7 Situs Baca Novel Gratis Tanpa Aplikasi Yang Direkomendasikan
7 Situs Baca Novel Gratis Tanpa Aplikasi Yang Direkomendasikan

7 Situs Baca Novel Gratis Tanpa Aplikasi Yang Direkomendasikan

Membaca novel sudah menjadi salah satu hobi disaat ingin melepas lelah setelah pergi bekerja. Untungnya, sekarang akses untuk membaca novel sudah mudah dengan adanya aplikasi yang bisa dibaca secara daring. Tapi, sebagian orang lebih memilih untuk baca novel gratis tanpa aplikasi, yaitu lewat browser yang sudah terinstall dari sekian lama.

Meski demikian, sebenarnya browser itu pun juga termasuk aplikasi, hanya saja pembaca tidak ingin menambah aplikasi lagi hanya untuk membaca. Ditambah lagi, terkadang beberapa aplikasi memaksa iklan yang tidak bisa dimatikan langsung, berbeda dengan iklan browser yang tidak terlalu menghalang.

7 Situs Baca Novel Gratis Tanpa Aplikasi

Disini saya akan share beberapa situs baca novel yang bisa kalian akses dengan mudah, gratis, dan tentunya konten mereka selalu update setiap hari. Berikut adalah beberapa situs baca novel yang dapat digunakan.

1. Wattpad

Siapa pembaca novel online dari manapun yang tidak mengenali situs ini? Wattpad adalah layanan situs baca novel gratis tanpa aplikasi yang sudah terkenal sejak satu dekade yang lalu. Didirikan tahun 2006, Wattpad sudah memiliki puluhan juta pembaca di seluruh dunia.

Situs ini tidak hanya merilis novel yang sudah diterbitkan, namun juga novel yang dibuat oleh orang yang hobi menulis novel. Meskipun 77% novel yang ada di Wattpad berbahasa Inggris, sebagian dari novel sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

2. ManyBooks.net

Sejak tahun 2004, ManyBooks didirikan dengan visi merilis perpustakaan buku dengan format digital secara gratis di internet. Beberapa eBook yang ada di situs ini berasal dari arsip Project Gutenberg, juga sebuah situs dengan lebih dari 60.000 buku.

Selain buku-buku ilmu, ManyBooks juga memiliki banyak novel klasik yang dapat dibaca dengan gratis. Situs ini memiliki banyak pengarang yang ingin berbagi novel mereka dengan komunitas pembaca online.

3. Storial.co

Storial adalah situs baca novel online yang berbasis di Indonesia, artinya novel-novel disini banyak yang berbahasa Indonesia. Storial memiliki lebih dari 50.000 judul cerita menarik dari berbagai genre yang dikenal di dunia novel.  Tidak hanya novel dalam bentuk tulisan, Storial memiliki audiobooks, yaitu novel dalam bentuk audio yang dapat didengar. Audiobooks sangat membantu bagi orang dengan masalah mata.

👉 TRENDING :   Cara Menjalankan Aplikasi Hello Penghasil Uang!

4. Novel Updates

Novel Updates adalah situs yang menyediakan novel-novel yang berasal dari Asia. Meskipun situs ini tampaknya cukup simpel dan datar, Novel Updates memiliki fitur yang membantu pembaca menandai novel yang sudah dibaca. Tidak hanya penanda, Novel Updates dapat memfilter novel yang dirilis dalam kurun waktu tertentu, atau seri tertentu.

5. Feedbooks

Didirikan di Paris sejak tahun 2007, Feedbooks merupakan perpustakaan digital yang memiliki novel-novel dari berbagai genre. Meskipun situs ini tampak memiliki banyak novel berbayar, Feedbooks juga menyediakan novel gratis dengan tagar public domain. Dengan tampilan yang simpel namun cantik, situs ini sangat direkomendasikan bagi pecinta novel-novel yang dirilis pada zaman dulu.

6. NetGalley

NetGalley adalah situs yang merilis novel dari penulis yang ingin mempromosikan novel baru sebelum diterbitkan secara publik. Bagi reviewer atau influencer, NetGalley memberi izin untuk meminjam novel-novel yang dijual agar dapat memberi ulasan di situs lain. Tidak hanya sebagai situs novel, NetGalley juga memiliki komunitas untuk membahas pengarang terkini, novel bestseller, dan novel-novel indie.

7. Open Library

Dari Internet Archive, Open Library adalah situs baca novel gratis tanpa aplikasi yang unik dibandingkan platform lainnya. Situs ini berfungsi layaknya perpustakaan umum, dimana pengunjung diperbolehkan meminjam buku kemudian mengembalikannya. Situs ini memiliki novel-novel barat dari penulis ternama seperti Tom Clancy dan Stephen King. Sangat cocok bagi pembaca yang menyukai novel-novel seperti itu.

Sekian beberapa situs baca novel gratis tanpa aplikasi yang tidak hanya direkomendasikan, namun juga berkualitas. Sebelumnya, perlu diperhatikan jika sebagian situs ada yang hanya dapat bekerja jika menggunakan browser komputer. Meski begitu, jangan khawatir, sebab pembaca hanya tinggal mengetuk situs desktop dalam pengaturan browser HP yang dimiliki.