan nomor HP untuk mendaftar akun Gmail. Nomor HP ini digunakan sebagai sarana untuk verifikasi. Meskipun bukan hal baru, akan tetapi banyak yang masih bingung dengan cara menghapus akun yang terhubung dengan Gmail.

Akun Gmail sendiri memungkinkan untuk digunakan mengakses berbagai layanan lain dari Google. Selain itu, pengguna juga bisa menghubungkannya ke aplikasi atau situs tertentu sebagai cara untuk mempermudah proses loginnya.

Dengan alasan keamanan, beberapa orang ingin menghapus akses tersebut. Bagi Anda yang belum tahu, berikut cara menghapus akun yang terhubung dengan Gmail.

Cara Menghapus Akun yang Terhubung dengan Gmail

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghapus akses aplikasi atau situs lain yang terhubung ke akun Gmail. Cara ini sendiri bisa diterapkan melalui perangkat smartphone, tablet, ataupun PC. Yang pasti cara ini sangat mudah dilakukan bahkan bagi Anda yang masih awam.

Adapun cara menghapus akun yang terhubung dengan Gmail selengkapnya sebagai berikut:

Cara 1. Menghapus Akun di Gmail Lewat HP

Cara yang pertama ini bisa Anda terapkan melalui perangkat smartphone, khususnya smartphone android. Adapun langkah-langkah melakukannya sendiri yakni:

  1. Langkah pertama, Anda buka aplikasi Gmail di perangkat smartphone.
  2. Pastikan Anda sudah login menggunakan akun Gmail yang ingin dihapus akun aplikasi atau situs yang terhubung di dalamnya.
  3. Pada halaman utama aplikasi, kamu klik menu Foto Profil yang ada di pojok kanan atas.
  4. Kemudian klik pada opsi Kelola Akun Google Anda atau Manage Your Account.
  5. Nantinya Anda akan dibawa ke halaman untuk mengelola akun Google atau akun Gmail tersebut. Jika ini baru pertama kali Anda lakukan, maka akan muncul notifikasi di layar. Klik saja Mulai untuk mengakses halaman kelola akun.
  6. Pada halaman tersebut Anda klik pada tab Keamanan atau Security.
  7. Gulir bawah sampai Anda menemukan opsi Login ke Situs Lain atau Login to Other Site. Selanjutnya Anda klik opsi Login dengan Google atau Login with Google yang ada di bawahnya.
  8. Di sana akan ditampilkan daftar akun aplikasi, game atau situs yang terhubung dengan akun Gmail tersebut. Untuk menghapusnya, Anda klik saja pada salah satu akun yang ada lalu klik tombol HAPUS AKSES. Konfirmasi dengan klik tombol Oke.
  9. Dengan demikian akun tersebut akan dihapus dan tidak akan terhubung lagi dengan akun Gmail Anda.
👉 TRENDING :   5 Penyebab Aplikasi Tidak Kompatibel di Playstore yang Perlu Diketahui

Cara 2. Menghapus Akun di Gmail Lewat PC atau Laptop

Selanjutnya cara ini bisa Anda terapkan jika menggunakan perangkat PC atau laptop untuk penghapusannya. Berikut langkah-langkah selengkapnya, yakni:

  1. Pertama Anda buka browser dan kunjungi situs Gmail.com. Pastikan Anda sudah login ke akun Gmail yang ingin dihapus akun yang terhubung ke dalamnya.
  2. Pada halaman Gmail, Anda klik Foto Porfil di pojok kanan atas. Kemudian pilih opsi Kelola Akun Google Anda.
  3. Selanjutnya masuk ke menu Keamanan yang ada di sebelah kiri tampilan.
  4. Gulir ke bawah hingga menemukan opsi Login ke Situs Lain.
  5. Klik pada opsi Login dengan Google+.
  6. Lalu pilih salah satu akun yang ingin dihapus aksesnya.
  7. Lanjutkan dengan klik Hapus Akses, lalu konfirmasi dengan klik Ya.

Itulah tadi cara menghapus akun yang terhubung dengan Gmail di hp atau PC. Mengingat langkah-langkah yang perlu dilakukan sama sekali tidak susah, maka siapapun pasti bisa melakukannya. Semoga informasi di atas bermanfaat.