Inilah Cara Membeli Saham di Bursa Efek yang Aman dan Praktis
Inilah Cara Membeli Saham di Bursa Efek yang Aman dan Praktis

Inilah Cara Membeli Saham di Bursa Efek yang Aman dan Praktis

Saham adalah instrumen investasi yang cukup menjanjikan. Bahkan, kini saham sangat familiar di kalangan investor-investor muda. Ini membuat banyaknya pencarian terkait cara membeli saham di bursa efek cukup lazim. Banyak pemula yang baru terjun di dunia investasi masih belum mengerti bagaimana mulai berinvestasi di saham.

Singkat kata, untuk membeli saham caranya ialah dengan mengakses platform perusahaan sekuritas. Perusahaan ini merupakan penyedia jasa broker yang menjadi perantara transaksi, penjamin emisi, atau kegiatan lain di pasar modal.

Cara Membeli Saham di Bursa Efek

Nah disini saya akan memberitahu tentang beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk melakukan transaksi saham di bursa efek. Untuk mengetahui bagaimana cara membeli saham di bursa efek selengkapnya, ikuti ulasan lengkap di bawah ini:

1. Siapkan Dokumen dan Dana

Langkah pertama yang perlu dilakukan ialah untuk mempersiapkan dokumen. Transaksi saham melalui platform perusahaan sekuritas memerlukan pembuatan akun. Untuk membuat akun ini, pembaca perlu mendaftarkan diri dan memasukkan berbagai informasi data diri. Adapun informasi data diri yang diperlukan ialah seperti KTP, buku tabungan, alamat email, dan NPWP jika ada.

Untuk pendaftaran yang dilakukan langsung ke kantor sekuritas biasanya juga memerlukan materai. Selain dokumen data diri, siapkan juga dana yang akan digunakan untuk berinvestasi. Pastikan untuk menggunakan uang dingin yang tidak digunakan untuk pemenuhan kebutuhan apapun. Perhatikan juga bahwa ada PPh dan PPN yang perlu dibayarkan setiap transaksi.

2. Tentukan Perusahaan Sekuritas

Kini ada banyak pilihan perusahaan sekuritas. Platform yang disediakan pun juga memiliki fitur yang berbeda-beda. Ada yang menyediakan akun demo gratis dan ada juga yang menyediakan akun demo dengan minimal deposit. Selain itu di dalam platform juga biasanya disediakan beragam instrumen investasi, sehingga tidak hanya saham saja.

Hal terpenting untuk diperhatikan adalah pastikan untuk hanya memilih perusahaan sekuritas yang sudah memiliki lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan. Pilihlah perusahaan sekuritas yang terpercaya saja. Pembaca juga bisa mendapatkan daftar perusahaan sekuritas yang diakui dan terpercaya di situs Bursa Efek Indonesia.

👉 TRENDING :   Cara Menentukan Support Dan Resistance Saham Dengan Akurat

3. Ikuti Alur Pendaftaran dan Ketentuannya

Usai memilih perusahaan sekuritas yang tepat, cara membeli saham di bursa efek selanjutnya ialah mengakses situs atau mengunjungi perusahaan sekuritas tersebut. Lakukan pendaftaran dengan memasukkan data diri yang sebelumnya sudah dipersiapkan. Buatlah akun dengan memasukkan alamat email beserta kata sandi baru.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, setiap platform perusahaan sekuritas memiliki ketentuan yang berbeda. Baca dan cermati bagian privacy policy. Jika sudah berhasil membuat akun, lakukan verifikasi. Tahap verifikasi cukup penting sebab dengan tahapan inilah yang akan membuka izin untuk mulai berinvestasi. Akun pembaca wajib terverifikasi terlebih dahulu.

4. Lakukan Deposit

Beberapa platform mengharuskan investor pemula untuk melakukan deposit dengan minimal angka di awal pembuatan akun. Ada juga platform yang baru mengizinkan penggunanya untuk bisa masuk ke dashboard trading usai melakukan deposit.

5. Lakukan Transaksi Saham

Usai menyelesaikan tahap pendaftaran, verifikasi, dan deposit, investor bisa mulai melakukan transaksi. Biasanya terdapat tombol Start Trading untuk memulai transaksi investasi. Beberapa platform akan mengarahkan pengguna ke halaman demo. Ini akan memberikan informasi dan pengetahuan terkait cara transaksi di platform tersebut.

Sementara itu, beberapa platform lain menyediakan pilihan untuk masuk ke akun demo atau tidak. Dengan memilih tidak maka pengguna bisa langsung berinvestasi dengan membeli saham. Umumnya jumlah saham minimal untuk dibeli ialah 1 lot yang setara dengan 100 lembar. Dengan demikian, pembaca harus mengalikan harga saham dengan jumlah minimal beli yakni 100 lembar.

 

Demikian informasi mengenai cara membeli saham di bursa efek yang sebaiknya diketahui oleh para investor pemula. Pastikan untuk berinvestasi aman dengan memilih perusahaan sekuritas dan saham yang terpercaya.