5 Langkah Invest Saham Jangka Panjang
5 Langkah Invest Saham Jangka Panjang

5 Langkah Invest Saham Jangka Panjang

Pada era ini, sudah banyak orang mengenal yang namanya investasi. Banyak sekali ragam instrumen keuangan yang dapat diinvestasikan, salah satunya saham. Invest saham jangka panjang merupakan salah satu yang paling menguntungkan dalam hal ini. Waktu lamanya investasi pun bisa mencapai hingga puluhan tahun demi merasakan hasilnya.

Investasi saham dalam jangka panjang memang bukanlah sarana untuk mendapatkan uang dengan cepat. Namun dalam investasi jangka panjang ini hal terpenting yang dibutuhkan adalah ketekunan dan kesabaran. Tujuan dari investasi jangka panjang pun memang bukan untuk mendapatkan keuntungan secepat-cepatnya.

Beberapa Langkah Invest Saham Jangka Panjang

Untuk mengenal lebih jauh cara investasi saham jangka panjang, mari simak beberapa ulasan atau cara yang akan saya share kepada kalian berikut ini.

1. Atur Fundamental Keuangan Terlebih Dahulu

Sebelum memulai investasi, alangkah lebih baik untuk mengelola kebutuhan finansial yang lainnya terlebih dahulu. Mengatur keuangan yang dirasa lebih penting harus didahulukan. Hal tersebut dilakukan demi mengurangi hambatan ketika sedang berinvestasi. Seperti halnya membayar kredit atau utang yang terlebih dahulu, menyiapkan dana darurat, atau bahkan menyiapkan asuransi.

Urutan dari hal apa yang harus diperhatikan dahulu dalam masalah keuangan juga sudah dituliskan pada sebuah Piramida keuangan. Sudah banyak sekali yang membahas Piramida keuangan ini. Urutan pertama dimulai dari yang paling bawah, yang berarti paling penting adalah kebutuhan dasar. Hal tersebut mengartikan bahwa sebelum memulai berinvestasi, alangkah lebih baik untuk memenuhi kebutuhan hidup terlebih dahulu sampai dirasa tidak kekurangan.

2. Tentukan Jangka Waktu Investasi

Lamanya waktu dalam berinvestasi tentu dipengaruhi oleh tujuan awal dari investasi. Invest saham jangka panjang umumnya dilakukan bagi investor yang hanya ingin menyimpan uang dengan nilai pertumbuhan yang konstan. Ada juga investor yang membeli saham dan menjualnya dalam jangka waktu yang cukup sebentar. Tujuannya biasanya adalah mendapatkan keuntungan dari perubahan harga saham dengan secepat-cepatnya.

👉 TRENDING :   Ini Cara Membeli Saham Indofood, Harus Tahu!

Selain itu, bagi yang melakukan investasi jangka panjang biasanya akan memanfaatkan dividen yang dibagikan oleh perusahaan sebagai keuntungan. Perusahaan umumnya akan membagikan dividen setiap tahunnya. Nilai dividen yang dibagikan tergantung dari masing-masing perusahaan. Ada yang membagikan dividen dengan nilai yang cukup besar, ada pula yang bahkan tidak membagikannya sama sekali.

3. Pilih Saham Yang Tepat

Langkah selanjutnya yang tak kalah penting adalah memilih saham yang tepat. Pemilihan saham harus ditentukan berdasarkan target dan jangka waktu yang telah ditentukan. Dengan begitu investor dapat memilih saham dengan pertumbuhan yang sesuai dengan jangan waktu yang telah ditetapkan.

Untuk yang memilih melakukan investasi jangka panjang cenderung akan memilih saham yang memiliki pertumbuhan yang stabil. Biasanya saham yang dipilih adalah saham yang setiap tahunnya mengalami kenaikan meski hanya sedikit. Namun bagi yang berniat investasi dengan jangka waktu yang sebentar akan cenderung memilih saham dengan fluktuasi atau perubahan harga yang cepat. Itu dilakukan untuk dapat mendapatkan keuntungan secepat-cepatnya.

4. Tidak Terfokus Pada Satu Saham

Perlu diketahui bahwa berinvestasi tidaklah harus fokus dengan satu saham saja. Hal tersebut cenderung memiliki risiko yang lebih tinggi karena keuntungan dan kerugian ditentukan hanya dengan satu saham tersebut.

Maka dari itu perlu dilakukan diversifikasi atau membeli berinvestasi pada saham-saham yang lainnya juga. Dengan menginvestasikan uang ke beberapa saham sekaligus akan membuat pertumbuhan investasi cenderung lebih aman.

5. Pilih Sekuritas Yang Terpercaya

Hal yang terakhir tentunya adalah menentukan sekuritas yang akan digunakan untuk melakukan jual beli saham. Sekuritas merupakan perantara bagi para investor untuk dapat melakukan jual beli saham. Maka dari itu sangatlah wajib untuk memilih sekuritas yang sudah legal dan diakui negara. Selain itu, investor juga dapat memilih sekuritas dengan nilai fee yang paling sedikit demi meningkatkan keuntungan yang didapat

Itulah langkah invest saham jangka panjang yang dapat dipraktikkan oleh siapapun. Perlu diketahui bahwa setiap jenis investasi tentu memiliki risikonya masing-masing. Tak beda juga dengan saham, maka dari itu sebelum memutuskan untuk berinvestasi saham pastikan telah mengetahui dahulu risiko yang akan dialami.

👉 TRENDING :   Inilah Cara Membeli Saham di Bursa Efek yang Aman dan Praktis